Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk SMK jurusan Akuntansi

Pages

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk SMK jurusan Akuntansi

Lulus Jurusan Akuntansi Bisa Kerja Apa? Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk SMK jurusan Akuntansi - Musim kelulusan SMK sebentar lagi. Kamu pasti sudah mempersiapkan langkah yang akan kamu ambil selanjutnya setelah menyelesaikan pembelajaran kamu selama sekolah.

Tapi, masih ada beberapa diantara kamu yang belum menentukan tujuan, bingung mau kerja apa setelah lulus SMK, atau bingung kuliah jurusan apa. Buat kamu yang masih bingung mau ngapain setelah lulus SMK jurusan akuntansi, kamu lagi membaca artikel yang tepat. 


Berikut adalah beberapa peluang pekerjaan untuk SMK jurusan akuntansi, dilengkapi dengan rekomendasi jurusan kuliah untuk SMK akuntansi. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Peluang Kerja Lulusan Akuntansi SMK

Bingung lulusan SMK jurusan akuntansi bisa jadi apa? Pembahasan pertama kita adalah tentang peluang kerja jurusan akuntansi SMK. Buat kamu yang ingin bekerja setelah lulus SMK, berikut adalah beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk SMK jurusan akuntansi :

  • Staf Akuntan
    Rekomendasi yang pertama adalah menjadi staf akuntan. Pekerjaan ini dibutuhkan di seluruh sektor industri karena tugasnya meliputi pencatatan seluruh transaksi dan pembuatan lapran keuangan. Perusahaan mana yang tidak membutuhkan laporan keuangan?

    Pasti semua macam perusahaan bahkan instansi pemerintahan pun membutuhkan staf akuntan. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai staf akuntan adalah dalam rentang Rp 3.000.000 – Rp 3.500.000, sesuai dengan skala perusahaan dan UMR yang berlaku di kotamu.

  • Staf Inkaso
    Sebagai staff inkaso, kamu bertugas untuk menyiapkan dokumen-dokumen penagihan, monitoring serta mengontrol penagihan dan filling dalam sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga akan ditugasi untuk mencatat dan melaporkan daftar hasil penagihan.

  • Teller Bank
    Apakah jurusan akuntansi bisa kerja di bank? Tentu saja bisa.
    Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa menjadi teller bank yang melayani nasabah seperti penarikan uang, transfer, serta penyetoran uang. Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan kas dan menghitung transaksi harian dengan berbagai alat bantu seperti mesin penghitung maupun komputer.

    Tugas lain seorang teller adalah menerima cek dan uang tunai yang akan didepositkan, verifikasi jumlah uang serta memeriksa akurasi slip setoran. Gaji seorang teller bank berkisar pada angka Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000, tergantung dengan UMR dan kebijakan bank masing-masing.

  • Customer Service Bank
    Selain menjadi teller, lulusan akuntansi juga bisa kerja di bank sebagai customer service. Kamu juga bisa menjadi customer service yang memberikan pelayanan kepada nasabah seperti pembukaan dan penutupan rekening nasabah, menjelaskan produk layanan dari bank, menjawab berbagai pertanyaan dari nasabah mengenai masalah serta memberikan solusi yang tepat.

    Karena pekerjaan customer service lebih rumit dan kompleks, gaji yang diberikan pun lebih tinggi daripada teller. Rentang gaji untuk customer service adalah pada angka Rp 4.500.000 – Rp 5.000.000.  

  • Credit Analysis
    Sebagai analis kredit atau credit analysis, kamu memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis seluruh data keuangan klien, contohnya adalah metode pembayaran, pendapatan klien, informasi tabungan klien, serta aktivitas pembelian dari klien tersebut.

    Setelah proses analisis mengenai klien, kamu bisa merekomendasikan tindakan seperti apa yang tepat untuk klien. Sebagai analis kredit junior, kamu bisa mendapatkan gaji dengan rentang Rp 3.500.000 – Rp 8.000.000 per bulan, lho.

  • Internal Auditor
    Internal auditor adalah cita-cita yang cocok untuk jurusan akuntansi. Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan auditor internal untuk mempersiapkan proses audit eksternal dalam rangka akreditasi perusahaan.

    Jika kamu melanjutkan pendidikan kamu ke perguruan tinggi dan mengambil jurusan akuntansi, kamu berpeluang menjadi auditor internal, lho.

    Tugas dari intenal auditor adalah memeriksa dan menilai efisiensi serta efektivitas bidang keuangan dan akuntansi. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai internal auditor cukup tinggi, yaitu Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000.

  • Financial Planner
    Perusahaan besar maupun kecil pasti memiliki pengeluaran dan pemasukan. Untuk mengontrol hal tersebut, diperlukan financial planner atau perencana keuangan untuk menghindari berbagai kemungkinan resiko keuangan yang akan terjadi, sehingga perusahaan dapat terus beroperasi meskipun hal yang tidak diinginkan terjadi.

    Indonesia sendiri semakin berkembang dan makin banyak perusahaan yang tumbuh, sehingga hal ini membuka peluang pekerjaan yang luas bagi lulusan akuntansi. 

