Tips Cara membuat konten SEO yang baik 2022

Pages

Tips Cara membuat konten SEO yang baik 2022

Tips Cara membuat konten SEO yang baik 2022. Konten adalah sebuah informasi yang tersedia dalam berbagai bentuk, bisa berupa video, artikel, gambar, dan lain sebagainya. Kemudian, apa itu konten SEO friendly?

Dalam artikel ini saya akan membahas seputar konten SEO friendly dan bagaimana cara membuat konten SEO yang baik. Simak artikel berikut untuk mendapat insight lengkap dari konten yang baik untuk optimasi Search Engine!

Pengertian Konten SEO Friendly

Apa itu konten SEO friendly? Jika berbicara dengan konten SEO friendly pasti erat hubungannya dengan artikel dalam sebuah website yang memang bertujuan untuk optimasi SEO. Konten SEO friendly merupakan sebuah artikel yang dibuat berdasarkan kaidah atau aturan untuk optimasi kinerja website, sehingga bisa menempati peringkat dalam SERP halaman pertama. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk membuat konten SEO friendly? 


Cara Membuat Konten Berkualitas

Menulis konten SEO friendly yang baik artinya memiliki kualitas yang tinggi. Berikut adalah cara-cara yang bisa digunakan untuk membuat konten berkualitas tinggi, yang tentunya SEO friendly :

  • Long Tail Keyword
    Cara yang pertama adalah menggunakan kata kunci panjang. Sebelum menentukan kata kunci jenis ini, cara yang harus dilakukan adalah dengan membidik seed keyword. Seed keyword diambil dari kata bahasa Inggris yang artinya benih kata kunci.

    Artinya, kata kunci utama yang akan dikembangkan menjadi beberapa kata kunci lain. Contoh benih kata kunci adalah “magang”. Dari kata kunci utama tersebut dapat dibuat beberapa kata kunci pendek atau short tail keyword seperti “tempat magang”, “tips magang”, dan lain sebagainya.

    Setelah itu, baru kita bisa membuat long tail keyword seperti “Tempat magang di malang jurusan OTKP”, atau “Tips magang mahasiswa agar sukses” dan lain sebagainya. Long tail keyword memiliki kelebihan daripada jenis kata kunci lainnya.

    Hal ini disebabkan karena long tail keyword biasanya memiliki tingkat persaingan yang rendah, namun memiliki search volume yang tinggi. Misal, ketika seseorang mengetikkan kueri “tempat magang” dan “tempat magang di malang jurusan OTKP”, terlihat bahwa kueri dengan kata kunci yang pendek memiliki jutaan hasil penelusuran, sedangkan kueri dengan kata kunci panjang hanya memiliki hasil penelusuran puluhan ribu.

    Hal ini menunjukkan bahwa persaingan untuk mendapatkan peringkat dengan long tail keyword lebih mudah dibandingkan short tail keyword. Selain itu, Ahrefs, sebuah SEO tool yang paling sering digunakan oleh SEO enthusiast melaporkan bahwa sebanyak 92% pengguna memasukkan kata kunci panjang untuk mencari sebuah informasi.

    Ini merupakan peluang untuk mendapatkan peringkat dalam SERP halaman pertama. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena long tail keyword lebih spesifik dan hasil yang ditampilkan akan lebih sesuai dengan yang dikehendaki oleh pengguna.

    Long tail keyword merupakan kata kunci yang panjang, biasanya mengandung 4-5 kata. Dalam pembidikan kata kunci long tail, harus diperhatikan juga volume pencarian dan pastikan bahwa kata kunci yang anda akan bidik memang sedang dicari oleh para pengguna.  

  • URL SEO Friendly
    Maksud dari URL (Uniform Resource Locators) SEO friendly adalah sebuah link dari website yang anda punya, namun sesuai dengan kaidah SEO. URL SEO friendly adalah URL yang menjelaskan isi konten dari situs anda.

    Untuk membuat URL yang SEO friendly, sebaiknya masukkan kata kunci atau keyword yang anda bidik, jangan menambahkan huruf, karakter dan angka yang tidak diperlukan. Cek URL anda, jangan sampai link anda terdapat typo atau salah eja. Hal lain yang perlu dihindari adalah mengganti alamat URL setelah diunggah atau di publikasi, karena hal ini dapat menyebabkan broken link atau pengunjung akan diarahkan ke page 404, halaman tidak ditemukan.

