Pengertian SEO dan SEM serta Perbedaannya

Pages

Pengertian SEO dan SEM serta Perbedaannya

Pengertian SEO dan SEM serta Perbedaannya. Sebagai digital marketer, tentunya istilah SEO dan SEM sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang signifikan meskipun tujuan akhirnya sama. Lalu, apa perbedaan SEO dan SEM? Baca artikel ini sampai habis, ya! 


Perbedaan SEO dan SEM,pengertian SEO dan SEM,kelebihan Search Engine Optimization, Kelebihan Search Engine Marketing, kekurangan SEO

Pengertian SEO dan SEM

Search Engine Optimization atau yang sering disingkat sebagai SEO adalah sebuah proses yang dilakukan dalam rangka untuk mengoptimasi atau memaksimalkan sebuah situs web sehingga menempati peringkat paling atas dalam mesin pencari.

Sedangkan, Search Engine Marketing atau SEM adalah optimasi mesin pencari dengan memanfaatkan layanan iklan yang disediakan oleh mesin telusur. Apabila kalian mencari suatu topik tertentu dalam mesin pencari, kalian akan menemukan berbagai situs dengan topik yang relevan dengan kata kunci yang kalian ketikkan.

Beberapa diantaranya ada yang memiliki tulisan “iklan” atau “Ad” di sebelah kiri URL yang tertera. Nah, website yang memiliki tulisan “iklan” atau “Ad” disamping URL adalah situs yang memanfaatkan SEM sebagai alat pemasaran situs miliknya.

Sedangkan website yang tidak ada tulisan “iklan” atau “Ad” namun berada di laman pertama mesin pencari adalah situs teroptimasi yang pastinya memanfaatkan SEO sebagai alat promosi.
 

Perbedaan SEO dan SEM

Setelah mengerti pengertian SEO dan SEM dan sedikit perbedaannya, saya akan terangkan perbedaan keduanya secara poin-poin besar. Perbedaan SEO dan SEM yaitu adalah : 

  • Biaya
    Dari segi anggaran yang dikeluarkan untuk pemasaran menggunakan SEM memang lebih tinggi dari pada menggunakan SEO. Tidak ada patokan berapa dana yang harus dikeluarkan jika menggunakan metode SEM, karena harga iklan menyesuaikan seberapa sering orang mencari topik dengan kata kunci tertentu. Artinya, semakin sering publik mengetikkan suatu kata kunci dalam topik tertentu, maka harga iklan layanan SEM-nya akan semakin mahal.

    Berbeda dengan penggunaan SEO yang gratis. SEO memanfaatkan optimasi-optimasi tertentu yang memungkinkan situs kita berada di halaman utama mesin pencari. Namun, saat ini mesin pencari menerapkan beberapa regulasi yang mengharuskan para pemanfaat SEO memiliki skill tertentu agar situs webnya bisa menempati halaman utama mesin telusur.

  • Tampilan
    Tampilan situs yang memanfaatkan SEM berbeda dengan SEO. Situs yang menggunakan SEM untuk media pemasaran memiliki tulisan “Ad” atau “Iklan” di sebelah kiri URL website. 

  • Jangka waktu
    Waktu yang dibutuhkan bagi situs yang memanfaatkan SEO untuk menempati halaman utama mesin pencari, khususnya halaman pertama memang cukup lama. Dengan berbagai upaya optimasi yang baik pun, butuh waktu hingga beberapa bulan agar situs web kalian bisa masuk halaman pertama mesin telusur.

    Hal ini menyesuaikan dengan besarnya jumlah situs yang mengulas tentang topik yang kalian pilih. Semakin banyak situs yang mengulas, maka semakin besar persaingan dan semakin lama pula kalian membutuhkan waktu untuk meletakkan situs di halaman pertama mesin pencari. Berbeda dengan SEM, situs kalian pasti akan berada di halaman pertama, bahkan bisa berada di urutan pertama mesin telusur dengan cepat.

    Namun, situs dengan memanfaatkan SEM akan “turun” atau menghilang dari halaman pertama mesin telusur ketika kita kehabisan budget. Sedangkan SEO tidak akan turun dari halaman pertama dengan mudah, sesuai dengan optimasi dan penyesuaian dengan perkembangan mesin telusur.

  • Target Pengunjung
    Jika kalian menggunakan SEM, maka pengunjung situs kalian akan lebih spesifik. Hal ini dikarenakan kalian bisa memilih jenis pengunjung dengan demografi yang kalian inginkan, dari usia, wilayah, jenis kelamin, dan sebagainya. Sedangkan jika kalian menggunakan SEO, kalian harus meletakkan situs kalian di halaman pertama mesin pencari terlebih dahulu, kemudian kalian analisis apakah target audiens kalian sesuai dengan yang diharapkan.


Kelebihan Search Engine Optimization

Setelah mengetahui beberapa perbedaan SEO dan SEM, kalian harus tahu kelebihan yang bisa didapat dari pemanfaatan SEO, yaitu sebagai berikut :

  • Gratis
    Dalam pemanfaatan SEO tidak dikenakan biaya yang dibayarkan kepada mesin pencari. Namun, dalam mengoptimasi untuk memaksimalkan kinerja website agar bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari tentunya ada waktu dan tenaga yang perlu dikorbankan. Sehingga meskipun SEO gratis, butuh usaha lain untuk memaksimalkan hasil pemanfaatan SEO. 

