Profil Top SMK terbaik di Jawa Timur 2022

Pages

Profil Top SMK terbaik di Jawa Timur 2022

Profil Top SMK terbaik di Jawa Timur 2022 - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyumbangkan angka pengangguran yang besar di Indonesia sebanyak 11,31% per Agustus 2021, mengutip dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini jarang ditemukan di SMK dengan kualitas pendidikan yang baik dan telah teruji atau terakreditasi. 

Profil Top SMK terbaik di Jawa Timur 2022,SMK terbaik di Jawa Timur, SMK Terbaik di Surabaya, SMK terbaik di Malang, SMK terbaik di Kediri

Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang cukup dalam memilih SMK terbaik untuk belajar di kemudian hari agar skill yang ingin didapatkan benar-benar terasah dan mendapat penyaluran kerja yang maksimal. Artikel berikut akan membahas mengenai profil SMK terbaik di Jawa Timur berdasarkan nilai UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT pada tahun 2021.

Sebelum memasuki profil SMK terbaik di Jawa Timur, perlu diketahui bahwa UTBK disini adalah sebagai indikator bagi lulusan siswa-siswi SMA/SMK. SMK memiliki peringkat dibawah SMA karena SMK lebih mendalami program keahlian masing-masing dan lebih condong pada pembelajaran praktek, sedangkan yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik, bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik yang umumnya adalah seputar teori.


Dan, untuk memasuki 1000 sekolah dengan peringkat teratas di Indonesia tentunya sangat sulit karena bersaing dengan lebih dari 20.000 sekolah lain, sehingga untuk masuk kedalam peringkat tersebut sudah merupakan pencapaian yang besar. 


Berikut adalah profil dari SMK terbaik di Jawa Timur : 


SMKS Telkom Sandhy Putra

SMK terbaik yang pertama datang dari kota Malang. Dari 1000 Sekolah yang terdaftar dalam LTMPT tahun 2021, SMK yang lebih familiar dengan nama SMK Telkom ini menempati urutan ke-541. Sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat untuk dapat masuk kedalam 1000 peringkat teratas LTMPT membutuhkan perjuangan yang luar biasa, dan mengalahkan lebih dari 20.000 SMA dan SMK di Indonesia. 

SMK Telkom dijuluki sebagai “Pelopor SMK bidang Teknologi dan Informatika di Indonesia”. Bukan tanpa alasan, SMK Telkom telah berdiri sejak tahun 1992 dan sudah mengantongi sertifikat standart mutu ISO 9001:2015 dan memiliki akreditasi “A”.

Fasilitas belajar yang disediakan oleh SMK Telkom juga lengkap dengan lingkungan yang nyaman. SMK swasta terbaik di Malang ini juga menyediakan berbagai aktivitas dan agenda sekolah yang menunjang pembelajaran siswa. SMK Telkom juga sangat membuka kesempatan bagi siswa yang datang dari luar daerah untuk belajar di SMK tersebut.

Jurusan SMK Telkom Malang ada 2, yaitu jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).  

SMKN 2 Kediri

SMK terbaik yang kedua adalah SMKN 2 Kediri. SMKN 2 Kediri tercatat menempati peringkat 881 dari 1000 sekolah yang memiliki nilai UTBK terbaik di Indonesia. 

Sekolah yang resmi berdiri pada 28 Januari 1988 ini memiliki akreditasi A dengan dasar sertifikat 1214/BAN-SM/SK/2018. SMK terbaik di Kediri ini juga memiliki berbagai ekstrakulikuler seperti Pramuka, Pecinta Alam (PA), Paskibra, Palang Merah Remaja, Kerohanian, Jurnalis, Koperasi Siswa (Kopsis), dan berbagai ekstrakulikuler olahraga seperti Baket, Tenis Meja, Badminton, Jujitsu, Futsal dan Sepak Takraw. Fasilitas yang disediakan oleh SMKN 2 Kediri juga cukup lengkap dan memiliki Lab untuk setiap program keahlian.

Jurusan atau Program Keahlian yang dapat dipelajari di SMKN 2 Kediri adalah Akuntansi, Pemasaran, Sekretaris, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multi Media (MM), Perbankan dan Pariwisata. 

SMKN 1 Boyolangu

Peringkat ketiga SMK terbaik di Jawa Timur adalah SMKN 1 Boyolangu yang terletak di Kabupaten Tulungagung. SMKN 1 Boyolangu menempati peringkat ke-966 Indonesia, menaiki 7 peringkat dari tahun sebelumnya.

Sama seperti SMK lain diatas, SMKN 1 juga telah Boyolangu terakreditasi “A”.  Ada banyak pilihan program keahlian yang disediakan oleh SMKN 1 Boyolangu, yaitu produksi dan Siaran Program Televisi, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Kimia Industri, Multimedia, dan Animasi. SMKN 1 Boyolali juga memiliki berbagai program yang menunjang penyaluran kerja lulusan SMK, seperti Bursa Kerja Khusus dan Lembaga Sertifikasi Profesi, sehingga siswa lulusan SMKN 1 Boyolali lebih terarah dalam dunia pekerjaan.

SMKN 5 Surabaya

Menaiki 15 peringkat dari tahun sebelumnya, SMKN 5 Surabaya meraih peringkat ke 4 SMK terbaik di Jawa Timur. SMK Terbaik di Surabaya ini menempati posisi ke-967 dari 1000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik di Indonesia. 

