Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Riset Kata Kunci (Keyword)

Pages

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Riset Kata Kunci (Keyword)

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Riset Kata Kunci. Apa yang dimaksud dengan riset keyword? Kali ini, saya akan membahas seputar keyword atau kata kunci, jenis-jenis kata kunci, fungsi, hingga cara meriset kata kunci untuk membuat artikel SEO friendly.

Pengertian Keyword

Dalam pemanfaatan Search Engine Optimization, tentunya sebuah artikel tidak akan lepas dari yang namanya keyword atau kata kunci. Keyword memainkan peran penting dalam optimasi SEO on page. Keyword atau kata kunci adalah sebuah kata atau rangkaian dari beberapa kata yang diketikan oleh pengguna di mesin telusur untuk mencari sebuah informasi tertentu.

Contohnya adalah ketika anda mencari informasi terkini tentang Covid-19, maka kata kunci yang mungkin anda ketikan adalah “berita terkini covid 19 2022”. Fungsi kata kunci dalam SEO adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam mengklasifikasikan artikel yang dibuat berdasarkan relevansi kata kunci, sehingga ketika pengguna mencari suatu informasi tertentu mengenai topik yang pengguna cari, artikel yang ditampilkan memberikan jawaban bagi pengguna tersebut. 



Jenis Kata Kunci atau Keyword

  • Short-Tail Keyword (Kata kunci pendek)
    Kata kunci pendek merupakan kata kunci yang terdiri dari satu sampai dua kata saja. Biasanya, kata kunci ini memiliki jumlah pencarian yang sangat banyak dan sering kali disebut sebagai fat keyword. Keyword ini biasanya masih sangat global atau belum spesifik, sehingga perlu diturunkan menjadi kata kunci yang lebih panjang.

    Hal ini bertujuan untuk menurunkan kompetisi dan tingkat kesulitan dalam menempati peringkat di halaman pertama mesin pencari. Biasanya, short-tail keyword memiliki hasil pencarian jutaan hingga milyaran website, sehingga tingkat kesulitan untuk optimasinya tergolong tinggi. Contoh dari short-tail keyword adalah magang, tempat magang, dan jasa SEO

  • Mid-tail keyword (Kata kunci medium)
    Kata kunci medium memiliki jumlah kata yang lebih banyak daripada short-tail keyword, kurang lebih tiga sampai empat kata. Kata kunci jenis ini memiliki kompetisi yang lebih rendah daripada kata kunci pendek, namun search volume yang tergolong tinggi.

    Artinya, hasil pencarian menunjukkan hasil yang tidak sebanyak short-tail keyword namun banyak pengguna yang mencari dengan kata kunci tersebut. Contoh dari mid-tail keyword adalah tempat magang malang, jasa penulis seo, atau jasa penulis artikel SEO

  • Long-tail keyword (Kata kunci panjang)
    Kata kunci panjang memiliki jumlah kata paling banyak dan merupakan jenis kata kunci paling spesifik diantara kata kunci yang lain. Tingkat kompetisi untuk menduduki halaman pertama mesin pencari umumnya lebih mudah, namun search volume yang juga rendah. Artinya, karena kata kunci yang dibuat spesifik, maka orang yang mencari dengan kata kunci long-tail keyword lebih sedikit daripada short dan mid-tail keyword. 

Pentingnya Riset Keyword

Kenapa kita perlu riset keyword? Riset keyword adalah sebuah proses atau kegiatan dalam mencari kata kunci yang diketikan pengguna di mesin pencari. Lalu, mengapa perlu dilakukan riset keyword? Tujuan utama dari riset keyword adalah untuk mempermudah penulis artikel dalam menentukan topik artikel yang akan dibuat berdasarkan trend kata kunci yang dicari.

Hal ini tentu saja perlu diperhatikan oleh blogger khususnya SEO writer untuk menyesuaikan konten yang dibuat dengan trend pencarian oleh pengguna, sehingga akan mendatangkan trafik bagi situs yang anda buat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Riset Keyword

Apa yang harus diperhatikan ketika melakukan keyword research? Dalam membuat kata kunci SEO on page perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar website teroptimasi dengan baik. Beberapa hal dibawah ini adalah yang harus diperhatikan ketika anda meriset sebuah kata kunci :

  • Tentukan Niche
    Niche adalah hal pertama yang perlu diperhatikan dalam melakukan riset kata kunci. Pengertian dari niche adalah sasaran pasar yang spesifik dan memiliki keterkaitan dengan konten yang akan dibuat. Hal ini akan mempermudah penulis dalam menentukan topik dan konten yang akan dibuat serta target market yang akan disasar.

