0852-5756-6933, Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Pages

0852-5756-6933, Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

0852-5756-6933, Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa. Pandemi yang disebabkan oleh COVID-19 memaksa kita untuk membatasi ruang gerak dan mengurangi kontak langsung dengan orang lain. Situasi saat ini juga memaksa kita untuk melakukan apapun dengan memanfaatkan peralatan digital, salah satunya adalah pemasaran online.

Saat ini, google adalah situs yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat dunia khususnya Indonesia. Bagi pelaku bisnis online, tentunya ini merupakan ladang promosi yang jika dimanfaatkan dengan baik akan mendatangkan banyak konsumen. Pemanfaatan google tidak lepas dari search engine optimization (SEO) dan artikel SEO friendly.  



Seperti yang kita ketahui bahwa Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu rangkaian proses dalam rangka meningkatkan kemungkinan visibilitas suatu situs dalam pencarian organik di mesin pencari, dalam hal ini Google. Tentunya dalam suatu situs web atau website memiliki sebuah konten yang disajikan. Umumnya, konten yang disajikan dalam situs web adalah artikel.

Lalu, penulisan artikel SEO friendly itu artikel yang seperti apa? Artikel dengan komposisi yang SEO friendly adalah sebuah artikel yang mudah dibaca baik oleh pengunjung situs maupun oleh mesin pencari google. Bagaimana mesin pencari membaca artikel yang kita buat? Dalam artikel SEO ada yang dinamakan kata kunci atau keywords. Kata kunci berfungsi untuk menentukan seberapa besar relevansi artikel yang kita buat dengan pencarian orang secara organik.

Baca Juga:


Dalam mambuat artikel SEO friendly, kita tidak bisa sembarang membuat artikel tanpa memperhatikan kata kunci, karena bisa jadi artikel kita dinilai tidak relevan dengan topik pembahasan oleh mesin pencari. Maka, sebelum menulis artikel SEO friendly diharuskan untuk melakukan riset keyword untuk melihat kata-kata apa yang relevan dengan topik artikel anda.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Tentunya, artikel biasa berbeda dengan artikel yang SEO friendly.
Berikut adalah beberapa perbedaan artikel biasa dengan artikel SEO friendly:

  • Kata kunci
    Perbedaan yang pertama antara artikel biasa dengan artikel SEO adalah penggunaan kata kunci. Dalam artikel biasa, penulis hanya berfokus dalam menulis artikel sesuai dengan topik yang ditentukan tanpa perlu melakukan riset kata kunci. Berlainan dengan artikel biasa, artikel yang ditulis untuk SEO diharuskan untuk menggunakan kata kunci yang tepat, sehingga diharuskan untuk melakukan penelitian kata kunci terlebih dahulu.

    Fungsi kata kunci dalam artikel yang dibuat pada situs adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam membaca artikel yang anda buat, sehingga selain artikel enak dan mudah dibaca oleh visitor, mesin pencari juga bisa membaca artikel anda 

  • Penulisan Judul
    Dalam artikel biasa, penulisan judul dibuat semenarik mungkin dan lagi, tanpa memperhatikan aturan SEO, yaitu menyisipkan kata kunci dalam judul. Sedangkan penulisan judul dalam artikel SEO dibuat menarik, unik, mengundang rasa penasaran bagi pengunjung dan yang pasti harus mengandung kata kunci yang dapat dibaca oleh mesin pencari. 

  • Tujuan Pembuatan
    Artikel yang SEO friendly dibuat selain bertujuan untuk memberikan informasi edukasi ataupun beriklan, artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mendatangkan trafik dari pencarian organik di mesin pencari google. Caranya adalah dengan berbagai optimasi yang dilakukan agar situs web bisa berada di laman paling depan mesin pencari google. Sedangkan artikel biasa memiliki tujuan murni untuk memberikan informasi tertentu tanpa memikirkan apakah artikel tersebut berada di laman terdepan google atau tidak.

  • Target Pembaca
    Tentunya, target pembaca semua artikel adalah manusia. Namun, berbeda dengan artikel biasa, artikel SEO mengharuskan penulis untuk membuat artikel yang dapat dibaca oleh bot mesin pencari dengan menyisipkan kata kunci yang relevan. Sehingga mesin pencari dapat mengklasifikasikan artikel yang anda buat sesuai dengan kata kunci yang anda pilih.

Apa kelebihan SEO dalam Bisnis Online

Tujuan optimasi mesin pencari adalah untuk meletakkan situs kita di halaman pertama mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon pembeli. Berikut adalah pentingnya SEO dalam bisnis online yang perlu anda ketahui :

  • Memikat Calon Pembeli
    Pembaca atau calon pembeli yang mencari suatu produk atau layanan jasa tertentu di mesin pencari umumnya hanya melihat situs yang muncul di halaman pertama google. Jarang sekali ada pembaca yang melihat halaman kedua ataupun ketiga di mesin pencari. Oleh karena itu, pemanfaatan SEO sangat berperan penting untuk memikat calon pembeli untuk masuk kedalam situs yang andaa miliki.

