Pengertian SEO on Page dan SEO off Page

Pages

Pengertian SEO on Page dan SEO off Page


Jika kalian ingin memahami apa perbedaan SEO on page dan SEO off page, tentunya kalian sudah memahami fungsi dari Search Engine Optimization (SEO), yaitu untuk meningkatkan peringkat situs dalam mesin pencari hingga menempati halaman pertama. Lalu, apa itu SEO on page dan off page?

Pengertian SEO on Page

Pertama, apa itu SEO on page? SEO on page adalah sebuah upaya optimasi memaksimalkan kinerja halaman web agar menempati peringkat tertinggi dalam mesin pencari. Dalam hal ini, optimasi dilakukan terhadap konten atau isi artikel yang mudah dibaca oleh audiens, relevan, berbobot dan memberikan impact yang signifikan terhadap pembaca. Selain itu, konten artikel harus tetap bisa dibaca oleh mesin pencari. 


Lalu, bagaimana cara membuat konten yang baik? Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat konten artikel yang baik:


  • Berkualitas dan Unik
    Konten yang baik adalah konten yang bukan hasil menduplikasi artikel milik orang lain. Selain itu, materi sebuah artikel harus memiliki kualitas, sehingga perlu diterapkan metode E-A-T dalam pembuatan artikel SEO. Metode ini memanfaatkan Expertise atau keahlian dari penulis, Authority atau reputasi website, dan trustworthiness atau kepercayaan pengunjung.

    Jadi, artikel yang dibuat untuk optimasi SEO harus memiliki isi yang mengedukasi pengunjung sehingga trafik yang datang akan semakin besar dan mesin pencari akan menaikkan reputasi situs dengan meletakkan situs ke peringkat tertinggi.

  • Mudah Dibaca
    Selain konten yang berkualitas dan unik, artikel juga harus mudah dibaca oleh pengunjung. Karena tujuan utama optimasi SEO on page adalah kenyamanan pengunjung, maka artikel harus dibuat sedemikian rupa agar pengunjung mudah memahami isi konten yang disajikan.

  • Relevan
    Topik yang diangkat harus sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Konten dalam artikel juga harus menjawab pertanyaan yang diajukan orang saat mencari di mesin telusur. Relevansi juga dapat mempengaruhi reputasi dan kepercayaan seseorang terhadap situs kalian. Misalkan, kalian membidik kata kunci “tempat magang mahasiswa” dengan metode stuffing keywords.

    Namun ternyata artikel yang disajikan adalah tentang berjualan masker wajah. Tentu saja orang yang mengunjungi situs kalian tidak akan puas dan kepercayaan orang terhadap situs kalian menjadi turun. 

Cara optimasi SEO on Page

Setelah mengetahui cara membuat artikel yang baik dan sesuai teknik SEO on page, berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimasi website dalam halaman atau SEO on page:

  • Judul Unik
    Pemilihan judul juga berperan penting dalam optimasi SEO. Bukan tanpa sebab, pemilihan judul yang unik dan mengundang rasa penasaran calon pengunjung akan lebih menarik di mata pengunjung daripada judul yang biasa saja. Hal ini juga mempengaruhi tindakan yang akan dilakukan oleh audiens, karena audiens hanya melihat judul dalam hitungan detik. Sehingga judul harus dibuat semenarik mungkin dengan kata-kata yang mudah dimengerti.

    Selain itu, kalian bisa menyisipkan kata kunci utama dalam judul seperlunya agar bot mesin pencari dapat mengenali artikel yang kalian buat.

  • Permalink Sederhana
    Selain judul, permalink juga sebaiknya mengandung keyword utama yang dibidik. Pemilihan kata sebaiknya antara 3 sampai 5 kata, sehingga permalink tidak terlalu panjang. Hal ini memungkinkan situs kita terdeteksi oleh mesin pencari dan dapat berpeluang untuk muncul di peringkat atas.

  • Optimasi Heading
    Fungsi pemakaian heading adalah untuk menunjukkan judul atau subjudul topik sehingga pembaca mudah menemukan informasi yang dicari. Pemakaian heading dan subheading perlu diperhatikan karena akan mempermudah mesin telusur untuk menganalisis konten yang dibuat. Selain itu, heading juga membuat artikel yang dibuat lebih sistematis dan mudah dibaca oleh audiens. 

  • Peletakan Keyword
    Peletakan kata kunci atau keyword memiliki peran penting dalam optimasi on page. Sebenarnya, tidak ada aturan baku yang mengatur mengenai jumlah dan peletakan kata kunci. Namun, untuk menghindari indikasi keyword stuffing, ada baiknya jika keyword disebar diseluruh paragraf dan tidak berhimpitan satu sama lain. Selain itu, pemilihan sinonim dari kata kunci juga sebaiknya dilakukan untuk memperkaya perbendaharaan kata, mencegah spam, dan memperluas kemungkinan relevansi artikel. 