  • Menunjang kredibilitas
    Umumnya, audiens hanya akan melihat situs-situs di halaman pertama mesin telusur. Dengan memiliki situs resmi yang sudah teroptimasi, situs yang kalian buat mudah ditemukan oleh calon konsumen, sehingga calon konsumen percaya bahwa layanan yang kalian sediakan benar-benar relevan dengan kebutuhan mereka. Hal ini akan menunjang kepercayaan audiens kepada situs kalian, sehingga situs kalian dinilai kredibel atau dapat diandalkan.

  • Long-term investation.
    SEO merupakan investasi jangka panjang situs kalian karena jika kalian berhasil mengoptimasi situs kalian dengan baik dan situs kalian ada di halaman pertama mesin pencari, situs kalian akan tidak mudah turun atau hilang. Sehingga, meskipun sedikit lama dalam proses optimasi, hasil yang didapat bisa berdampak besar terhadap trafik organik bahkan konversi penjualan kalian.


Kelebihan Search Engine Marketing

SEM dalam digital marketing memiliki beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan, yaitu diantaranya :

  • Branding lebih Cepat
    Hasil yang didapat jika memanfaatkan SEM bisa lebih cepat dilihat dibandingkan dengan SEO. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan SEM, tidak perlu melakukan berbagai optimasi, situs kalian akan berada di halaman pertama mesin telusur. Maka, publik menjadi lebih aware dan tahu terhadap produk kalian.

  • Target lebih Spesifik
    Dalam memanfaatkan SEM, kalian bisa mengatur demografi audiens yang kalian targetkan, sehingga pengunjung website sesuai dengan yang diharapkan.

  • Selalu muncul di Halaman Pertama
    Situs kalian pasti berada di halaman pertama mesin telusur, entah di urutan satu, dua, tiga, ataupun empat, sesuai dengan relevansi kata kunci yang kalian pilih. Hal ini merupakan poin utama dalam pemanfaatan SEM karena kalian tidak perlu susah-susah mengoptimasi situs kalian.


Kekurangan Search Engine Optimization

  • Membutuhkan Waktu Lama
    Optimasi SEO tentunya membutuhkan waktu lama, mungkin berbulan-bulan untuk menempatkan website di halaman pertama mesin pencarian. Artinya, SEO tidak cocok digunakan untuk campaign promosi yang membutuhkan waktu singkat.

  • Butuh skill tertentu
    Seiring berjalannya waktu, banyak perubahan-perubahan yang dilakukan mesin telusur untuk memperbaiki performanya. Artinya, untuk membuat konten yang sesuai dengan SEO dan segala bentuk optimasinya berubah secara dinamis. Hal ini tentunya membuat orang awam membutuhkan skill untuk dapat meningkatkan kinarja websitenya agar dapat tampil di halaman pertama mesin telusur. Berbeda dengan SEM, aturan yang ditetapkan tidak berubah-ubah dan lebih mudah dalam mengoperasikannya. 

    Perbedaan SEO dan SEM,pengertian SEO dan SEM,kelebihan Search Engine Optimization, Kelebihan Search Engine Marketing, kekurangan SEO

Kekurangan Search Engine Marketing

  • Memiliki Jangka Waktu
    Search Engine Marketing adalah pemanfaatan sebuah layanan iklan di mesin telusur. Tentunya jika dana yang disediakan telah habis, maka iklan tidak akan tayang lagi, atau situs anda akan menghilang dari halaman pertama mesin telusur.

  • CTR Mungkin Rendah.
    Umumnya audiens akan lebih memilih situs yang tidak memiliki embel-embel “iklan” atau “Ad”. Hal ini mempengaruhi CTR (Click Through Rate) atau klik untuk mengnjungi situs anda. Hal ini dikarenakan audiens mengira bahwa iklan yang dimaksud adalah iklan yang tidak berkaitan dengan konten yang dicari. Sehingga, perlu dipilih judul yang unik dan mengundang rasa penasaran audiens sehingga audiens mau untuk mengunjungi situs anda.


Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan perbedaan SEO dan SEM adalah keduanya memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pemanfaatan yang paling baik adalah menggunakan kedua metode.

Kita dapat menggunakan SEM untuk mempromosikan situs kita agar mendapat pengunjung yang banyak, dengan beriringan kita mengoptimasi situs kita menggunakan SEO agar situs kita tetap berada di halaman pertama mesin telusur. Hal ini juga harus disesuaika dengan dana yang dimiliki dan tujuan yang ingin dicapai. Nah, untuk membuat konten artikel yang SEO friendly ataupun SEM friendly tentunya diharuskan memiliki skill tertentu.

Bagi kalian yang memiliki kendala dalam membuat artikel SEO dan SEM friendly bisa langsung menghubungi kami untuk konsultasi, atau untuk mendapatkan jasa artikel SEO. Info lebih lanjut hubungi:

IMPro Digital 
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933
http://kursusinternetmarketing.improduk.com