Pengertian Digital Marketing ; Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan UMKM

Pages

Pengertian Digital Marketing ; Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan UMKM

Pengertian Digital Marketing ; Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan UMKM - Istilah digital marketing atau pemasaran online tentunya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Semakin banyak UMKM, UKM serta bisnis lain yang mulai menerapkan metode pemasaran digital ini. Sejak pandemi Covid-19, seluruh kegiatan dikerjakan di rumah untuk membatasi tatap muka dan persebaran virus, begitupun dalam hal bisnis dan pemasaran.

Hal ini justru membuat fungsi pemasaran online atau digital marketing semakin penting untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, utamanya UKM maupun UMKM. Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang strategi digital marketing yang mudah dan cocok untuk pemula.


Strategi tersebut bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan usaha anda, jadi silahkan baca artikel berikut hingga akhir untuk mendapatkan insight secara keseluruhan.

Pengertian Digital Marketing

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pemasaran online atau digital marketing? Digital marketing adalah suatu teknik pemasaran (marketing) yang memanfaatkan media digital dan jaringan internet untuk menjangkau pelanggan dengan demografi tertentu (targeted customer), seperti usia, jenis kelamin dan tempat tinggal. 

Pengertian Digital Marketing,Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan UMKM,Faktor Yang Perlu Diperhatikan dalam Digital Marketing

Digital marketing memiliki beberapa istilah lain, seperti pemasaran online, pemasaran digital, dan online marketing. Ketiganya memiliki arti dan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan penjualan serta menjangkau target konsumen yang lebih luas. 

Perbandingan Digital Marketing dan Pemasaran Offline

Pemanfaatan digital marketing dikenal sebagai pemasaran yang efektif karena tidak membuang waktu dan tenaga sebanyak pemasaran offline atau pemasaran tradisional. Jika dibandingkan, penyebaran brosur dari rumah ke rumah atau penempelan poster di pinggir jalan raya membutuhkan waktu, dana dan tenaga lebih banyak daripada pembuatan infografis dan iklan produk yang diunggah di media sosial. 

Bayangkan, anda perlu mencetak brosur, membayar 2-3 orang untuk menyebarkan brosur, namun belum tentu pelanggan tersebut tertarik dengan penawaran dan produk anda. Jika hal tersebut terjadi, anda harus mencetak brosur lagi untuk dibagikan ke calon konsumen baru yang belum tahu produk anda. 

Tidak hanya rugi waktu, anda juga rugi dana dan tenaga. Berbeda dengan pemasaran digital, pemasaran jenis ini lebih mudah dan memerlukan lebih sedikit tenaga. Sekali anda mengunggah iklan produk tersebut di internet, anda tidak perlu pusing untuk membuat atau mencetak iklan tersebut agar bisa dibaca oleh target konsumen baru. 

Cukup sekali unggah dan semua orang sudah bisa melihat promosi yang anda buat. Selain itu, pemasaran offline atau tradisional lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas konsumen. Artinya, pemasaran tradisional lebih berfokus pada banyaknya konsumen yang terpapar oleh promosi daripada kualifikasi konsumen yang berpotensi untuk membeli produk. 

Sedangkan, pemasaran digital lebih menargetkan demografi konsumen, seperti usia, jenis kelamin dan tempat tinggal untuk meningkatkan penjualan. Hal ini menjadi alasan utama digital marketing lebih murah, hemat dan efektif dibanding dengan pemasaran tradisional. 



Faktor Yang Perlu Diperhatikan

Sebelum memasuki strategi yang dapat digunakan oleh pemilik UKM, UMKM atau pemilik bisnis lain, ada baiknya anda memerhatikan beberapa faktor pemasaran online berikut. 

Dalam pemilihan strategi yang sesuai untuk bisnis anda, anda harus memahami bisnis anda, termasuk didalamnya finansial atau dana yang tersedia, tujuan dari proses promosi, dan kriteria pelanggan yang ingin anda dapatkan.

  • Finansial

    Anda perlu menetapkan dana yang anda sediakan untuk pemasaran digital. Jika anda memiliki dana yang cukup banyak untuk promosi digital, maka pilihlah penyedia layanan iklan Google, FB Ads, Instagram Ads atau Tiktok Ads.

    Pemilihan platform-platform tersebut bukan tanpa alasan, namun karena banyaknya pengguna internet yang memiliki akun dalam platform-platform tersebut. Coba ingat-ingat kapan terakhir anda membuka Google, Facebook atau Instagram?