  • Tingkat Kesulitan
    Keyword difficulty (KD) atau tingkat kesulitan kata kunci juga merupakan hal yang harus diperhatikan saat meriset kata kunci dalam SEO. KD dipengaruhi oleh jumlah serta kualitas dari backlink yang dibutuhkan agar dapat menempati halaman pertama mesin telusur. Dalam keyword tool, KD ditentukan dengan angka dari satu hingga seratus. Semakin tinggi angka yang ditunjukkan oleh KD, maka kompetisi untuk mendapatkan peringkat dalam halaman pertama juga akan makin sulit.

  • Volume Pencarian
    Volume pencarian atau search volume (SV) merupakan jumlah dari suatu kata kunci diketikkan dalam mesin telusur dalam jangka waktu tertentu. Hal ini perlu diperhatikan oleh penulis untuk melihat trend yang sedang terjadi, sehingga bisa menentukan konten yang akan dibuat dan strategi publikasi agar konten tersebut viral. Volume pencarian yang besar dapat meningkatkan peluang situs mendapatkan trafik yang besar pula, sehingga penulis artikel dan pembuat konten harus jeli dalam memperhatikan SV. 

  • SERP (Search Engine Result Page)
    Sesuai namanya, SERP menunjukan halaman yang muncul ketika anda mengetikkan kata kunci. Dengan melihat hasil SERP, anda bisa mengetahui seberapa kompetitif kata kunci dengan topik yang akan anda buat. SERP perlu diperhatikan untuk melihat tingkat kesulitan untuk menandingi kompetitor di halaman pertama.

  • Sinonim Keyword
    Mungkin terlihat sepele, namun mencari sinonim dari kata kunci yang dicari dapat meningkatkan relevansi artikel anda dengan yang dicari oleh pengguna. Contoh, mungkin ada pengguna yang mencari informasi terkait penulis artikel SEO dengan kata kunci “Jasa penulis artikel SEO”, namun ada juga yang mencari dengan keyword “Jasa SEO content writer”. Untuk menjangkau kedua audiens, maka anda perlu menyisipkan sinonim kata kunci yang anda target

Cara Riset Kata Kunci

Bagaimana riset keyword dapat dilakukan? Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meriset kata kunci, anda bisa langsung meriset kata kunci untuk artikel yang akan anda buat dengan beberapa langkah berikut:

  • Tentukan Topik
    Tentunya, sebelum meriset kata kunci, anda harus mengetahui topik apa yang akan anda bahas. Hal ini berguna agar anda tetap fokus dengan topik anda dan pembahasan tetap berada di koridor tertentu. Setelah menentukan topik, tentukan judul dan subjudul agar lebih mudah dalam membuat pembahasan dalam artikel.

  • Perhatikan Kompetisi
    Setelah menentukan topik, judul dan subjudul anda bisa melihat kompetisi untuk menentukan kata kunci apa yang seharusnya digunakan. Apakah menggunakan kata kunci jenis pendek, menengah atau panjang. Kompetisi juga ditentukan oleh domain authority situs anda dan volume pencarian di mesin telusur.

  • Cari Sinonim Kata Kunci
    Setelah menemukan kata kunci yang tepat, ada baiknya untuk mencari sinonim dari kata kunci tersebut untuk meningkatkan kemungkinan pengguna menemukan situs anda dengan mudah.

    • Keyword tool
    • Ubersuggest
    • Ahrefs
    • Google trend
    • Google auto complete
    • Google related search

Kesimpulan

Dari artikel yang telah saya bahas, dapat ditarik kesimpulan bahwa keyword research atau riset kata kunci berperan penting dalam menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam membuat sebuah artikel. Riset kata kunci bahkan menentukan apakah konten dalam situs anda akan muncul di SERP halaman pertama atau tidak.

Namun, untuk melakukan riset kata kunci memerlukan pengalaman dan skill tertentu, sehingga bagi anda yang memerlukan bantuan dan konsultasi mengenai riset kata kunci untuk artikel SEO friendly atau jasa artikel SEO friendly, bisa menghubungi kami Disini:


IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933
http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Contributor: An’nur Fairy Shal Salbilla | IMPro Digital

Tags :

Keyword adalah, Kenapa kita perlu riset keyword?, jenis kata kunci, Apa yang harus diperhatikan ketika melakukan keyword research?, cara riset keyword, cara riset keyword, kata kunci adalah, kenapa kita perlu riset keyword?, apa yang harus diperhatikan ketika melakukan keyword research?, tool riset keyword, membuat kata kunci seo on page, kata kunci dalam seo, keyword tool, keyword research, riset kata kunci, apa yang dimaksud dengan riset keyword?, bagaimana riset keyword, artikel SEO friendly