Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Kamu Lulusan SMK

Pages

Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Kamu Lulusan SMK

Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Kamu Lulusan SMK - Lulusan SMK Bisa Kuliah Apa Saja? Jurusan Kuliah untuk Anak SMK.

“Apakah SMK bisa kuliah?”
Tentu saja bisa!


Bagi teman-teman yang belum tahu, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah hak setiap anak yang telah menempuh SMK, SMA atau setara. Yang seharusnya menjadi pertanyaan adalah, “Apa jurusan yang cocok untuk saya?”.

Karena itu, baca artikel ini agar kamu tahu bagaimana cara memilih jurusan kuliah, dan rekomendasi jurusan kuliah yang cocok buat kamu, ya! 

Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Kamu Lulusan SMK,Rekomendasi jurusan kuliah untuk SMK,Cara memilih jurusan kuliah

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Sebelum melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi, pastikan terlebih dahulu kamu tidak salah pilih jurusan. Jangan sampai kamu asal memilih jurusan, dan di tengah pendidikan merasa tidak cocok dengan jurusan yang kamu pilih.

Apakah kamu tahu bahwa 87% mahasiswa Indonesia merasa bahwa mereka salah jurusan. Apa yang menyebabkan hal tersebut? Banyak kemungkinan yang menyebabkan seseorang salah memilih jurusan, salah satunya adalah mereka kurang mencari informasi mengenai jurusan yang akan dipilih, hanya mengikuti teman-teman di sekitarnya, atau bahkan karena hanya menuruti permintaan orang-orang sekitar.

Oleh karena itu, untuk meminimalisasi salah jurusan yang akan merugikan kamu di kemudian hari, baca tips memilih jurusan kuliah untuk anak SMK berikut, ya!

  • Ketahui Minat dan Bakat kamu
    Apakah kamu sudah mengetahui apa minat dan bakatmu? Jika kamu menempuh pendidikan di SMK, seharusnya kamu sudah mengetahui bahwa minat dan bakatmu adalah di jurusan yang kamu pilih, bukan?

    Namun, apabila kamu tidak merasa cocok dengan bidang keilmuan kamu saat ini, tidak apa-apa, kok! Kamu bisa menemukan minat dan bakatmu dengan mengenali diri sendiri, seperti hobi, keinginan, dan cita-cita.

    Jika masih bingung, kamu juga bisa mengikuti berbagai tes minat bakat dan potensi diri. Dengan begitu, kamu memiliki landasan dan motivasi yang kuat untuk menentukan jurusan yang ingin kamu tekuni. 

  • Lihat prospek dan peluang kerja di masa depan
    Setelah mengetahui minat dan bakat, kamu juga perlu melihat prospek dan peluang kerja setelah lulus dari perguruan tinggi.

    Tahukah kamu, bahwa pekerjaan ringan seperti kasir dan teller bank diperkirakan akan punah di beberapa tahun kedepan? Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi sehingga bisa menggantikan peran pekerjaan tersebut.

    Oleh karena itu, kamu perlu memperkirakan apakah jurusan yang kamu pilih saat ini bisa bermanfaat untuk kamu mencari kerja di masa depan. 

  • Tentukan perguruan tinggi
    Menentukan perguruan tinggi juga merupakan poin penting, lho. Apakah kamu ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta, harus kamu tentukan sedini mungkin. Kamu juga harus melihat apakah kampus impian kamu memiliki jurusan yang kamu inginkan.

  • Survei kampus
    Setelah memenuhi beberapa poin diatas, kamu memiliki tugas untuk melakukan survei kampus. Yang harus kamu perhatikan adalah akreditasi kampus dan jurusan, budaya kampus, hingga perkiraan UKT.

    Perhatikan juga mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari, sehingga kamu tidak kaget saat proses pembelajaran berlangsung.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk SMK

Lulusan SMK bisa kuliah jurusan apa saja? Daripada bingung, baca artikel dibawah, yuk!
Berikut adalah beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk SMK yang perlu kamu ketahui. 

  • S1 DKV
    Rekomendasi pertama adalah S1 DKV atau Desain Komunikasi Visual. Buat kamu yang menempuh pendidikan SMK jurusan multimedia, animasi atau DKV, sangat direkomendasikan untuk mengambil jurusan ini karena memiliki bidang keilmuan yang sama, yaitu seni dan industri kreatif.

    Kualifikasi utama untuk memasuki DKV adalah harus bisa menggambar dengan berbagai media, seperti pensil dan kertas maupun secara digital.

  • S1 Film dan Animasi
    Jurusan kuliah untuk jurusan multimedia, animasi maupun DKV juga bisa mengambil penjurusan lain seperti S1 Film dan Animasi. Perbedaan DKV dengan jurusan Film dan animasi adalah jurusan Film dan animasi lebih berfokus pada pembuatan film secara keseluruhan.

    Selain belajar mengenai pembuatan karakter 2D dan 3D, mahasiswa jurusan film dan animasi juga belajar membuat storyboard atau skenario, hingga mengedit video.

  • S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran adalah rekomendasi jurusan kuliah  untuk anak  SMK jurusan Administrasi Perkantoran atau OTKP, karena materi yang diajarkan tidak jauh dari bidang keilmuan yang dipelajari selama SMK.

