Pentingnya Digital Marketing di Era Pandemi

Pages

Pentingnya Digital Marketing di Era Pandemi

Pentingnya Digital Marketing di Era Pandemi - Mengapa digital marketing menjadi sangat penting saat ini? Di era industri 4.0, seluruh kegiatan dimaksimalkan untuk memanfaatkan teknologi, tak ketinggalan dalam hal pemasaran. 


Dengan keadaan pandemi seperti ini, digital marketing makin digandrungi oleh banyak orang, bahkan ada beberapa yang rela pindah karir atau career switching menjadi digital marketer dengan cara pelatihan maupun magang digital marketing. Lalu, apa saja fungsi dan keuntungan digital marketing?


Simak artikel berikut untuk mendapatkan insight lengkap mengenai pentingnya digital marketing, fungsi digital marketing dan keuntungan yang didapat saat belajar digital marketing!

Pentingnya Digital Marketing

Yang pertama adalah mengapa digital marketing penting untuk dipelajari?
Berikut akan saya terangkan beberapa poin yang menjelaskan mengapa pemasaran digital sangat penting di masa sekarang :

  • Pengguna Internet Semakin Banyak
    Di masa sekarang, seluruh kalangan masyarakat di dunia tanpa memandang usia, etnis, dan jenis kelamin memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dari sebanyak 273,87 juta jiwa di Indonesia, terdapat 212,35 juta pengguna layanan internet.

    Ditambah lagi, situasi pandemi saat ini semakin meningkatkan pemanfaatan internet untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Hal ini membuktikan peralihan penggunaan internet dari entertainment atau hiburan menjadi pemenuhan kebutuhan hidup.

    Kehidupan saat ini bertransformasi menjadi serba digital sehingga tidak heran jika digital marketing menjadi sangat penting untuk keberlangsungan usaha pelaku bisnis.

  • Permintaan Pasar yang Tinggi
    Dunia digital menjadi pasar baru yang sangat luas sehingga menjadi peluang besar bagi perusahaan untuk memasarkan produknya. Digital marketing tergolong pekerjaan yang baru lahir, menggantikan pemasaran tradisional yang selama ini digunakan oleh perusahaan.

    Tentunya perusahaan tersebut memerlukan seseorang yang ahli dalam pemasaran digital untuk melakukan strategi-strategi yang tepat untuk menjaring konsumen baru, mengingat pemasaran online sangat berbeda dengan pemasaran tradisional.

    Oleh karena itu, saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan sebagai digital marketer, digital marketing specialist dan semacamnya. 

Fungsi Digital Marketing

Setelah memahami pentingnya digital marketing, saya akan menjelaskan tentang fungsi digital marketing dalam memasarkan produk.

Berikut adalah beberapa poin yang menerangkan fungsi utama digital marketing :

  • Brand Awareness Produk
    Fungsi utama Digital marketing yang pertama adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran konsumen akan produk anda. Kita semua tahu bahwa brand awareness adalah poin penting yang harus ada dalam pemasaran.

    Peran digital marketing dalam mengenalkan produk yaitu dengan meningkatkan interaksi konsumen dengan produk. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa pengguna internet semakin banyak.

  • Mengakuisisi atau mendapatkan konsumen baru
    Digital marketing juga memiliki fungsi untuk mendapatkan konsumen baru. Dengan meningkatnya brand awareness, konsumen yang belum pernah menggunakan produk anda pun pasti akan semakin tertarik untuk membeli produk anda.

    Contoh strategi digital marketing yang bisa dimanfaatkan untuk akuisisi konsumen baru adalah seperti iklan di media sosial dan SEM (Search Engine Marketing).

  • Menjaga loyalitas konsumen lama
    Setelah akuisisi konsumen baru, hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kesetiaan konsumen. Selain meningkatkan eksposur produk dan akuisisi konsumen, digital marketing berfungsi untuk memastikan agar konsumen tersebut konsisten menggunakan produk anda.

    E-mail campaign menjadi contoh yang baik dalam rangka Customer Relationship Management, yaitu menjaga hubungan baik degan konsumen yang pernah membeli produk anda. Tawarkan potongan harga atau penawaran khusus untuk memikat hati konsumen dan tertarik untuk membeli produk anda lewat surat elektronik atau platform chat lain. 

  • Menekan anggaran pemasaran
    Perbedaan anggaran yang dikeluarkan antara pemasaran tradisional dan pemasaran digital terlihat mencolok. Pemasaran tradisional meliputi menyebar brosur dan menempel poster di pinggir jalan mengeluarkan dana yang lebih besar dibanding dengan mengunggah postingan produk di sosial media, atau membuat artikel mengenai produk di sebuah website.

