Pengertian Crawling, Indexing dan Ranking dalam Search Engine

Pages

Pengertian Crawling, Indexing dan Ranking dalam Search Engine

Pengertian Crawling, Indexing dan Ranking dalam Search Engine. Mesin pencari dikenal dengan istilah search engine adalah sebuah layanan yang memberikan informasi saat anda mengetikkan sebuah kata kunci atau kueri tertentu. 


Pengertian Crawling, Pengertian Indexing,Pengertian Ranking dalam Search EnginePengertian Crawling, Pengertian Indexing,Pengertian Ranking dalam Search Engine


Untuk optimasi SEO, ada baiknya untuk memahami cara kerja mesin telusur tersebut. Sebelum memahami cara kerja search engine atau mesin telusur, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis-jenis search engine yang populer dan banyak digunakan oleh orang-orang.


Jenis Search Engine

Berikut adalah beberapa jenis mesin pencari atau search engine yang banyak digunakan oleh orang-orang didunia :

  • Google
    Saat ini, google merupakan search engine atau mesin pencari populer yang paling sering digunakan oleh seluruh orang di dunia. Oleh karena itu, kebanyakan dari SEO specialist dan enthusiast fokus untuk optimasi website di google. Pemakaian google juga cukup mudah, hanya perlu mengetikkan suatu kata kunci, dan google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci tersebut. 

  • Bing
    Setelah google, mesin pencari atau search engine yang juga populer adalah milik Microsoft, yaitu bing. Walaupun jumlah pengunjung bing tidak sebanyak google, bing masih mendapatkan milyaran pengunjung. Hal ini merupakan peluang bagi para SEO specialist untuk mengembangkan situs, karena dengan sedikit pesaing maka situs akan mudah menempati halaman pertama.

  • Yahoo!
    Mesin pencari satu ini lebih sering dikenal sebagai penyedia layanan surat elektronik atau e-mail. Ternyata, Yahoo! Sendiri adalah singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Saat ini, mesin pencari Yahoo! Telah didukung oleh Bing dari Microsoft sehingga hasil pencarian dari Yahoo! Dan bing sangat mirip.

  • Yandex
    Mungkin sedikit asing bagi anda, namun yandex merupakan mesin pencari yang sangat populer di Rusia. Bahkan, Yandex menempati posisi pertama penggunaan mesin pencari dan diikuti oleh google. Yandex mendominasi sebesar 55% pasar mesin pencari di Rusia, Belarus, Uzbekistan, Turki, dan Ukraina.

    Bukan tanpa alasan, Yandex populer karena mampu memahami bahasa Rusia yang tergolong rumit. Kata-kata dalam bahasa Rusia dapat memiliki hingga lebih dari 20 akhiran berbeda, hanya untuk menunjukkan hubungan antar kata.

  • Baidu
    Jika Rusia didominasi oleh Yandex, maka Baidu adalah yang mendominasi negara China. Didirikan di Beijing, Baidu telah menguasai pasar mesin pencari di China sebesar 74,73% per bulan Februari tahun 2019. Namun begitu, Baidu sangat lemah di pasar internasional sehingga jarang digunakan oleh pengguna mesin pencari.

  • Ecosia
    Didirikan pada tahun 2009, Ecosia merupakan mesin pencari yang ramah lingkungan. Hal ini disebabkan karena profit yang didapat oleh Ecosia akan disalurkan untuk menanam pohon sebagai proyek restorasi lingkungan. Dengan konsep yang unik, Ecosia saat ini telah berhasil menanam hampir 100 juta pohon. Jika anda tertarik untuk berkontribusi, anda cukup menggunakan mesin telusur ini untuk mencari informasi yang anda butuhkan. 

  • Ask
    Berawal dari “Ask Jeeves” yang berkonsep forum tanya jawab antar pengunjung, saat ini Ask menjadi salah satu mesin telusur untuk mencari informasi.

  • CC Search
    Jika anda mencari konten yang bebas dari copyright, CC Search adalah mesin telusur yang tepat bagi anda. Mesin telusur yang merupakan singkatan dari Creative Common Search ini menyediakan berbagai material untuk seni, seperti gambar dan musik.

  • AOL
    Dengan tampilan yang simple dan ramah pengguna, AOL merupakan mesin pencari yang baik dan menyediakan berbagai layanan lain seperti surel dan AOL platform.

  • Looksmart
    Looksmart merupakan pelopor mesin telusur yang juga merupakan salah satu dari sekian banyak industri periklanan yang menawarkan ads pay per click.

Cara Kerja Search Engine


Dalam prosesnya, mesin pencari web bekerja dengan cara crawling, indexing dan ranking. Berikut adalah penjelasan cara untuk dapat memunculkan suatu konten artikel dalam halamaan SERP :

  • Crawling
    Sebelum halaman terindex dalam sebuah mesin pencari, anda harus melewati tahapan crawling terlebih dahulu. Crawling artinya perayapan. Crawling merupakan proses ketika sebuah bot mesin pencari menemukan konten yang telah di update dalam situs, dapat berupa pengunggahan konten baru, perubahan situs, atau bahkan link yang sudah usang.