  • Rich Media
    Setelah membuat konten yang baik, berkualitas dan bukan hasil duplikasi, sertakan media-media pendukung seperti gambar atau video yang menunjang pengunjung agar lebih memahami isi artikel.

    Tentu saja, gambar yang disematkan harus berkaitan dengan isi konten artikel tersebut. Gambar maupun video sangat bermanfaat dalam sebuah artikel tutorial atau penjelasan cara menggunakan sesuatu. Selain itu, gambar dan video dapat mendatangkan trafik dari sumber lain.

    Tidak jarang orang yang mencari informasi di mesin telusur gambar atau image search engine. Ketika gambar yang anda sematkan dalam artikel tersebut menarik perhatian pengguna, maka pengguna akan mengunjungi blog anda dan tentunya hal ini meningkatkan lalu lintas dalam blog anda.

  • Structured Data
    Tidak kalah penting, pembuatan data terstruktur juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Pengguna akan lebih mudah menemukan informasi dengan data yang terstruktur. Anda bisa menambahkan table of content atau daftar isi di awal artikel anda untuk memudahkan pengunjung melihat materi apa saja yang akan anda bahas.

    Pembuatan table of content juga akan memudahkan anda untuk melihat outline pembahasan sehingga artikel anda lebih ringkas, terstruktur dan mudah dipahami.

  • Engaging Content
    Konten yang engaging dalam SEO adalah konten yang memiliki daya tarik yang kuat sehingga pembaca penasaran untuk mengunjungi situs anda. Biasanya, engaging content adalah konten yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru, inspiratif dan menimbulkan reaksi positif dari pengunjung.

    Tentu saja, konten jenis ini dapat mengundang rasa ingin berkomentar di website anda, atau bahkan rasa ingin membagikan konten tersebut. Hal ini menjadi poin tambahan karena dapat mendatangkan trafik dari pengunjung lainnya. 

  • Konten Update
    Selain konten yang menimbulkan interaksi atau engaging dengan pembaca, hal lain yang perlu diperhatikan oleh content writer adalah keterbaruan atau update dari konten tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa segalanya akan berubah seiring berjalannya waktu, kita harus memastikan bahwa konten yang kita publikasikan benar-benar sesuai dan relevan dengan keadaan saat ini.

    Hal ini perlu diperhatikan karena juga berkaitan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Sebagai contoh, anda akan membuat review tentang sebuah produk kosmetik tertentu. Memang anda akan tetap mendapatkan trafik pengunjung dari review tersebut, tapi akan beda trafiknya jika anda mereview produk kosmetik yang terbaru atau yang sedang naik daun.

    Hal ini disebabkan karena pengguna akan lebih tertarik untuk melihat review dari produk yang belum pernah ada sebelumnya daripada produk yang sudah lama ada.

Selain itu, konten terbarui juga memiliki arti meng-update publikasi sebelumnya yang sudah usang atau sudah berubah. Misal, anda telah mereview sebuah produk kosmetik. Kemudian produk tersebut membuat beberapa perubahan pada isi dan kemasannya. Maka anda bisa membuat konten baru mengenai produk tersebut. Konten update erat hubungannya dengan riset kata kunci untuk melihat seberapa banyak orang yang mencari dengan kata kunci tersebut. 

Tips Cara membuat konten SEO yang baik 2022,Pengertian Konten SEO Friendly,Cara Membuat Konten Berkualitas

Kesimpulan

Konten SEO friendly merupakan konten yang dibuat dengan tujuan untuk optimasi website. Konten SEO friendly sebaiknya merupakan konten yang berkualitas bagus. Hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara, yaitu dengan menggunakan long tail keyword, menggunakan URL SEO friendly, memperkaya media seperti foto dan video, membuat daftar isi, konten yang interaktif, dan terbarui. Yang paling penting adalah mengutamakan kenyamanan pengunjung dalam mengambil informasi.

Konten dalam SEO tidak lepas dari artikel yang SEO friendly. Dalam pembuatan artikel SEO friendly, tentunya membutuhkan beberapa skill tertentu. Apabila anda masih bingung untuk membuat konten SEO friendly dan membutuhkan jasa artikel SEO, bisa berkonsultasi kepada kami.

Hubungi Kami Disini:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933
https://magangdi.improduk.com


Tags : Cara membuat konten berkualitas, konten seo, konten seo friendly, menulis konten seo, konten adalah, content writer, cara membuat konten berkualitas, konten berkualitas, konten berkualitas tinggi, konten yang berkualitas