Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita

Pages

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita - Banyak yang bertanya, “apa saja jurusan SMK yang bagus untuk wanita?”. Jika kamu memiliki pertanyaan yang sama, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Artikel ini akan memberikan 10 rekomendasi jurusan SMK untuk perempuan. Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!

Sekolah Menengah Kejuruan memang terbuka bagi semua gender, dan sejauh ini tidak ada pengkotak-kotakan jurusan khusus bagi laki-laki maupun perempuan. Namun, ada kalanya suatu jurusan memiliki jumlah perbandingan siswa laki-laki dan perempuan yang tidak seimbang, atau salah satu lebih mendominasi gender lain. 

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita,rekomendasi jurusan SMK untuk perempuan,jurusan smk yang paling banyak dicari di dunia kerja

Hal tersebut berkaitan dengan ketertarikan (interest) siswa serta penyesuaian minat dan bakat masing-masing. Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk memberikan rekomendasi jurusan buat kamu para perempuan yang sedang bingung memilih jurusan SMK.

Perlu digaris bawahi bahwa kamu juga bisa memilih jurusan diluar rekomendasi dibawah ini, sesuai dengan minat dan bakat kamu. 


Jurusan Tata Busana

Rekomendasi jurusan SMK untuk perempuan yang pertama adalah tata busana. Bagi kamu yang senang mengekspresikan diri lewat outfit atau pakaian yang kamu kenakan, jurusan tata busana adalah jurusan yang tepat buat kamu. Dalam jurusan ini, kamu akan diajari tentang jahit menjahit sampai pembuatan produk baju yang berkualitas.

Manusia tidak akan lepas dengan pakaian dan tata busana. Tentu saja jurusan ini menjadi salah satu jurusan SMK yang bagus untuk masa depan. Prospek kerja lulusan jurusan tata busana adalah menjadi fashion designer, atau kamu juga bisa mengikuti perkembangan zaman dengan menjadi fashion blogger.

Tentu saja jurusan tata busana tidak hanya terbuka untuk perempuan, tapi juga untuk laki-laki yang memiliki passion di bidang fashion.

Jurusan Tata Boga

Jika kamu memiliki bakat di bidang memasak dan passion di bidang kuliner, jurusan tata boga adalah pilihan yang tepat untuk menunjang karirmu dimasa depan. Kamu akan diajari berbagai macam teknik pengolahanan makanan hingga penyajiannya dalam dunia perhotelan dan tata boga. Kamu juga bisa melakukan eksplorasi skill dengan teori dan praktek seperti bartending, menjadi chef di hot kitchen maupun pastry.

Lulusan jurusan tata boga berpeluang untuk bekerja di hotel, restoran, bahkan hingga membuka lapangan kerja dengan menjadi wirausahawan bidang makanan seperti katering. Atau, kamu bisa mengombinasikan teknologi dengan passion kamu, yaitu dengan menjadi food blogger atau foodie yang mereview dan menilai makanan.

Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Jurusan kecantikan atau tata kecantikan kulit dan rambut sangat diminati oleh para perempuan. Kamu akan belajar mengenai perawatan wajah, badan, hingga rambut secara keseluruhan. Selain perawatan kulit, kamu juga akan diajari tata rias wajah dan penataan rambut.

Tingginya minat perempuan saat ini untuk merawat kulit menyebabkan lulusan jurusan ini semakin dicari. Banyak klinik kecantikan yang membutuhkan tenaga lulusan jurusan tata kecantikan kulit dan rambut. Apalagi, saat ini banyak yang membutuhkan jasa rias untuk acara-acara penting seperti ulang tahun, wisuda, lamaran hingga pernikahan.

Tentunya hal ini menjadi peluang kerja yang besar bagi lulusan jurusan kecantikan, bukan? Selain itu, kamu juga bisa menjadi influencer sukses di bidang make up dengan memberikan berbagai tips dan trik dalam merias wajah.

Jurusan Perhotelan

Dalam jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal mengenai manajemen bisnis, pemasaran, public relations hingga manajemen kegiatan. Kamu akan diajari seluruh aspek operasional dan pengelolaan yang ada di hotel dan bahkan industri makanan.

Prospek kerja kamu setelah lulus dari jurusan perhotelan adalah sebagai resepsionis hotel, atau penerima tamu di sebuah perusahaan. Kamu bahkan bisa menjadi travel agent karena kamu telah diberi wawasan mengenai industri pariwisata. Selain dua pekerjaan tersebut, karena kamu juga telah diajari tentang manajemen bisnis, kamu bisa memulai karirmu sebagai Event Coordinator.

Jurusan OTKP

Jurusan yang dulunya dikenal dengan jurusan SMK administrasi perkantoran ini cocok buat kamu yang telaten dan ingin bekerja di lingkungan perkantoran. Kamu akan diajari banyak hal administratif seperti pengetikan dokumen, penanganan telepon dan komunikasi dengan klien, pengelolaan surat penting dan dokumen, serta pengarsipan atau penyimpanan data.

Setelah lulus, kamu akan berkesempatan untuk bekerja sebagai sekretaris perusahaan, staff administrasi di berbagai bidang seperti Human Resources (HR), marketing, produksi, dan IT. Kamu juga bisa menjadi front office dengan memanfaatkan skill public sepaking yang kamu miliki.