    Crawling juga berarti sebuah pemindaian, scan, atau analisis terhadap sebuah website dan mengumpulkan berbagai informasi seperti kata kunci, judul, internal link, backlink, gambar hingga video yang tersemat. Agar bot mesin pencari bisa melakukan crawling dalam halaman anda, anda perlu memasukkan URL situs anda di google search console.

    Kemudian, tools untuk crawling akan mencatat setiap URL atau link yang didapat untuk kemudian dilakukan pemindaian. Biasanya crawling akan memakan waktu beberapa minggu. Tools yang digunakan bernama web crawler, web spider, atau web robot. Beberapa contoh dari crawling bot adalah Googlebot, HTTrack, Cyotek Webcopy.

    Tools crawling yang dapat dimanfaatkan untuk optimasi SEO adalah Semrush, Sitechecker.pro, Contentking, dan Link-Assistant.com. Beberapa tools yang saya sebutkan adalah untuk membantu audit website anda, sehingga dapat diketahui bagian mana yang perlu dioptimasi lebih lanjut.

  • Indexing
    Pengindeksan atau indexing adalah sebuah proses pengarsipan informasi yang telah didapat dari proses crawling. Bot mesin pencari akan menganalisis konten yang telah diesktrak dari situs anda, dan memastikan bahwa kata kunci yang digunakan memang berhubungan atau relevan dengan konten.

    Sebagai ilustrasi, anda adalah penulis buku dan akan meletakkan buku tersebut di sebuah perpustakaan mesin pencari. Tentunya, perpustakaan akan melihat spesifikasi buku yang anda tulis dan meletakkan di segmen yang sesuai dengan topik yang anda bahas.

    Indexing adalah proses penyimpanan buku yang anda tulis didalam perpustakaan raksasa mesin pencari. Anda harus memastikan bahwa setiap konten yang anda unggah telah terindex oleh google. Mudahnya, terindeks artinya terbaca oleh mesin pencari.

    Artinya, ketika ada pengguna yang mengetikkan suatu kata kunci yang relevan dengan topik yang anda bahas, situs anda akan muncul dalam pencarian. Tips yang dapat digunakan agar situs anda terindeks oleh mesin pencari adalah membuat konten berkualitas dengan backlink dan internal link. Jangan lupa untuk melakukan monitor situs anda untuk memastikan website anda terindeks.

  • Ranking
    Setelah konten anda terindeks, hal lain yang perlu dilakukan adalah untuk optimasi situs anda untuk mendapatkan ranking atau peringkat di Search Engine Result Page (SERP). Seperti yang kita ketahui bahwa halaman pertama SERP merupakan tujuan utama dalam pembuatan website.

    Hal ini bukan tanpa alasan, yaitu karena pengguna hanya akan melihat situs-situs yang ada di halaman pertama dan jarang sekali membuka halaman kedua dan seterusnya. Dengan menempati peringkat di halaman pertama SERP mesin pencari, anda dapat mendatangkan trafik pengunjung yang besar.

    Artinya, situs anda dapat dikenal baik oleh publik, meningkatkan brand awareness, bahkan bisa meningkatkan conversion rate dan tingkat penjualan. Maka, ranking search engine adalah faktor terpenting yang perlu diperhatikan.


Untuk mengecek peringkat atau ranking situs anda, anda dapat menggunakan beberapa SERP checker yang disediakan oleh beberapa situs berikut :

  • Semrush
  • Ahrefs
  • WhatMySerp
  • SerpRobot
  • TheHoth


Kesimpulan

Dapat disimpulkan dari pembahasan diatas bahwa mesin pencari yang mendominasi pasar search engine adalah google. Cara kerja mesin pencari adalah dengan crawling, indexing dan ranking. Ketiganya merupakan aspek yang harus diperhatikan saat melakukan optimasi SEO, karena mempengaruhi peringka dalam SERP mesin pencari.

Namun, selain memperhatikan cara kerja search engine, perlu juga untuk memperhatikan konten dari artikel yang dibuat, apakah sesuai dengan kaidah SEO friendly atau tidak. Sedangkan, untuk membuat artikel SEO friendly membutuhkan skill tertentu dan diperlukan riset yang rumit. Oleh karenanya, IMPro Digital membuka jasa pembuatan artikel SEO friendly.

Bagi anda yang ingin berkonsultasi seputar optimasi SEO dan artikel SEO friendly, atau ingin menggunakan jasa kami bisa hubungi kami disini:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933
http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Tags : jenis search engine, cara kerja search engine, crawling, indexing, retrieval, ranking, cara kerja search engine, search engine adalah, crawling artinya, crawling merupakan proses, indexing adalah, ranking search engine, mesin pencari dikenal dengan istilah, mesin pencari atau search engine, mesin pencari web bekerja dengan cara