Cara Memilih Jurusan SMK Yang Tepat

Pages

Cara Memilih Jurusan SMK Yang Tepat

Cara Memilih Jurusan SMK Yang Tepat - Adakah salah satu diantara kamu yang bingung memilih jurusan SMK? Sebelum memilih jurusan SMK, kalian harus membaca beberapa tips cara memilih jurusan SMK yang tepat dibawah ini, agar kalian tidak salah jurusan di SMK.

Kamu lagi dilema dan bingung mau masuk SMK jurusan apa?
Kamu mungkin saat ini bertanya, apa jurusan SMK yang cocok untuk saya?
Untuk membantu kalian, artikel ini akan menerangkan bagaimana cara menentukan jurusan di SMK agar tidak salah jurusan!

Cara Memilih Jurusan SMK Yang Tepat,smk ada jurusan apa saja,jurusan di smk,tips memilih jurusan smk

Berikut tips memilih jurusan SMK :

Kenali Minat Dan Bakatmu

Cara yang pertama adalah mengenali minat dan bakat dari dirimu sendiri. Kamu bisa mencoba berbagai metode seperti mengikuti tes minat bakat dan potensi, atau hal sederhana seperti mengingat-ingat kegiatan yang kamu sukai. Akan lebih bagus jika kamu memiliki hobi, kamu bisa sesuaikan jurusan SMK yang akan kamu pilih dengan hobi kamu.

Misalnya, kamu suka memasak, maka jurusan yang sebaiknya kamu pilih adalah jurusan tata boga. Contoh lain, kamu memiliki kemampuan dalam bidang software, kamu bisa memilih jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) di SMK impian kamu.

Mengenali minat dan bakat sangat penting karena di kemudian hari, kamu akan bergelut dalam jurusan yang kamu pilih. Jangan sampai kamu menyerah ditengah-tengah karena kamu merasa tidak cocok dengan jurusan yang kamu pilih. Selain rugi tenaga dan pikiran, kamu akan rugi secara finansial dan waktu. Jadi, sebelum memilih jurusan SMK, pastikan kamu sudah mengenali dirimu sendiri, ya!


Minta Saran Dari Orang Terdekat

Jika kamu masih merasa belum mengenal dirimu sendiri, kamu bisa meminta saran dari orang terdekat seperti orang tua, saudara, atau kerabat lain yang memiliki hubungan erat dengan kamu dan bisa kamu percaya. Karena, ada kemungkinan orang-orang terdekat kamu mengamati kamu dan bisa melihat potensi yang kamu miliki.

Setelah kamu mendapatkan saran dari orang-orang terdekat, tanyakan lagi pada dirimu sendiri. Apakah benar kamu memiliki potensi di bidang tersebut, dan apakah kamu akan menikmati pembelajaran di bidang tersebut. Ingat, saran orang tua dan orang terdekat memang penting, namun dirimu sendirilah yang paling mengerti dan memahami apa yang kamu suka dan apa yang kamu tidak suka.

Jadi, jangan telan mentah-mentah saran dari orang terdekat, dan tetap tanyakan minat dan bakatmu pada diri sendiri.


Kumpulkan Berbagai Informasi tentang SMK

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan mengumpulkan informasi seputar SMK yang akan kamu pilih. Cari informasi mengenai jurusan apa saja yang ada di SMK impian kamu, mengingat tidak semua SMK memiliki jurusan yang sama.

Kamu bisa bertanya pada senior atau kakak kelas yang bersekolah disana, atau kerabat yang telah menempuh pendidikan di SMK impian kamu mengenai kegiatan apa saja yang diselenggarakan oleh sekolah. Tujuannya adalah agar kamu tidak kaget dengan budaya sekolah atau kegiatan sekolah yang ada di SMK tersebut.

Kamu juga bisa menanyakan ekstrakulikuler yang ada di SMK tujuan kamu sehingga bisa menunjang prestasi non-akademik kamu di kemudian hari.  

Gali Informasi Tentang Jurusan

Jika kamu bertanya SMK ada jurusan apa saja? Maka jawabannya akan panjang karena jurusan SMK di Indonesia mencapai 146 kompetensi keahlian. Kamu bisa membaca berbagai referensi yag ada di internet mengenai macam-macam jurusan SMK.

Setelah kamu mengetahui minat dan bakatmu, kamu harus mencari tahu jurusan apa yang cocok dengan diri kamu. Misalnya, kamu suka menggambar dan desain. Kamu bisa saja masuk ke jurusan desain komunikasi visual (DKV) atau animasi.

Namun, kamu perlu perhatikan lagi, jurusan mana yang lebih cocok dan membawa dampak baik bagi kamu. Jika memang kamu tidak cocok dengan keduanya, kamu bisa memilih alternatif jurusan lain seperti jurusan multimedia.