  • Efisien Waktu dan Tenaga
    Memanfaatkan website sebagai sarana untuk memasarkan produk atau jasa anda akan sangat memudahkan serta efisien dalam penggunaan waktu dan tenaga. Hal ini dikarenakan anda hanya perlu mengisi website anda dengan konten atau artikel yang berhubungan dengan produk anda satu kali, sehingga anda tidak perlu melakukan promosi secara berulang-ulang. Calon pembeli atau pengunjung akan mendapat insight produk anda dengan membaca konten artikel anda, dan bahkan dapat melakukan pembelian tanpa anda menjelaskan produk langsung kepada mereka.

  • Membangun Trust dan Kredibilitas
    Trust atau kepercayaan publik terhadap produk anda tidakah mudah untuk dibangun. Publik perlu tahu produk anda terlebih dahulu untuk selanjutnya mempercayakan produk anda sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh calon pembeli. Dengan situasi yang serba digital saat ini, sudah banyak perusahaan yang memiliki website resmi sendiri. Dengan memiliki website resmi yang berada di laman utama, calon pembeli tentunya lebih yakin untuk membeli produk anda dibanding jika anda menggunakan situs dengan domain yang tidak resmi dan belum terindex oleh google.

  • Tidak Menguras Kantong
    Jika anda bisa mengoptimasi website dan membuat artikel SEO friendly sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Namun, jika anda belum bisa melakukan keduanya, anda bisa menyewa jasa pembuatan artikel SEO dengan harga yang bervariasi, sesuai kualitas yang disajikan. Pun, uang yang anda keluarkan akan kembali dengan banyaknya trafik dalam situs anda jika situs anda ada di halaman pertama google. Berbeda dengan layanan iklan dengan jangkauan yang luas dan tidak spesifik, SEO lebih efisien bagi anda yang menginginkan budget promosi yang sedikit namun konversi penjualan yang banyak.

  • Target Spesifik
    Karena SEO memanfaatkan pencarian organik, maka hanya orang-orang yang mengetikkan kata kunci tertentu yang dapat menemukan situs anda. Hal ini justru menguntungkan karena target yang anda bidik lebih spesifik atau orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk anda sebagai solusi dari permasalahan mereka. 

  • Strategi Jangka Panjang
    Memiliki website yang tampil di halaman pertama google saat dilakukan suatu pencarian tertentu merupakan investasi jangka panjang karena jika laman anda sudah muncul di halaman pertama google, maka situs anda tidak akan mudah turun atau hilang dari halaman pertama. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena trafik akan semakin padat dan produk anda akan semakin dikenal oleh orang banyak.

  • Brand Awareness dan Engagement
    Setelah publik mengetahui produk dan layanan jasa yang anda sediakan, perlu dilakukan engagement atau komunikasi yang baik dengan para konsumen. Brand engagement diperlukan untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Dengan memanfaatkan artikel dalam SEO, anda hanya perlu menulis konten-konten terkait produk, dan mungkin menambahkan testimoni yang baik dari konsumen yang sudah menggunakan produk anda. Dengan begitu, produk anda akan lebih dipercaya oleh konsumen dan memungkinkan untuk repeat order

  • Meningkatkan Konversi Penjualan
    Dengan banyaknya pengunjung dalam situs anda, tentunya ada orang yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa layanan anda. Sehingga akan banyak juga orang yang akan melakukan berbagai tindakan, seperti berlangganan, merekomendasikan situs ke orang lain, maupun membeli produk dan layanan jasa anda

Setelah mengetahui banyak kelebihan artikel SEO dalam bisnis online, tidak ada salahnya anda mencoba untuk membuat artikel SEO friendly untuk situs resmi usaha anda. Bahkan sebaiknya anda segera membuat situs resmi anda sendiri dengan artikel yang mudah dibaca oleh mesin pencari karena di zaman yang sudah serba digital seperti ini, dunia maya utamanya google merupakan pasar terbaik yang menyediakan jutaan calon pembeli.

Namun, seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya, pembuatan artikel SEO friendly memiliki beberapa aturan dan berbeda jauh dengan artikel biasa. Jika anda masih kesulitan dalam membuat artikel SEO friendly atau membutuhkan jasa artikel SEO silahkan hubungi disini:


IMPro DIGITAL
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Contributor: An’nur Fairy Shal Salbilla | IMPro Digital