    Kalaupun anda jarang sekali menggunakan Google, ada 3,2 Miliar pengguna lain yang memanfaatkan Google untuk mencari informasi tertentu. Bukankah ini merupakan peluang besar bagi bisnis anda?

    Untungnya, Google juga menyediakan layanan gratis bagi anda yang memiliki dana terbatas untuk melakukan promosi, seperti Google Bisnisku atau Google My Business yang akan saya terangkan selanjutnya.

  • Tujuan Campaign

    Apa tujuan anda melakukan promosi? Apakah untuk mengakuisisi atau mendapatkan konsumen? Atau untuk menjaga loyalitas konsumen? Sebelum menerapkan strategi digital marketing, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan campaign anda.

    Hal ini untuk memudahkan anda dalam memilih strategi digital marketing yang tepat, karena strategi digital marketing memiliki tujuan yang berbeda-beda. Jika dapat memanfaatkan strategi tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan campaign anda, maka tujuan pemasaran online akan tercapai dengan mudah dan sesuai dengan goal yang telah anda tetapkan.

    Sebagai contoh, anda ingin mendapatkan konsumen baru dengan cepat, maka anda dapat menggunakan layanan iklan dalam platform-platform yang telah saya sebutkan. Jika anda bertujuan untuk menjaga kesetiaan pelanggan anda, maka anda perlu memilih strategi CRM dengan e-mail marketing atau chat pribadi dengan konsumen anda.

    Jika tujuan pemasaran anda adalah untuk menjaga kredibilitas produk anda, maka anda dapat memanfaatkan Website yang dioptimasi Search Engine Optimization-nya.

  • Demografi Pelanggan

    Hal yang tak kalah pentingnya adalah demografi atau kualifikasi dari target pelanggan. Anda perlu menentukan jenis konsumen anda, mulai dari rentang usia, jenis kelamin, atau tempat tinggal dari konsumen anda.

    Dengan mengetahui target pelanggan, anda bisa meningkatkan penjualan produk anda. Sebagai contoh, anda akan menjual sebuah produk kecantikan untuk menyamarkan kerutan. Tentunya, target konsumen anda adalah wanita dengan rentang usia 30-50 tahun karena kebanyakan wanita mengalami kerutan di wajah pada umur tersebut.

    Anda memilih kriteria tersebut karena target konsumen jelas membutuhkan produk anda, dan sangat berpotensi untuk membeli produk anda. Demografi menjadi sangat penting karena anda akan lebih fokus dalam membuat campaign promosi dengan menyesuaikan kriteria target konsumen.

Strategi Yang Tepat Untuk UMKM

Berikut akan saya jelaskan mengenai strategi digital marketing atau online marketing untuk bisnis. Strategi pemasaran online berikut dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis anda, asal anda dapat menggunakan strategi online marketing sesuai dengan tujuan dan jenis campaignnya.

  • Website SEO

    Situs web yang dioptimasi secara Search Engine Optimization merupakan bentuk strategi digital marketing yang bertujuan untuk menjaga kredibilitas atau kepercayaan pelanggan terhadap produk dan bisnis anda.

    Maksud dari website teroptimasi SEO adalah sebuah situs yang telah dimaksimalkan kinerjanya untuk menempati halaman pertama saat seseorang mengetikkan kata kunci yang relevan dengan produk atau bisnis anda. Webiste teroptimasi SEO-nya juga menjadi sangat penting karena jika situs anda muncul dihalaman pertama pencarian Google, maka konsumen akan lebih percaya dengan produk dan bisnis anda.

    Contoh, anda sedang mencari jasa pemasaran online di kota anda, dan anda mencari informasi tersebut di Google. Saya yakin anda hanya akan melihat halaman pertama hasil pencarian Google saja, dan jika tidak menemukan yang anda cari, anda akan mengganti kata kunci pencarian dan lagi, hanya melihat hasil di halaman pertama.

    Hal ini menunjukkan pentingnya halaman pertama hasil pencarian Google terhadap website anda dan utamanya bisnis anda.

    Website SEO umumnya tidak membutuhkan dana yang besar namun membutuhkan waktu yang lama untuk memaksimalkan kinerja situs anda agar muncul di halaman pertama pencarian. Sekali situs anda muncul di halaman pertama pencarian, pengunjung situs anda akan membludak, meningkatkan penjualan dan akuisisi kustomer baru akan melejit tinggi.

