Pekerjaan yang Cocok untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Pages

Pekerjaan yang Cocok untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Pekerjaan yang Cocok untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Kamu lagi belajar di jurusan RPL dan akan lulus dalam waktu yang dekat? Atau, kamu lagi cari info tentang jurusan RPL? Jika iya, maka kamu perlu baca artikel dibawah ini sampai habis.


Artikel ini akan mengupas tentang jurusan RPL mulai dari kompetensi dasar, keuntungan, pekerjaan yang cocok hingga rekomendasi jurusan kuliah bagi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. 

Pekerjaan yang Cocok untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak,Rekomendasi jurusan kuliah Jurusan RPL,Tempat Magang SMK Jurusan RPL

Harapannya, setelah membaca artikel ini, kamu bisa mendapat informasi lengkap tentang jurusan RPL dan bisa membantu kamu menentukan pilihan pekerjaan atau jurusan kuliah di masa depan.
Selamat membaca!

Pertama, kita akan membahas tentang jurusan RPL, seperti mata pelajaran apa saja yang dipelajari dan kompetensi apa yang dimiliki oleh lulusan RPL. Dengan mengetahui sektor pembelajaran dan kompetensi, kita bisa menentukan pekerjaan dan jurusan kuliah apa yang cocok dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.


Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak. RPL adalah jurusan yang membidangi Teknologi Komputer dan Informatika, khususnya untuk mempelajari pemrograman komputer.

  • Jurusan RPL belajar apa saja?
    Dalam jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, kamu akan mempelajari berbagai cara untuk mengembangkan perangkat lunak seperti perancangan, pembuatan, maintenance atau pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan software hingga manajemen kualitas dari perangkat lunak itu sendiri.

    Mata pelajaran yang akan didapat diantaranya seperti coding atau bahasa pemrograman, desain serta algoritma. 

  • Keuntungan masuk jurusan RPL
    Contoh keuntungan yang bisa didapat ketika mengambil jenjang pendidikan SMK jurusan RPL adalah mahir di bidang teknologi. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia semakin berkembang dan semakin memanfaatkan peralatan digital dalam semua aspek.

    Seluruh layanan baik di instansi pemerintah maupun swasta yang sifatnya administratif dialihkan ke online. Banyak bermunculan aplikasi untuk mempermudah berbagai kegiatan mulai dari administrasi hingga hal sepele seperti belanja dan membeli makanan. Hal ini membuka lapangan pekerjaan yang luas bagi lulusan RPL, bukan?

Keuntungan lain yang bisa didapatkan setelah masuk ke jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK adalah lebih melek teknologi. Tidak jarang ada beberapa orang di sekitar kita yang belum paham dan masih buta teknologi. Dengan masuk ke jurusan RPL, kamu bisa membantu orang-orang disekitar kamu untuk mengoperasikan berbagai jenis teknologi mulai dari aplikasi hingga perangkat digital lain.

Pekerjaan yang Cocok untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Meskipun sudah banyak lulusan SMK jurusan RPL yang sukses di bidang karirnya, masih ada pertanyaan seperti “Lulusan RPL Kerja apa?” dan masih bingung menentukan pekerjaan untuk jurusan rekayasa perangkat lunak.

Untuk mengurangi kebingungan kamu, baca beberapa pekerjaan lulusan rekayasa perangkat lunak yang bisa kamu coba pahami :

  • Programmer
    Pekerjaan untuk SMK jurusan RPL yang pertama adalah sebagai programmer. Tugas seorang programmer adalah membuat program, sistem atau aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    Kamu dapat mengimplementasikan pelajaran coding yang kamu dapat selama SMK di pekerjaan ini. Oleh karena itu, programmer merupakan pekerjaan yang cocok buat kamu lulusan SMK jurusan RPL

  • Software Engineer
    Banyak dibutuhkan oleh perusahaan, software engineer bisa menjadi pilihan kamu untuk berkarir setelah lulus dari SMK jurusan RPL. Tugas seorang software engineer adalah untuk menganalisa, menyusun spesifikasi, dan membuat rekayasa, mengimlementasikan hingga memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak sebagai solusi dari sebuah permasalahan.

    Software engineer lebih berfokus pada analisis kebutuhan oleh pengguna dan klien, serta pengujian software seperti aplikasi yang dibuat. 

  • Web Engineer
    Jika software engineer berkutat pada aplikasi dan perangkat lunak, web engineer berfokus pada website atau situs. Tugas dari Web Engineer adalah merancang model website, mengembangkan dan maintenance atau memelihara website secara umum.

    Web engineer juga memerhatikan desain yang nyaman bagi pengguna, seperti tampilan website hingga aspek teknikal seperti kecepatan website atau kapasitas website.

