SMK Jurusan Multimedia dan Keuntungannya

Pages

SMK Jurusan Multimedia dan Keuntungannya

Jurusan Multimedia Meliputi Apa Saja? - Jurusan multimedia adalah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan yang meliputi pembelajaran mengenai teknik penyajian data semenarik mungkin menjadi berbagai media, seperti audio, teks, gambar, animasi, maupun video.

Jurusan multimedia ngapain aja, sih? Kamu akan diajarkan berbagai pelajaran mengenai desain grafis, animasi, fotografi, editing video, pemrograman, dan sebagainya. 

SMK Jurusan Multimedia dan Keuntungannya,smk jurusan multimedia, smk jurusan multimedia mempelajari tentang apa, prakerin smk jurusan multimedia

Dalam jurusan ini, kamu akan belajar dengan menggunakan berbagai tools dalam komputer atau laptop kamu, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan sejenisnya. Jurusan yang sering dijuluki MM ini dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu multimedia komunikasi (Communication) dan produksi konten (Content Production).

  • Multimedia Communication
    Umumnya, multimedia komunikasi mempelajari mengenai aplikasi multimedia dalam mengolah informasi serta publikasinya dalam media massa. Jurusan multimedia mempelajari apa saja? Kamu akan belajar aplikasi multimedia dalam advertising (periklanan), publikasi, hiburan, berita, dan sebagainya.

    Media  yang digunakan adalah sebagai berikut :

    • Televisi
      Dengan memanfaatkan media video, audio dan teks, kamu diharapkan bisa mengolah data yang kamu peroleh dan menyajikan sebuah tayangan iklan yang menarik untuk dipublikasi di TV

    • Radio
      Selain TV, kamu juga diajarkan untuk memanfaatkan audio yang akan disiarkan di pemancar radio dalam bentuk siaran iklan ataupun bumper audio. Jadi, kamu tidak perlu takut jika kamu tidak ahli dalam menyiarkan berita karena ada opsi lain yang bisa kamu pilih.

    • Film
      Film merupakan salah satu media komunikasi yang mudah menarik perhatian massa. Kamu akan diajari tentang pembuatan film sebagai media penyalur informasi dalam media massa.

    • Musik
      Selain film, media lain yang mudah menarik perhatian audiens adalah musik. Kamu akan diajarkan mengenai musik dan penyampaiannya dengan speaker maupun perangkat audio system.

    • Entertainment
      Kamu juga akan diajarkan mengenai sarana yang digunakan untuk penyajian hiburan, seperti bioskop hingga penggunaan aplikasi game. 

    • Tutorial
      Tujuan akhir dari pemanfaatan multimedia tutorial adalah pengaplikasian multimedia dalam bentuk CD pembelajaran hingga buku elektronik yang unik, kreatif dan interaktif.

    • Internet
      Media internet memanfaatkan berbagai format multimedia seperti audio, gambar, video, media interaktif dan sebagainya. Jangkauan massa internet juga lebih luas sehingga efektif dalam publikasi produk multimedia. 

    • Media cetak
      Media yang akan kamu pelajari adalah majalah, koran, dan spanduk sebagai sarana publikasi informasi.

  • Multimedia Content Production
    Kamu juga akan mempelajari tentang produksi konten dengan memadukan berbagai multimedia seperti tulisan, audio, video, gambar, serta animasi untuk membuat musik, film, dan game.

    Jadi, buat kamu yang masih bingung apakah jurusan multimedia harus bisa meggambar, jawabannya adalah tidak. Kamu tidak perlu pandai menggambar untuk bisa masuk di jurusan ini, hanya perlu tekad untuk belajar dan keyakinan pada diri sendiri.

    Kamu juga memiliki banyak opsi seperti pemanfaatan video, audio, dan media lain yang tidak memerlukan keahlian kamu untuk menggambar. 

Keuntungan Mengambil Jurusan Multimedia

Semua jurusan pasti memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, apa keuntungan mengambil jurusan multimedia? Kamu mungkin masih ragu untuk masuk ke jurusan multimedia. Jadi, kamu bisa simak beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat ketika kamu mendalami keilmuan ini di SMK :

  • Aplikasi dan Pemakaian Komputer
    Dalam jurusan ini, kamu akan lebih sering berinteraksi dengan komputer atau laptop. Bagi kamu yang bingung apakah jurusan multimedia harus punya laptop, kamu tidak perlu khawatir. Biasanya, sekolah akan menyediakan lab komputer sebagai sarana pembelajaran.

    Namun, itu semua tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing. Intinya, dalam jurusan ini kamu akan mendalami penggunaan komputer yang pasti akan bermanfaat di masa depan, mengingat semua hal sudah beralih ke digital.

  • Bisa Menjadi Content Creator
    Siapa yang tidak tahu content creator? Semua orang memang bisa menjadi content creator. Tapi, butuh keahlian khusus untuk menyajikan konten-konten menarik yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

    Kamu akan mempelajari cara-cara membuat konten selama bersekolah di jurusan multimedia, sehingga ketika lulus, potensi kamu untuk menjadi seorang content creator lebih besar!

  • Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Inovatif
    Bagi kamu yang suka akan hal-hal baru, kamu cocok untuk jurusan multimedia. Disini, kamu dituntut untuk berinovasi sekreatif mungkin dalam mengolah data-data dan menyajikannya semenarik mungkin.

    Kamu juga akan diajari desain grafis sehingga kamu selanjutnya bisa menghasilkan karya-karya yang bisa kamu jual secara digital di internet.

  • Skill yang Dicari Saat ini
    Berbagai skill yang dicari di era sekarang ini akan kamu pelajari di jurusan multimedia. Keahlian seperti editing video sangat diperlukan untuk konten-konten yang akan dipublikasi di platform besar seperti Youtube dan Tiktok.

    Untuk skill editing gambar dan desain grafis, sebagai contoh kecil, banyak sekali orang yang mencari template PPT, atau tema yang akan digunakan untuk diupload di platform Instagram. Keuntungan yang kamu dapat dengan bersekolah di jurusan multimedia sangat berkaitan dengan kebutuhan di era digital saat ini. Jadi, jangan ragu untuk masuk di jurusan ini, ya.

Praktek Kerja Lapangan Jurusan Multimedia

Setelah berkenalan dengan jurusan multimedia dan keuntungan yang akan didapat, kita akan membahas tentang PKL jurusan multimedia. Harapannya, artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu tentang prakerin smk jurusan multimedia.

Yang pertama, jurusan multimedia bisa PKL dimana? Kamu sebagai anak multimedia tentunya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan prakerin (praktek kerja industri) dengan membantu photocopy, mengetik surat, atau hal lain yang tidak ada hubungannya dengan materi yang kamu pelajari selama bersekolah, bukan?

Maka dari itu, kamu bisa PKL di IMPro Digital untuk memaksimalkan PKL kamu. Kamu akan diarahkan untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keahlian kamu seperti desain grafis, editing video, content making, dan sebagainya.

IMPro Digital merupakan tempat yang cocok buat kamu yang mencari tempat PKL jurusan multimedia. Kamu juga bisa mencoba berbagai saran dibawah untuk opsi PKL Multimedia :

  • Percetakan
    Sebelum melakukan cetak, banyak orang yang memerlukan editing terlebih dahulu. Kamu bisa mengontribusikan keahlianmu dengan cara menjadi editor dan designer di percetakan. Kamu juga bisa mengimplementasikan mata pelajaran Desain Percetakan dengan baik, sehingga mendukung kamu saat prakerin berlangsung.

  • Advertising Industry
    Industri periklanan adalah tempat yang cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat prakerin jurusan multimedia. Kamu yang telah belajar seputar publikasi periklanan akan dengan mudah menerapkan materi yang kamu dapat di indutri periklanan ini.

  • Marketing di Perusahaan
    Kamu bisa menjadi bagian dari marketing perusahaan dengan membantu proses editing video saat pembuatan video profil atau dokumentasi kegiatan di perusahaan. Di era digital seperti ini, kebutuhan pemasaran di dunia digital makin meningkat, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian khusus multimedia untuk memasarkan produk yang dimiliki.

  • Studio TV
    Tempat untuk PKL jurusan multimedia yang lain adalah studio TV. Kamu bisa menerapkan berbagai materi yang kamu dapatkan selama sekolah seperti teknik pengolahan video dan audio, sehingga bisa mendukung kegiatan prakerin kamu.

  • Industri Kreatif
    Selain 4 saran diatas, kamu juga bisa magang di industri kreatif sebagai graphic designer atau desainer grafis.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca artikel diatas, bisa disimpulkan bersama bahwa jurusan multimedia mempelajari tentang teknik pengolahan data dan penyajiannya agar menarik perhatian masyarakat. Keuntungannya pun ada banyak, seperti mahir dalam aplikasi dan pemakaian komputer, bisa menjadi content creator, menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, dan akhirnya memiliki skill yang dicari saat ini.

Sebagai anak multimedia, kau bisa PKL di industri kreatif, advertising industry, industri kreatif, dan perusahaan lain. Namun, buat kamu yang ingin meningkatkan skill dan keahlian kamu, aku saranin untuk PKL di IMPro Digital.

Kamu bisa mengeksplor keahlian kamu di tempat yang nyaman dan tentunya dengan tutor yang berpengalaman. Untuk informasi pendaftaran, kamu bisa hubungi CP dibawah ini, ya :


IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://magangdi.improduk.com/

Tags : smk jurusan multimedia, smk jurusan multimedia mempelajari tentang apa, prakerin smk jurusan multimedia, Apa keuntungan mengambil jurusan multimedia?, Jurusan multimedia meliputi apa saja?, jurusan multimedia, jurusan multimedia adalah, jurusan multimedia ngapain aja, apakah jurusan multimedia harus bisa menggambar, apakah jurusan multimedia harus punya laptop, tempat PKL jurusan multimedia, jurusan multimedia mempelajari apa saja