Rekomendasi Pekerjaan Lulusan SMK Jurusan TKJ

Pages

Rekomendasi Pekerjaan Lulusan SMK Jurusan TKJ

Lulusan SMK jurusan TKJ bisa kerja apa ya, Rekomendasi pekerjaan dan kuliah jurusan TKJ - Pergantian semester sebentar lagi, kelulusan siswa SMK kelas 12 juga semakin dekat. Apakah kamu masih bingung mau kerja apa setelah lulus smk? Atau kamu ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan, namun masih bingung jurusan kuliah apa? 
Rekomendasi Pekerjaan Lulusan SMK Jurusan TKJ,Rekomendasi Jurusan Kuliah Lulusan SMK TKJ,Tempat Magang Jurusan TKJ


Buat kamu yang lagi baca artikel ini, selamat!
Kamu sedang membaca artikel yang tepat. Artikel dibawah ini memberikan rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMK jurusan TKJ dan rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai dengan keilmuan kamu.

Jadi, baca artikel dibawah sampai habis, ya! Agar kamu tidak ketinggalan info pekerjaan lulusan SMK dan info jurusan kuliah buat kamu.

Rekomendasi Pekerjaan Jurusan TKJ

Jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan adalah jurusan yang sangat populer di kalangan anak SMK. Banyak juga SMK yang menyediakan jurusan ini untuk dipelajari. Sebenarnya, prospek pekerjaan jurusan TKJ ini seperti apa, sih?

Mengetahui prospek kerja yang sesuai dengan jurusan kamu sangat penting, agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dan bisa mengaplikasikan apa yang telah kamu pelajari selama belajar di bangku sekoah. Buat kamu lulusan SMK TKJ yang lagi bingung mencari rekomendasi pekerjaan yang tepat, artikel ini menyediakan 5 pekerjaan yang sesuai dengan keilmuan kamu!  


  • Teknisi Komputer
    Rekomendasi pekerjaan yang pertama dan paling sesuai dengan kompetensi keilmuan TKJ adalah teknisi komputer. Sebagai teknisi komputer, kamu memiliki tugas dan tanggung jawab seperti merawat, memperbaiki, mengganti serta memperbarui hardware dan software komputer.

    Kamu bisa mengimplementasikan materi yang telah kamu pelajari selama ada di bangku sekolah dan saat praktik kerja industri dalam pekerjaan ini. Sebagai teknisi komputer, kamu bisa mendapat gaji sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 3.500.000 setiap bulannya.

  • Teknisi Jaringan
    Pekerjaan lain yang bisa kamu tekuni adalah sebagai teknisi jaringan. Kamu akan ditugaskan untuk membuat, memelihara dan memecahkan masalah hardware dan software jaringan. Kamu juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan perangkat lunak yang dimiliki oleh perusahaan dari serangan virus serta memperbarui lisensi. Profesi teknisi jaringan dapat menghasilkan Rp 2.000.000 – Rp 8.000.000 setiap bulan.

  • Network Administrator
    Kamu juga bisa menjadi network administrator di sebuah perusahaan atau organisasi. Tugas dan tanggung jawab seorang network administrator adalah mengatur jaringan perusahaan dan mengawasi sistem komunikasi agar tetap bekerja dengan baik.

    Kamu bisa mengaplikasikan seluruh bidang keilmuan kamu di pekerjaan ini, dan menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 9.000.000 setiap bulannya. Semakin banyak skill kamu, maka semakin tinggi pula gaji yang kamu hasilkan. Jadi, terus belajar memperdalam keilmuan kamu, ya!

  • Progammer
    Apakah TKJ bisa jadi programmer? Jika kamu menyukai bahasa pemrograman seperti Java, Phyton dan lainnya, kamu bisa banget menjadi programmer. Tentunya, kamu akan membuat sistem, aplikasi, maupun sebuah program menggunakan bahasa-bahasa pemrograman yang telah kamu pelajari.

    Selain mmebuat program, kamu juga bertanggung jawab untuk men-debug kode dan menyederhanakan program yang kamu buat. Programmer memang sedang banyak dicari saat ini, mengingat dunia semakin berkembang ke arah digital. Sebagai programmer profesional, kamu bisa mengantongi Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000 per bulannya. 

  • Konsultan ERP
    Bisakah lulusan SMK jurusan TKJ kerja dimana saja? Tentu saja bisa, contohnya adalah konsultan ERP.

    Apa itu konsultan ERP? ERP sendiri adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, yaitu perencanaan sumber daya perusahaan yang ditujukan untuk perusahaan dalam rangka merencanakan dan mengelola rantai bisnis secara keseluruhan. Setiap perusahaan membutuhkan ERP untuk membantu menentukan dalam investasi.  