    Kamu akan belajar mengenai penerapan fungsi kantor seperti manajemen, pengorganisasian, perencanaan dan pengawasan kantor.

  • S1 Teknik Informatika
    Jurusan kuliah untuk jurusan TKJ SMK yang direkomendasikan adalah S1 Teknik Informatika. Jika bidang keilmuan kamu selama SMK adalah berkutat pada software maupun hardware komputer, kamu sangat direkomendasikan untuk memilih jurusan Teknik Informatika.

    Karena, dalam jurusan Teknik Informatika kamu dapat mempelajari lebih dalam mengenai pengembangan dan pengujian software dan sistem operasi. Kamu akan lebih mudah dalam memahami berbagai hal yang akan diajarkan karena kamu sudah mempelajari dasar-dasar dari mata kuliah tersebut selama di SMK.

  • S1 Sistem Informasi
    Jika kamu adalah lulusan SMK jurusan RPL dan memiliki passion di bisnis, kamu bisa mengambil jurusan Sistem Informasi. Karena selain mempelajari ilmu komputer, kamu juga akan diajarkan cara identifikasi kebutuhan dan proses bisnis dalam perusahaan dengan memanfaatkan data-data perusahaan.

  • S1 Ilmu Komputer
    Kamu memiliki skill pemrograman dan ingin menjadi programmer? Maka jurusan Ilmu Komputer cocok untuk kamu. Baik lulusan SMK jurusan TKJ maupun jurusan RPL bisa memasuki jurusan Ilmu Komputer. Prospek kerja lulusan ilmu komputer salah satunya adalah menjadi programmer, yang mana bisa menghasilkan gaji yang lumayan tinggi. 

  • S1 Akuntansi
    Bagi kamu lulusan SMK jurusan akuntansi, tentu akan direkomendasikan untuk mengambil jurusan akuntansi di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mempelajari mata kuliah yang diajarkan, sehingga kamu akan lebih merasa nyaman saat proses pembelajaran berlangsung.

    Kamu akan mendalami berbagai keilmuan seperti analisis keuangan, pemeriksaan keuangan, akuntansi pemerintahan dan syariah, hingga kewirausahaan.

  • S1 Perbankan
    Dengan prospek kerja yang luas, kamu yang memiliki passion di bidang perhitungan keuangan bisa mengambil jurusan perbankan. Jurusan ini direkomendasikan untuk lulusan SMK jurusan  perbankan maupun akuntansi.

    Peluang pekerjaan lulusan S1 Perbankan idak hanya menjadi teller dan customer service saja, tapi juga sebagai perencana keuangan, konsultan keuangan, hingga pada level manajer seperti manajer keuangan dan manajer investasi.  


Kesimpulan

Dari artikel diatas, bisa disimpulkan bahwa anak SMK tentu saja bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Yang paling penting, jangan sampai salah memilih jurusan dan membuat kamu tidak semangat untuk meneruskan pendidikan kamu.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan beberapa tips seperti mengetahui minat dan bakat kamu, meliihat prospek dan peluang kerja di masa depan, menentukan perguruan tinggi hingga survei kampus.

Rekomendasi jurusan untuk anak SMK ada banyak, namun dalam artikel ini dirangkum menjadi beberapa saja, yaitu S1 DKV, S1 Film dan Animasi, S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Ilmu Komputer, S1 Akuntansi, dan S1 Perbankan. Sebenarnya kamu bebas memilih jurusan apapun yang kamu suka dan minati.

Namun untuk menghindari kejadian “salah jurusan kuliah”, maka kamu bisa menyesuaikan bidang keilmuan yang kamu ambil selama SMK dengan jurusan yang akan kamu ambil di perguruan tinggi nanti.

Oh iya, jika berbicara tentang SMK, maka tidak lepas dari yang namanya PKL dan Prakerin, bukan? Buat kamu anak SMK yang lagi bingung mencari tempat PKL dan Prakerin, bisa banget untuk bergabung bersama IMPro Digital yang sedang membuka lowongan PKL SMK.

Terbuka untuk berbagai jurusan, seperti Jurusan RPL, Jurusan Multimedia, Jurusan TKJ, bahkan Jurusan OTKP. Slot yang dibuka terbatas, jadi jangan sampai kehabisan, ya!

Untuk informasi pendaftaran kamu bisa hubungi CP kami di :


IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

Website: https://magangdi.improduk.com

Social Media:
Instagram: https://www.instagram.com/improdigitalmalang
Tiktok: https://www.tiktok.com/@improdigitalmalang
Youtube: https://www.youtube.com/c/TempatMagangSMKMahasiswaMalangIMProDigital

Tags : apakah smk bisa kuliah, lulusan smk bisa kuliah jurusan apa saja, lowongan pkl smk, prospek dan peluang kerja setelah lulus dari perguruan tinggi, rekomendasi jurusan kuliah, cara memilih jurusan kuliah, apa jurusan yang cocok untuk saya, salah jurusan kuliah, jurusan kuliah untuk jurusan tkj, jurusan kuliah untuk jurusan multimedia, jurusan kuliah untuk anak SMK jurusan administrasi perkantoran,