Gali semua informasi yang berkaitan dengan jurusan yang kamu inginkan, seperti apa saja yang akan dipelajari, prospek kerja, akreditasi jurusan, dan sebagainya. Kumpulkan informasi tersebut untuk mempertimbangkan jurusan apa yang akan kamu pilih. Kamu juga bisa menggunakan informasi yang kamu dapatkan untuk mempersiapkan diri saat kamu memulai pendidikan di SMK impian kamu.

Proyeksikan Dengan Masa Depan

Setelah mengetahui jurusan SMK apa yang cocok dengan kamu, mulailah berpikir untuk masa depanmu. Pikirkan apa yang akan kamu lakukan setelah lulus dengan bekal ijazah SMK kamu. Apakah kamu ingin langsung bekerja, atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi seperti kuliah? Banyak sekali lulusan SMK yang ingin melanjutkan kuliah, namun bidang yang dipilih berbeda 180 derajat. Sebagai contoh, lulusan SMK tata boga ingin berkuliah hukum.

Hal ini tidaklah salah, namun perlu beberapa pertimbangan seperti rugi waktu, biaya dan tenaga. Selain itu untuk berkuliah di bidang yang sangat berlainan, kamu harus memulai segalanya dari nol lagi. Tentu saja hal ini sangat disayangkan karena skill yang dimiliki oleh lulusan tersebut tidak dimaksimalkan di jenjang yang lebih tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memikirkan matang-matang dan memantapkan tujuan kamu dalam menempuh Sekolah Menengah Kejuruan. 

Perhatikan Mata Pelajaran

Saat memilih jurusan SMK, kamu harus memerhatikan berbagai mata pelajaran yang akan kamu pelajari. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengenali jurusan kamu dan memberikan gambaran tentang apa saja yang akan kamu dapatkan setelah lulus nanti.

Tetapi, jangan sampai kamu terpaku pada mata pelajaran tersebut, hingga mengurungkan niat untuk masuk jurusan SMK untuk menghindari mata pelajaran yang kamu takuti. Banyak sekali yang bertanya jurusan apa yang tidak ada matematika? Padahal, matematika adalah mata pelajaran mendasar yang tentunya ada di setiap jurusan.

Tentu saja matematika akan ada di setiap jurusan sebagai pengetahuan umum. Jangan sampai satu mata pelajaran saja menghalangi niat kamu untuk menggapai mimpi dengan bersekolah di SMK favorit kamu. Apalagi, di Sekolah Menengah Kejuruan lebih banyak praktek daripada teori, jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan berbagai mata pelajaran teori yang menjadi momok kamu selama ini.

Maksimalkan Doa

Usaha terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan doa. Dalam agama apapun, kamu memerlukan doa untuk meyakinkan diri atas jurusan yang telah kamu pilih. Berdoalah agar kamu cocok dengan jurusan tersebut dan di kemudian hari akan membawa banyak manfaat baik kepadamu.

Kesimpulan

Dari artikel diatas, bisa disimpulkan bahwa kamu bisa menentukan jurusan SMK dengan tepat. Caranya adalah dengan mengenali minat dan bakatmu, meminta saran dari orang terdekat, mengumpulkan berbagai informasi mengenai SMK, menggali informasi tentang jurusan, memproyeksikan dengan masa depan, memperhatikan mata pelajaran dan juga memaksimalkan doa.

Seperti yang sudah aku terangkan diatas, SMK lebih banyak praktek daripada teori. Sehingga, kamu akan mengenal yang namanya prakerin atau PKL untuk meningkatkan keahlian kamu di bidang yang kamu geluti. Aku punya rekomendasi tempat prakerin, magang dan PKL untuk SMK dan kuliah, nih! Yaitu IMPro Digital.

Kamu akan diajari berbagai materi untuk meningkatkan pengetahuan dan skill yang sesuai dengan jurusan kamu, lho!

Jadi, bukan hanya bantu-bantu photocopy dan pengetikan surat saja, melainkan soft skill dan hardskill yang pasti akan berguna saat kamu kerja nanti. Untuk informasi pendaftaran, bisa hubungi di CP berikut:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Tags : bingung memilih jurusan smk, smk ada jurusan apa saja, salah jurusan smk, jurusan di smk, cara memilih jurusan smk, apa jurusan smk yang cocok untuk saya, bingung mau masuk smk jurusan apa, bagaimana cara menentukan jurusan di smk, jurusan apa yang tidak ada matematika?, tips memilih jurusan smk, cara memilih jurusan smk yang tepat, memilih jurusan SMK, jurusan smk di indonesia, kompetensi keahlian, jurusan smk apa yang cocok dengan saya.