Keunggulan yang dimiliki oleh SMKN 5 Surabaya adalah menjalin dengan 325 Industri baik Nasional maupun Internasional. Apa saja jurusan SMKN 5 Surabaya?

Ada 6 program keahlian atau jurusan di SMKN 5 Surabaya, diantaranya adalah Jurusan Kimia Industri, Kimia Analis, Teknik Manajemen Perawatan dan Otomotif, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, TeknikKonstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan, Teknik Elektronika, Daya, dan Komunikasi, Teknik Tenaga Listrik, dan Teknik Alat Berat. SMKN 5 Surabaya juga memiliki fasilitas pendukung pembelajaran yang memadai, seperti laboratorium untuk praktek.
  

SMKN 1 Ngawi

SMK terbaik di Jawa Timur yang ke-5 datang dari Kabupaten Ngawi, yaitu SMKN 1 Ngawi. SMK ini menaiki 32 peringkat dan menempati posisi ke 969 dari 1000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik di Indonesia. 

SMKN 1 Ngawi telah terakreditasi A sesuai dengan sertifikat no 1214/BAN-SM/SK/2018. Memiliki berbagai kompetensi keahlian seperti Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Teknik Elektronika Industri.

Selain itu, ekstrakulikuler yang dapat diikuti siswa SMKN 1 Ngawi juga banyak, seperti Band, Multimedia, Karawitan, Pramuka, PMR, Tari Tradisional, Bahasa Asing, dan Olahraga. SMKN 1 Ngawi juga memiliki bursa kerja yang membagikan informasi peluang kerja bagi siswa-siswi lulusan di website resmi yang telah disediakan dalam rangka penyaluran lulusan di dunia kerja.

SMKN 4 Malang

SMKN 4 Malang meraih peringkat ke-982, menaiki 19 peringkat dari tahun sebelumnya. SMK yang memiliki nama lain SMK Grafika ini memiliki banyak prestasi baik di skala nasional muaupun internasional. SMK terbaik di Malang ini telah memiliki akreditasi A. Jurusan di SMKN 4 ada berbagai macam, diantaranya Produksi Grafika, Design Grafika, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia, Animasi, Logistik, Perhotelan dan Mekatronika.

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang pembelajaran praktek pun sangat lengkap, bahkan setiap kompetensi keahlian memiliki laboratorium sendiri. Dan, untuk menunjang kompetensi non akademik siswa, SMKN 4 Malang juga menyediakan berbagai ekstrakulikuler seperti Olahraga (Sepak Bola, Basket, Volley, Futsal, Bulu Tangkis, Pencak Silat dan Taekwondo), Jurnalistik, Paduan Suara, English Debate, Home Band, Seni Rupa dan Seni Tari, Serta Pecinta Alam. Cukup lengkap, bukan?

SMKN 1 Turen

Di peringkat ke-992 dari 1000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik se-Indonesia, ada SMKN 1 Turen dari Kabupaten Malang. SMKN 1 Turen telah mengalami peningkatan 9 peringkat dari tahun sebelumnya.

SMKN 1 Turen telah mengantongi akreditasi A berdasarkan sertifikat dengan nomor 032/BAN-SM/SK/2019. Jurusan SMK Negeri 1 Turen ada beberapa yang dapat dipelajari, seperti Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), tata Busana, Tata Boga, Bisnis daring dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan Akomodasi Perhotelan.

Berdiri pada tahun 1967, SMKN 1 Turen telah meraih berbagai prestasi dalam berbagai bidang di seluruh kompetensi keahlian. SMKN 1 Turen juga memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan seperti Maspion IT, MyKopi’O, dan Ijen Suite.

Kesimpulan

Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa SMK terbaik di Jawa Timur menurut LTMPT adalah SMKS Telkom Sandhy Putra, SMKN 2 Kediri, SMKN 1 Boyolangu, SMKN 5 Surabaya, SMKN 1 Ngawi, SMKN 4 Malang, danSMKN 1 Turen.

Jika berbicara mengenai SMK, pasti memiliki hubungan erat dengan PKL ataupun Prakerin. Buat kamu yang bingung mencari tempat PKL SMK atau Prakerin, bergabunglah dengan IMPro Digital. IMPro Digital menyediakan tempat PKL, Prakerin dan Magang bagi SMK dan Perguruan Tinggi seputar digital marketing.

Tapi, jangan khawatir. Buat kamu yang menempuh jurusan RPL, TKJ, bahkan OTKP dan Animasi bisa bergabung dengan IMPro Digital. Kamu bisa cek youtube video IMPro Digital ataupun hubungi CP dibawah untuk tanya-tanya tentang PKL, ya!

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://magangdi.improduk.com


Tags : SMK terbaik di Jawa Timur, SMK Terbaik di Surabaya, SMK terbaik di Malang, SMK terbaik di Kediri,  SMK terbaik, jurusan SMK Telkom  Malang, SMKN 4 Jurusan Apa saja?, jurusan di SMKN 4 Malang, jurusan SMK 1 Negeri Turen, SMK 5 Surabaya jurusan apa saja, SMK 2 Kediri Jurusan, SMK Telkom jurusan apa