Jurusan Kuliah untuk Anak Akuntansi

Mimpi dan keinginan setiap anak berbeda-beda, ada yang ingin langsung bekerja setelah SMK, ada juga yang ingin melanjutkan ke bangku kuliah.

Nah, setelah melihat pekerjaan apa yang cocok untuk jurusan akuntansi, kamu bisa melihat rekomendasi jurusan kuliah untuk SMK akuntansi dibawah ini, ya! 

  • Jurusan Akuntansi
    Rekomendasi yang pertama, tentunya adalah S1 jurusan akuntansi. Kamu akan mendalami ilmu akuntansi, lebih dari yang kamu pelajari selama SMK akuntansi. Kamu akan belajar seputar akuntansi, baik akuntansi di sektor publik, akuntansi biaya dan anggaran, serta akuntansi pemerintah.

    Kamu juga akan belajar mengenai sistem informasi akuntansi, perpajakan hingga proses pengauditan. Tentu saja, setelah menempuh Strata 1 Akuntansi, kamu akan berpeluang mendapat pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi.

  • Jurusan Perpajakan
    Lulusan SMK akuntansi yang memiliki mimpi untuk bekerja di Direktorat Jenderal Pajak bisa mengambil jurusan Administrasi Fiskal atau perpajakan. Prospek kerjanya pun luas, dari pegawai pajak, pegawai bea cukai, hingga bekerja di BUMN dan Dinas Keuangan Daerah. 

  • Jurusan Statistika
    Data adalah kunci utama yang dibutuhkan setiap perusahaan saat ini. Buat kamu yang rajin, teliti dan telaten, sangat cocok dengan jurusan statistika, karena statistika menitikberatkan seluruhnya pada ketepatan, tanpa menebak atau menerka-nerka.

    Jika sudah lulus dari jurusan statistika, kamu berpeluang untuk bekerja di Kementrian Informasi dan Teknologi, Badan Pusat Statistik, Lembaga Survei dan Kementrian dalam Negeri.

  • Jurusan Ekonomi
    Jurusan ini mempelajari seluruh strategi pengelolaan sumber daya dengan berbagai pertimbangan dalam efisiensi, tujuannya adalah untuk mencapai kesejahteraan perusahaan. Kamu akan bergelut dengan keuangan, dan sumber daya lain bagi perusahaan.

  • Jurusan Manajemen Logistik
    Dalam jurusan ini kamu akan belajar mengenai perencanaan, pengendalian, serta pengawasan terhadap aliran uang yang keluar-masuk dalam perusahaan. Selain itu, kamu juga melakukan perencanaan hingga pengawasan itu terhadap berbagai bidang lain seperti barang energi, informasi, dan sumber daya lain. 

  • Jurusan lain
    Kamu juga bisa mengambil jenis jurusan lain yang kamu minati, karena pada intinya kamulah yang akan mempelajari dan menghabiskan kurang lebih 3 sampai 4 tahun untuk memperdalam keilmuan yang kamu pilih. Jadi, tentukan dahulu tujuan kamu belajar sehingga kamu memiliki motivasi untuk terus mempelajari keilmuan yang kamu pilih, ya!

    Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk SMK jurusan Akuntansi,Peluang Kerja Lulusan Akuntansi SMK,Jurusan Kuliah untuk Anak Akuntansi


Kesimpulan

Dari artikel diatas, bisa kita simpulkan bahwa jurusan akuntansi memiliki peluang pekerjaan yang luas, seperti staf akuntan, staf inkaso, teller bank, customer service bank, credit analysis, internal auditor, dan perencana keuangan.

Selain bisa langsung kerja, lulusan SMK jurusan akuntansi bisa kuliah di jurusan akuntansi, perpajakan, statistika, ekonomi, dan manajemen logistik. Oh, iya, jika berbicara tentang SMK, pasti tidak lepas kaitannya dengan PKL atau Prakerin.

Buat kamu yang lagi bingung cari tempat PKL SMK atau Prakerin SMK, bisa banget buat gabung dengan IMPro Digital. Selain tempatnya nyaman, kamu bisa mengembangkan minat dan bakatmu disini.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan praktik kerja industri kamu di tempat lain yang membosankan, ya! Untuk informasi pendaftaran bisa langsung hubungi :

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://magangdi.improduk.com


Tag : Lulusan SMK jurusan akuntansi bisa jadi apa, Apakah jurusan akuntansi bisa kerja di bank, peluang kerja jurusan akuntansi smk, lulusan smk jurusan akuntansi bisa kerja apa, lulusan akuntansi bisa kerja di bank, lulusan smk akuntansi, lulusan smk, lulusan akuntansi, lulusan smk jurusan akuntansi bisa kuliah dimana, jurusan akuntansi, Cita cita apa yang cocok untuk jurusan akuntansi, bingung mau kerja apa setelah lulus smk, bingung kuliah jurusan apa, bingung mau ngapain, pekerjaan untuk smk jurusan akuntansi, rekomendasi jurusan kuliah untuk SMK akuntansi, pekerjaan apa yang cocok untuk jurusan akuntansi, s1 jurusan akuntansi