  • Page Speed
    Kecepatan dalam membuka halaman web juga sangat penting karena mempengaruhi kenyamanan pengunjung atau user experience. Tentunya, pengunjung lebih menyukai halaman yang bisa cepat dibuka daripada halaman yang loading-nya lama. Pengunjung bisa mendapatkan informasi yang dicari dengan mudah dan cepat, serta memungkinkan untuk eksplorasi website kalian tanpa membuang waktu yang banyak. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti server hosting, ukuran file gambar, dan pemilihan source theme.

  • Jumlah Kata
    Masih berkaitan dengan kata kunci, jumlah kata juga harus diperhatikan. Karena jika perbandingan jumlah kata dengan jumlah keyword terlalu kecil akan memungkinkan indikasi keyword stuffing. Sebagai contoh, dalam suatu artikel memiliki 300 jumlah kata yang 250 kata kunci. Maka kemungkinan besar mesin telusur menganggap bahwa artikel yang dibuat adalah hasil stuffing keywords.

Pengertian SEO on Page dan SEO off Page,Pengertian SEO on Page,Cara optimasi SEO on Page,Pengertian SEO off Page,Cara optimasi SEO off Page
Pengertian SEO off Page

Kemudian, apa yang dimaksud dengan SEO off page? SEO off page adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi halaman web dengan cara mendatangkan audiens dari luar website melalui back link. Back link atau link balik adalah tautan yang tertanam pada suatu situs yang mengarah ke situs tujuan atau situs lain. Artinya, optimasi dilakukan di luar halaman web yang kita miliki. Lalu, bagaimana cara melakukan optimasi SEO off page?

Cara optimasi SEO off Page

Setelah memahami pengertian SEO off page, berikut adalah cara mengoptimasi halaman dengan teknik SEO off page :

  • Link Building
    Tujuan dari link building adalah untuk mendapatkan “rekomendasi” dari situs lain. Artinya, situs lain memasukkan link dari situs yang  kalian buat sehingga audiens situs tersebut tertarik untuk mengunjungi halaman kalian. Link building sebenarnya memiliki tujuan utama untuk meningkatkan domain authority atau reputasi di SERP, sehingga website kalian dianggap kredibel oleh mesin telusur.

    Logikanya, mesin telusur akan meletakkan situs web kalian di halaman utama pencarian jika situs kalian dipercaya oleh banyak orang. Namun, perlu dilihat juga kualitas link yang merekomendasikan, yaitu yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki topik yang sama dengan situs kalian. 

  • Social Media
    Selain link building, kalian juga dapat menempatkan link website kita di platform social media untuk dipublikasikan sehingga semakin banyak orang yang mengetahui dan mengunjungi situs yang kalian buat. 

Perbedaan SEO on page dan SEO off page

Perbedaan dari SEO on page dan SEO off page adalah dari teknik optimasi yang dilakukan. SEO on page lebih berfokus pada isi konten dan user experience atau kenyamanan pengunjung ketika visitor mengunjungi halaman website kalian. Sedangkan SEO off page berfokus untuk membangun kredibilitas website dengan mendatangkan pengunjung serta reputasi atau authority website kalian dalam mesin pecari.

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tujuan optimasi SEO on page dan off page adalah sama, yaitu untuk menaikkan peringkat situs website dalam sebuah mesin telusur. Perbedaannya adalah SEO on page mengoptimasi lebih berfokus pada kenyamanan pengunjung dan SEO off page berfokus untuk membangun kredibilitas dan reputasi website. Keduanya harus digunakan bersama-sama untuk hasil yang maksimal.

Oleh karenanya, diperlukan artikel SEO friendly dalam penulisan konten website. Pembuatan artikel yang SEO friendly tentu saja tidak mudah, butuh skill tertentu untuk riset kata kunci dan penulisan serta peletakan kata kunci. Bagi kalian yang memiliki kendala dalam membuat artikel SEO friendly bisa langsung menghubungi kami untuk konsultasi, atau untuk mendapatkan jasa artikel SEO.

Info Lebih Lanjut Hubungi Disini:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933
http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Contributor: An’nur Fairy Shal Salbilla | IMPro Digital

Tags : Pengertian SEO on Page, Cara optimasi SEO on Page, Pengertian SEO off Page, Cara optimasi SEO off Page, Perbedaan SEO on page dan SEO off page, apa itu seo on page dan off page, apa itu seo on page, apa perbedaan seo on page dan seo off page, seo on page adalah, SEO on Page, teknik SEO on page, teknik SEO off page, apa yang dimaksud dengan seo off page, artikel SEO friendly, jasa artikel SEO