Lulusan SMK jurusan OTKP bisa Kerja Apa?

Pages

Lulusan SMK jurusan OTKP bisa Kerja Apa?

Lulusan SMK jurusan OTKP bisa Kerja Apa - Jika kamu sedang mencari informasi tentang jurusan SMK OTKP, atau bahkan siswa SMK jurusan OTKP dan bingung cari kerja, kamu ada di artikel yang tepat.

Artikel kali ini akan membahas tentang jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan peluang kerja jurusan OTKP berdasarkan kompetensi yang telah diberikan selama masa sekolah. Jadi, simak terus artikel ini sampai akhir, ya!

Sebelum memasuki topik utama dari artikel ini, kenalan dulu yuk sama jurusan OTKP! Jurusan OTKP adalah singkatan dari Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Awalnya, jurusan ini bernama Administrasi Perkantoran. 


Nah, ketika memasuki jurusan OTKP, apa saja sih yang akan dipelajari? 


Apa yang dipelajari di SMK jurusan OTKP?

Jurusan OTKP ngapain aja, sih? Dalam kompetensi keahlian OTKP, kamu akan mempelajari berbagai mata pelajaran kejuruan dan kompetensi seputar perkantoran, seperti: 

  • Simulasi Dan Komunikasi Digital
    Kamu akan belajar mengenai penggunaan berbagai macam aplikasi perkantoran seperti Ms Word, Excel, Powerpoint, dan Access. Selain itu kamu juga akan belajar Google Spreadsheet dan Google Doc. Tujuan kamu diberikan pembelajaran ini adalah agar kamu bisa mengolah data dan mengomunikasikan gagasan.

  • Kearsipan
    Mata pelajaran kearsipan adalah mata pelajaran yang memiliki tujuan untuk mengelola rekaman kegiatan serta sumber informasi. Mata pelajaran ini dibutuhkan agar lulusan jurusan OTKP memiliki skill untuk mengarsipkan dan menyimpan dokumen perusahaan.

  • Surat Menyurat (Korespondensi)
    Dalam dunia perkantoran, pasti tidak lepas dengan korespondensi ataupun surat menyurat. Mata pelajaran korespondensi memiliki tujuan untuk memberikan wawasan terhadap siswa tentang penanganan surat keluar baik dengan sistem buku agenda maupun sistem kartu kendali. Sehingga, lulusan memiliki skill khusus korespondensi yang tidak dimiliki oleh jurusan lain.

  • Ekonomi Bisnis
    Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK juga mengajarkan berbagai hal dalam bisnis, salah satu contoh adalah dengan mata pelajaran ekonomi bisnis. Kamu akan mempelajari matematika ekonomi, bisnis dan keuangan, sehingga kedepannya kamu pun bisa menjadi pebisnis atau wirausahawan.

  • Teknologi Perkantoran
    Apa yang dimaksud dengan teknologi perkantoran? Arti dari teknologi perkantoran adalah seluruh proses pencatatan, pengumpulan, pengolahan, penggandaan, pengiriman serta penyimpanan data dan informasi secara efisien menggunakan berbagai teknologi yang tersedia di kantor. Tentunya ini merupakan skill khusus lain yang hanya dapat kamu pelajari di jurusan OTKP, dengan tujuan agar kamu bisa mengoptimasi kinerja kamu dalam menghandle data dan informasi kantor.

  • Administrasi Umum
    Dalam jurusan OTKP kamu akan menemukan berbagai jenis administrasi, salah satu contohnya adalah administrasi umum. Dalam mata pelajaran administrasi umum, kamu akan belajar secara keseluruhan mengenai pengarsipan, penyusunan statistik, dan bidang administrasi lain secara umum.

  • Administrasi Kepegawaian
    Kamu juga akan mempelajari manajemen kepegawaian secara administratif, seperti recruitment atau penerimaan karyawan baru, training karyawan, promosi serta transfer karyawan, hingga konseling karyawan.

  • Administrasi Keuangan
    Dalam mata pelajaran administrasi keuangan, siswa diajarkan untuk mengelola seluruh aktivitas yang relevan dengan sistem keuangan, seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran dana dalam perusahaan agar lebih termonitor.

  • Administrasi Sarana Dan Prasarana
    Mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana mempelajari tentang inventarisasi barang kantor, mulai dari perencanaan pengadaan barang, pemanfaatan, pemeliharaan, hingga penghapusan barang.

  • Administrasi Humas Dan Keprotokolan.
    Pelajaran administrasi lain yang bisa kamu dapatkan di jurusan OTKP adalah Humas dan Keprotokolan, yaitu mengenai administratif bagian dokumentasi dan penulisan laporan pertemuan atau rapat, serta mengelola kegiatan humas. 

Keunggulan Jurusan OTKP

Ada beberapa keunggulan jurusan OTKP yang perlu kamu ketahui, yaitu diantaranya :

  • Kemampuan bidang administrasi yang baik. Tentu seluruh perusahaan membutuhkan tenaga administratif yang terampil dan cekatan. Jurusan OTKP bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi, sehingga jurusan OTKP merupakan salah satu jurusan yang banyak peluang kerjanya.