Jurusan Keperawatan

Sejak dulu, jurusan ini didominasi oleh perempuan. Tapi, saat ini banyak laki-laki yang juga mengambil jurusan keperawatan. Kamu yang memiliki passion di bidang kesehatan cocok untuk mengambil jurusan keperawatan di SMK. Dalam jurusan ini kamu akan belajar berbagai keilmuan sains mengenai manusia seperti penyakit yang umum diderita manusia, virus, bakteri dan jamur, serta anatomi tubuh manusia.

Kamu juga akan dipersiapkan menjadi asisten perawat, sehingga kamu akan belajar mengenai cara merawat pasien yang baik. Prospek kerja jurusan ini juga luas, seperti asisten perawat, asisten teknisi laboratorium medik, caregiver atau pelayanan kesehatan sosial, asisten dental, hingga asisten teknisi pelayanan darah.

Tentu saja kebutuhan pasar akan tenaga kesehatan akan terus ada, karena itu jurusan keperawatan merupakan peluang yang bagus untuk masa depan.

Jurusan Broadcasting

Kamu memiliki self confident yang tinggi? Ingin jadi content creator atau influencer? Jurusan broadcasting menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menjadi content creator atau influencer yang profesional. Disini kamu akan diajari berbagai hal tentang perencanaan produksi konten, eksekusi pembuatan konten dan pemanfaatan berbagai media sebagai alat publikasi.

Selain bisa menjadi content creator, kamu juga bisa menjadi pembawa berita, videografer dan editor video serta script writer. Karena konten merupakan kunci utama dalam dunia digital saat ini, lulusan jurusan broadcasting ini menjadi salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Jurusan Akuntansi

Jurusan yang sangat banyak peminatnya ini cocok buat kamu, perempuan yang telaten dan suka menghitung. Dalam jurusan SMK Akuntansi kamu akan belajar tentang akuntansi dasar, perbankan, ekonomi bisnis, administrasi pajak, serta aplikasi pengolah angka.

Pengetahuan ini bisa kamu aplikasikan di dunia kerja dan menjadi seorang akuntan yang handal. Kamu juga bisa menjadi pegawai pajak serta auditor keuangan jika kamu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Jurusan Farmasi

Kamu yang mempunyai cita-cita menjadi apoteker bisa mengambil langkah awal dengan bersekolah di jurusan SMK Farmasi. Ada 2 kompetensi keahlian yang bisa kamu ambil, yaitu farmasi klinis dan komunitas, serta farmasi industri.

Tentunya tenaga kefarmasian sangat dibutuhkan di berbagai sektor seperti puskesmas, klinik, rumah sakit, perusahaan farmasi, apotik, dan instansi kesehatan lain. Jurusan famasi juga menjadi salah satu jurusan SMK favorit bagi kaum wanita, dibuktikan dengan banyaknya kuota perempuan dalam jurusan ini.

Jurusan Perbankan

Rekomendasi terakhir dalam artikel ini adalah jurusan perbankan. Ilmu kejuruan yang akan kamu dapatkan adalah akuntansi dan perbankan dasar, pengelolaan kas, administrasi pajak hingga layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro. Lulusan jurusan perbankan memiliki peluang pekerjaan yang luas. Selain di bank, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di kantor pajak, ansuransi, pegadaian, dan di bagian keuangan.

Jika kamu bertanya, “Apa jurusan SMK yang gajinya besar untuk wanita?”, sebenarnya setiap pekerjaan memiliki jenjang karirnya sendiri. Maka, yang perlu kamu lakukan adalah menekuni pekerjaan kamu, sehingga kamu bisa menjadi ahli dalam hal tersebut.

Jika kamu sudah ahli, maka banyak perusahaan atau instansi pemerintah yang membutuhkan jasa kamu. 


Nah, itu dia referensi jurusan SMK yang bagus untuk wanita berdasarkan banyaknya minat perempuan dalam jurusan tersebut. Namun, kamu juga bisa memilih jurusan lain yang sesuai dengan passion, minat dan bakat yang kamu miliki.

Jika berbicara tentang SMK jurusan OTKP, pasti tidak lepas dengan PKL ataupun Prakerin (Praktik Kerja Industri). Buat kamu yang bingung cari tempat PKL SMK jurusan OTKP, magang kuliah ataupun prakerin, kamu bisa bergabung dengan kami di IMPro Digital. Selain tempatnya yang nyaman, kamu juga diajarkan berbagai materi yang bisa menunjang skill di bidang kejuruan kamu, lho!


Jadi, jangan sia-siakan kesempatan praktik kerja industri kamu di tempat lain, ya!
Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa melihat video youtube IMPro Digital atau hubungi CP dibawah:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://magangdi.improduk.com


Tags : rekomendasi jurusan SMK, rekomendasi jurusan SMK untuk perempuan, jurusan smk yang bagus untuk wanita, jurusan smk yang gajinya besar untuk wanita, jurusan smk yang paling banyak dicari di dunia kerja, jurusan smk akuntansi, jurusan smk administrasi perkantoran, jurusan smk farmasi, jurusan smk favorit, jurusan apa yang cocok buat cewek smk, jurusan smk yang bagus untuk masa depan