    Disinilah digital marketing berfungsi, yaitu untuk menurunkan anggaran yang dikeluarkan perusahaan dalam melakukan promosi produk.

  • Mengumpulkan data pelanggan untuk dianalisis 
    Digital marketing juga memiliki fungsi untuk mengumpulkan data secara otomatis, serta memudahkan anda untuk menganalisis data tersebut. Contoh kecil seperti pemanfaatan Google Analytics dalam sebuah website.

    Anda bisa melihat trafik atau lalu lintas halaman yang anda buat, artikel atau konten mana yang paling banyak diakses orang, bahkan anda bisa melihat dimana audiens berasal dan waktu audiens mengakses situs anda.

    Dari data tersebut, anda bisa menentukan konten apa yang akan anda buat selanjutnya, jam mengunggah postingan, serta target audiens yang anda tuju. Hal ini tentu sangat membantu perkembangan bisnis anda, dan membuat anda semakin terarah untuk membuat konten yang bisa dinikmati oleh banyak orang. 

    Pentingnya Digital Marketing di Era Pandemi,fungsi utama digital marketing, pentingnya digital marketing

Keuntungan Digital Marketing

Lalu, keuntungan digital marketing itu apa?
Digital marketing memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut :

  • Tidak terbatas ruang dan waktu
    Manfaat digital marketing yang pertama adalah bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Seluruh orang dapat melihat konten promosi anda kapanpun dan dimanapun mereka berada. Anda tidak perlu datang ke tempat percetakan untuk mencetak brosur, bertemu langsung dengan konsumen dan menerangkan produk secara terperinci satu persatu.

    Anda cukup membuat konten-konten dengan deskripsi produk anda dan unggah ke internet seperti sosial media maupun website. Selain hemat tenaga, digital marketing juga membuat alokasi waktu lebih efisien dan meraup konsumen lebih banyak daripada pemasaran tradisional.

  • Penerapannya mudah dan bisa dipelajari semua orang
    Saat ini, banyak sekali websita, platform, dan lembaga bimbingan yang menyediakan layanan pelatihan digital marketing. Beberapa situs juga menyediakan PDF gratis untuk anda pelajari. Anda juga tidak memerlukan background pendidikan tertentu untuk belajar ilmu digital marketing.

  • Ilmu yang bisa diterapkan dimana saja
    Jika anda masih belajar digital marketing dan tidak tertarik untuk mendirikan usaha atau menjadi marketer, anda masih bisa menerapkan ilmu digital marketing, lho. Selain dalam bisnis, anda juga bisa menerapkan digital marketing untuk menambah penghasilan anda, seperti memiliki website dengan Google Ad sense.

    Pernahkah anda membuka sebuah situs untuk mencari informasi, namun yang anda lihat adalah iklan yang bertebaran dimana-mana? Hal tersebut adalah salah satu cara penulis artikel situs tersebut untuk mendapatkan uang dari Google. Semakin banyak iklan yang dipasang, semakin banyak pemasukan yang didapat.

    Namun, untuk memasang iklan, trafik halaman anda harus tinggi, sehingga anda harus mempelajari optimasi website atau Search Engine Optimization untuk menarik pembaca mendatangi situs anda. 

Kesimpulan

Dari artikel diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pentingnya digital marketing di era pandemi saat ini adalah untuk membantu perusahaan memasarkan produk secara online.

Fungsi utama digital marketing dalam pemasaran adalah sebagai Brand Awareness produk, akuisisi atau mendapatkan konsumen baru, menjaga loyalitas konsumen lama, menekan anggaran pemasaran, dan bahkan mengumpulkan data pelanggan untuk dianalisis.

Keuntungan yang didapat saat belajar digital marketing juga bermacam-macam, seperti tidak terbatas ruang dan waktu, penerapannya mudah dan bisa dipelajari semua orang, dan ilmunya bisa diterapkan dimana saja.

Namun begitu, digital marketing harus dipelajari secara mendalam agar tahu kapan saat yang tepat untuk memanfaatkan berbagai teknik digital marketing. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi atau sedang mencari tempat pelatihan maupun magang digital marketing, bisa menghubungi :

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933


Tags :
Mengapa digital marketing menjadi penting saat ini?, fungsi utama digital marketing, pentingnya digital marketing, fungsi digital marketing, fungsi digital marketing dalam memasarkan produk, digital marketing adalah, pemasaran online, pemasaran digital, keuntungan digital marketing, meningkatkan brand awareness produk, kenapa harus bel