  • Software Tester
    Masih berhubungan dengan mata pelajaran selama SMK jurusan RPL, pekerjaan lain yang cocok adalah software tester. Ketika sebuah perangkat lunak atau software terdapat kecacatan atau bug, dibutuhkan seorang software tester untuk mengetahui letak bug atau kecacatan tersebut.

    Tugas utama dari software tester adalah melakukan berbagai bentuk pengujian baik secara manual maupun otomatis untuk mencari kesalahan. Selain itu, software tester juga harus menganalisis dan menyaring beragam umpan balik yang diberikan oleh customer dalam rangka mengembangkan software agar lebih nyaman digunakan oleh pengguna.

  • Database Administrator
    DBA atau database administrator memiliki tugas utama dalam memastikan settingan atau pengaturan yang tepat untuk install system. Apabila ada pergantian server, database administrator memastikan jika data yang dipindah dari server lama ke server pengganti.

    Tugas lain data base administrasi adalah untuk menyimpan serta melindungi data perusahaan dengan memanfaatkan perangkat lunak. 

Rekomendasi Jurusan Kuliah Lulusan RPL

Lalu, lulusan SMK RPL bisa kuliah jurusan apa? Mungkin ada beberapa dari kalian yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ke bangku kuliah, dan mencari saran jurusan kuliah untuk SMK RPL. Jadi, berikut adalah beberapa rekomendasi dan info jurusan yang cocok buat kamu :

  • Jurusan Teknik Informatika
    Rekomendasi jurusan kuliah untuk lulusan SMK jurusan RPL yang pertama adalah jurusan Teknik Informatika. Kemampuan kamu dalam bidang perangkat lunak bisa membantu kamu memahami setiap mata kuliah dengan baik.

    Kamu akan mempelajari berbagai hal seperti analisis matematis development (pengambangan), pengujian, evaluasi software, cara kerja sistem operasi, hingga kinerja komputer.

  • Jurusan Sistem Informasi
    Saran selanjutnya adalah jurusan Sistem Informasi. Jurusan ini menggabungkan dua keilmuan, yaitu ilmu komputer dan bisnis manajemen. Kamu akan banyak belajar cara mengidentifikasi kebutuhan serta proses bisnis perusahaan dengan dasar berbagai data yang dimiliki oleh perusahaan.

  • Jurusan Ilmu Komputer
    Kamu akan banyak mempelajari tentang komputer yang meliputi algoritma dan pemrograman, basis data, jaringan komputer, sistem operasi, matematika diskret dan yang paling penting, rekayasa perangkat lunak.

    Lulusan SMK jurusan RPL seperti kamu akan cocok di jurusan ilmu komputer karena kamu memiliki basic atau dasar di bidang rekayasa perangkat lunak sehingga mudah dalam memahami mata kuliah dan mengerjakan berbagai penugasan. 


Kesimpulan

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa kompetensi yang dimiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah mengembangkan perangkat lunak seperti perancangan, pembuatan, maintenance atau pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan software hingga manajemen kualitas dari perangkat lunak itu sendiri.

Dari kompetensi itu, bisa disimpulkan bahwa pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan RPL adalah sebagai Programmer, Software Engineer, Web Engineer, Software Tester, dan Database Administrator. Sedangkan untuk jurusan kuliah, bisa memilih antara Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Jurusan Ilmu Komputer. 

Berbicara tentang Jurusan RPL SMK, pasti erat hubungannya dengan PKL atau prakerin. Nah, aku ada info tempat PKL jurusan RPL nih. Buat kamu yang bingung mau PKL atau prakerin dimana, langsung aja gabung bersama IMPro Digital.

IMPro digital menyediakan layanan pelatihan digital marketing dan tempat magang bagi siswa SMK jurusan RPL, lho. Kamu bisa lihat beberapa testimoni dari temen-temen alumni IMPro Digital di youtube channel IMPro Digital.

Untuk informasi pendaftaran, kamu bisa hubungi CP dibawah ini, ya :

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

Website: https://magangdi.improduk.com

Social Media:
Instagram: https://www.instagram.com/improdigitalmalang
Tiktok: https://www.tiktok.com/@improdigitalmalang
Youtube: https://www.youtube.com/c/TempatMagangSMKMahasiswaMalangIMProDigital

Tag :Apa keuntungan masuk jurusan RPL, rpl adalah jurusan, rpl adalah, lulusan rpl kerja apa, lulusan smk rpl bisa kuliah jurusan apa, pekerjaan untuk jurusan rekayasa perangkat lunak, pekerjaan lulusan rekayasa lunak, pekerjaan yang cocok untuk jurusan rekayasa perangkat lunak, saran jurusan kuliah, jurusan kuliah untuk smk rpl, info tempat pkl jurusan rpl