    Jadi, strategi ini cocok bagi anda yang tidak tergesa-gesa dalam mencari kustomer, membangun kredibilitas produk dan menginginkan investasi jangka panjang dalam promosi produk. 

  • Google My Business

    Layanan support Google bisnisku atau Google my business adalah sebuah strategi digital marketing yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis dan UMKM dalam memperluas target pasar.

    Dengan memanfaatkan Google Bisnisku, konsumen dapat melihat secara rinci informasi penting perusahaan, seperti foto, deskripsi produk atau jasa, review konsumen, hingga lokasi di peta atau Google Map yang mempermudah konsumen menemukan lapak anda berjualan.

    Dengan begitu, konsumen akan semakin percaya dengan produk dan bisnis anda dan tingkat penjualan akan semakin meningkat. Google Bisnisku adalah pilihan tepat yang harus dimiliki oleh setiap pemilik usaha bisnis dan UMKM. Selain gratis, Google Bisnisku juga mudah digunakan dan sangat membantu untuk akuisisi kustomer baru.

  • Manfaatkan Media Sosial

    Media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan Twitter sangat digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan rentang usia yang sangat variatif. Artinya, media sosial menyediakan pasar yang sangat besar bagi pemilik usaha.

    Jika anda memiliki keterbatasan dana, anda dapat memanfaatkan media sosial dengan membuat akun gratis dan membuat postingan berupa foto produk dan deskripsinya. Jangan lupa sertakan hashtag atau tagar relevan, dan buat nama akun yang relevan dengan produk yang anda jual.

    Tujuannya adalah agar calon konsumen dapat menemukan akun anda dengan mudah. Buatlah unggahan yang rutin agar konsumen yakin bahwa akun anda masih aktif.

  • Iklan Di Google Maupun Medsos

    Strategi yang mudah dan cepat membuahkan hasil adalah layanan iklan Google maupun media sosial. Strategi ini cocok digunakan bagi anda yang memiliki dana yang lebih dari cukup untuk melakukan campaign. Tidak ada patokan harga yang tetap untuk strategi iklan di Google maupun Media sosial.

    Anda bisa menetapkan sendiri berapa dana yang akan anda alokasikan untuk beriklan di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Iklan di media sosial dibagi menjadi 2, CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Million). Anda tinggal pilih mana yang paling cocok untuk campaign anda, sesuaikan juga dengan budget yang disediakan. 

  • Terapkan CRM Dengan Pelanggan

    CRM atau Customer Relationship Management juga diperlukan dalam strategi digital marketing untuk menjaga loyalitas konsumen. Penerapan CRM ada berbagai macam, mulai dari e-mail newspaper dan e-mail campaign hingga forum diskusi di website.

    Strategi ini digunakan bagi anda yang sudah mendapatkan pelanggan dan ingin pelanggan tersebut tetap memakai produk anda. CRM bertujuan untuk mempererat engagement anda dengan konsumen sehingga konsumen enggan untuk memilih produk lain.

Kesimpulan

Dari artikel pemasaran online diatas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing memiliki peranan penting bagi pelaku bisnis UKM dan UMKM karena lebih mudah dan efektif jika dibandingkan dengan pemasaran offline.

Beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran online adalah pembuatan Website SEO,  Google My Business, Manfaatkan Media Sosial, Iklan Di Google Maupun Media sosial dan menerapkan CRM Dengan Pelanggan. Strategi tersebut juga harus disesuaikan dengan tujuan promosi campaign, dana, dan demografi target konsumen untuk meningkatkan efisiensi pemasaran online.

Meskipun fungsi digital marketing yang sangat penting bagi pelaku bisnis usaha, UMKM dan UKM, masih banyak pelaku usaha yang tidak menyadari hal ini. Oleh karena itu, jadilah pemilik bisnis UMKM yang cerdas dan segera terapkan strategi digital marketing diatas.

Bagi anda yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, membutuhkan konsultasi maupun membutuhkan Jasa Digital Marketing segera hubungi kami disini :

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://bit.ly/JasaSebarBrosur

Tags : Pemasaran Online, Online Marketing, artikel pemasaran online, Apa yang dimaksud dengan pemasaran online?, fungsi pemasaran online, faktor pemasaran online, nama lain pemasaran online, strategi online marketing, digital marketing, strategi digital marketing, digital marketing adalah, digital marketing untuk umkm, online marketing untuk bisnis, strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan, pemasaran online usaha kecil