  • Soft skill yang cocok untuk perkantoran. Lulusan jurusan OTKP diharapkan memiliki soft skill dan hard skill yang menunjang kinerja di dunia pekerjaan. Dibekali dengan pengetahuan administratif, skill korespondensi dan public relation yang baik, lulusan OTKP akan sangat mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

  • Berpeluang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah setelah lulus dari jurusan SMK OTKP dan bingung jurusan OTKP kuliah di jurusan apa, tidak perlu bingung. Kamu bisa melanjutkan ke jurusan OTKP yang linear seperti jurusan administrasi negara dan juga administrasi perkantoran.


Lulusan SMK jurusan OTKP bisa kerja apa?

Nah, topik selanjutnya adalah jurusan OTKP kerja dimana? Sebagai lulusan SMK jurusan OTKP, kamu bisa memilih beberapa pekerjaan beirkut sebagai awal dari karir kamu :

  • Petugas Administrasi
    Kamu bisa menjadi petugas administrasi di berbagai macam perusahaan, karena kamu telah dibekali teori lengkap tentang administrasi, seperti surat menyurat atau korespondensi, pencatatan data, pembuatan laporan, hingga pengaturan keuangan. 

  • Pustakawan
    Lulusan jurusan OTKP memiliki kesempatan untuk menjadi petugas perpustakaan atau pustakawan, yang bertugas mengelola dan menjaga perpustakaan. Pustakawan juga bertugas mulai dari pengadaan dan penerimaan buku, penyimpanan, hingga pelayanan perpustakaan.

  • Petugas Kearsipan
    Setiap perusahaan pasti membutuhkan petugas kearsipan, mulai dari instansi pemerintah, pabrik industri hingga rumah sakit pun, memerlukan tenaga untuk mengarsipkan berkas-berkas penting perusahaan. Lulusan SMK jurusan OTKP memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi petugas kearsipan di banyak perusahaan yang tersebar di Indonesia.

  • Sekretaris Junior
    Lulusan baru atau fresh graduate SMK berpeluang juga untuk menjadi sekretaris junior atau entry level di perusahaan. Tugas sekretaris junior adalah membantu merencanakan program kegiatan, membantu mengkoordinasikan rapat dan program kerja, monitoring hingga evaluasi ketika acara selesai.

    Sekretaris juga memiliki tanggung jawab menerima panggilan dan mengatur surat-surat yang masuk. Dapat dilihat bahwa ilmu yang dipelajari jurusan OTKP sangat cocok dengan pekerjaan ini.

  • Front Office
    Lulusan jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran berpeluang untuk bekerja sebaga penerima tamu atau front office. Dengan skill public speaking dan administrasi baik keuangan maupun administrasi umum, lulusan jurusan OTKP bisa bekerja secara optimum.

  • Data Entry
    Data entry juga merupakan pekerjaan yang cocok untuk jurusan OTKP karena memanfaatkan aplikasi perkantoran seperti Ms Excel, Google Spread dan sejenisnya.


Kesimpulan

Dari artikel diatas bisa kita simpulkan bahwa ada banyak kompetensi khusus yang bisa dipelajari dalam jurusan OTKP, seperti simulasi dan komunikasi digital, kearsipan, surat menyurat, ekonomi bisnis, teknologi perkantoran, administrasi umum, administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi sarana dan prasarana, dan administrasi humas dan keprotokolan.

Dari kompetensi tersebut lulusan SMK OTKP bisa bekerja di sektor administratif seperti  Petugas Administrasi, Pustakawan, Petugas Kearsipan, Sekretaris Junior, Front Office, dan Data Entry. Berbicara tentang SMK jurusan OTKP, pasti tidak lepas dengan PKL ataupun Prakerin (Praktik Kerja Industri).

Buat kamu yang bingung cari tempat PKL SMK jurusan OTKP, magang kuliah ataupun prakerin, kamu bisa bergabung dengan kami di IMPro Digital. Selain tempatnya yang nyaman, kamu juga diajarkan berbagai materi yang bisa menunjang skill di bidang kejuruan kamu, lho!

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan praktik kerja industri kamu di tempat lain, ya! Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa melihat video youtube IMPro Digital atau hubungi CP dibawah :

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://magangdi.improduk.com


Tags : Apa yang dipelajari di SMK jurusan OTKP, Keunggulan Jurusan OTKP, Lulusan SMK jurusan OTKP bisa kerja apa, jurusan otkp, jurusan otkp adalah, jurusan otkp ngapain aja, jurusan otkp kuliah jurusan apa, jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran smk, jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran, lulusan OTKP, lulusan SMK OTKP kerja apa, lulusan SMK jurusan OTKP bisa kerja apa, Jurusan OTKP, kompetensi keahlian OTKP