Rekomendasi Jurusan Kuliah

Bisakah anak SMK melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah? Tentu saja bisa! Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan favoritmu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu seputar tentang jurusan yang akan kamu ambil. Sebenarnya, bisa saja kamu mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan (linjur) kamu saat ini, yaitu TKJ.

Namun, alangkah baiknya jika kamu mendalami keilmuan kamu dengan mengambil jurusan yang linear. Ini akan memudahkan kamu dalam menguasai materi yang diberikan dan kamu tidak perlu belajar lagi dari nol.

Nah, setelah membaca pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan TKJ, kamu bisa meneruskan membaca artikel dibawah tentang jurusan apa saja yang bisa kamu ambil sebagai lulusan SMK jurusan TKJ dibawah ini, agar kamu tahu jurusan TKJ bisa kuliah apa saja!

  • Teknik Informatika
    Lulusan SMK jurusan TKJ seperti kamu bisa mengambil jurusan Teknik Informatika di bangku kuliah. Kamu akan belajar seputar teknologi komputer seperti analisis matematis mengenai pengembangan, pengujian dan evaluasi software. Kamu juga akan belajar mendalam mengenai sistem operasi dan kinerja dari sebuah komputer.

  • Teknik Komputer
    Jika kamu ingin menjadi programmer profesional, kamu bisa melanjutkan pendidikan kamu dari SMK jurusan TKJ ke bangku kuliah dan mengambil jurusan Teknik Komputer.

    Kamu akan belajar mengenai strategi-strategi dalam perangkat digital baik itu komputer, laptop ataupun notebook. Kamu juga akan belajar tentang ilmu yang ada kaitannya dengan teknik elektro dan teknik informatika. 

  • Ilmu Telekomunikasi
    Dalam jurusan Ilmu Telekomunikasi, kamu akan belajar mengenai pengiriman dan penerimaan setiap data dan informasi melalui sistem kawat, radio, optik, maupun sistem elektromagnatik lain. Kamu juga akan mempelajari berbagai hal teknologi nirkabel seperti sistem komunikasi seluler dan digital.

  • Manajemen Informatika
    Manajemen informatika akan memberikan pembelajaran mengenai cara-cara menganalisis, membuat, mengembangkan dan mengelola teknologi informasi. Perbedaan antara manajemen informatika dan teknik informatika adalah, manajemen informatika lebih berfokus pada manajemen informasi dengan bahasa komputer, seperti Java dan Phyton.

    Sedangkan teknik informatika lebih berfokus pada perangkat keras atau hardware. 


Kesimpulan

Jadi, bisa kita simpulkan dari artikel diatas bahwa ada banyak pekerjaan yang bisa kamu ambil setelah kamu lulus dari SMK jurusan TKJ, yaitu seperti Teknisi Komputer, Teknisi Jaringan, Network Administrator, Progammer, dan Konsultan ERP.

Selain langsung kerja, kamu bisa memilih opsi melanjutkan ke bangku kuliah untuk mendapatkan karir yang lebih baik dengan mudah. Kamu bisa mengambil beberapa jurusan kuliah yang linear dengan keilmuan TKJ kamu saat ini, yaitu seperti Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Telekomunikasi, dan Manajemen Informatika.

Oh, iya, jika berbicara tentang SMK, pasti tidak lepas dengan Praktik Kerja Lapangan atau Praktik Kerja Industri, bukan? Buat kamu yang sedang mencari informasi mengenai PKL atau Prakerin siswa SMK jurusan TKJ, jurusan RPL, jurusan animasi, jurusan multimedia bahkan jurusan OTKP, kamu bisa bergabung dengan IMPro digital, lho!

Kamu akan diajari banyak hal oleh instruktur lapangan yang berpengalaman dan tentunya dengan lingkungan yang suportif. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan magang kamu di tempat lain, ya! Segera hubungi kami untuk informasi pendaftaran di kontak berikut :

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

Website: https://magangdi.improduk.com

Social Media:
Instagram: https://www.instagram.com/improdigitalmalang
Tiktok: https://www.tiktok.com/@improdigitalmalang
Youtube: https://www.youtube.com/c/TempatMagangSMKMahasiswaMalangIMProDigital


Tags : bingung mau kerja apa setelah lulus smk, rekomendasi pekerjaan untuk lulusan smk, info pekerjaan lulusan SMK, info jurusan kuliah, Apakah TKJ bisa jadi programmer, Kerja di mana jurusan TKJ, lulusan smk tkj, lulusan smk tkj kerja dimana, lulusan smk jurusan tkj bisa kerja apa, jurusan tkj kuliah jurusan apa, jurusan tkj bisa kerja apa saja, Jurusan TKJ bisa kuliah apa, Lulusan SMK TKJ bisa kerja apa ya, lulusan smk jurusan tkj bisa kerja apa, pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan TKJ