Tips Magang Hari Pertama dan Ini Tips Suksesnya

Pages

Tips Magang Hari Pertama dan Ini Tips Suksesnya


Tips Magang Hari Pertama dan Ini Tips Suksesnya - Dalam artikel kali ini, saya akan menerangkan seputar tips dan trik agar magang kalian lancar dan sukses, serta menerangkan beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh teman-teman semua. Mulai dari persiapan magang di hari pertama, tips memilih tempat magang, hingga bagaimana cara menjadi anak magang yang baik. So, jangan sampai kelewatan infonya, ya!

Tips Magang Hari Pertama,Tips Memilih Tempat Magang,Tips Mencari Tempat Magang,Tips Sukses Magang

Apa Yang Harus Dilakukan di Hari Pertama Magang?

Untuk membuka artikel kali ini, saya akan menerangkan beberapa tips magang hari pertama. Di hari pertama, yang harus diperhatikan saat magang adalah memberikan kesan pertama yang baik. Oleh karena itu, simak beberapa tips hari pertama magang dibawah ini!

  • Survey Lokasi
    Survey lokasi sangat penting buat kalian yang masih belum tahu dan belum pernah mengunjungi lokasi magang. Memang terdengar sepele dan remeh, tetapi jika diabaikan bisa-bisa kalian terlambat di hari pertama magang. Bisa jadi tempat magang tidak sesuai dengan lokasi di maps, atau malah, kalian terjebak macet karena belum tahu rute mana yang paling cepat untuk menuju lokasi magang. Maka dari itu, selalu survey lokasi tempat magang kalian, maksimal sehari sebelum magang berlangsung agar kalian lebih siap, ya!

  • Jangan Molor!
    Hari pertama merupakan kesan pertama bagi perusahaan. Jangan sampai kamu meninggalkan kesan buruk sebagai orang yang tidak tepat waktu bagi perusahaan. Ketepatan waktu juga menjadi salah satu tolok ukur perusahaan untuk melihat seberapa serius kamu menghargai waktu. Bagi temen-temen yang terbiasa datang mepet atau bahkan terlambat, usahakan untuk datang 15 atau 30 menit sebelum magang berlangsung.

  • Pakaian Rapi
    Saat kamu diterima magang, pastikan kamu sudah mengetahui beberapa peraturan yang diberlakukan di perusahaan tersebut, salah satunya adalah dress code atau pakaian. Jangan sampai kamu salah kostum yang membuat kamu jadi tidak nyaman selama proses magang berlangsung. Kamu jadi tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu karena penampilanmu berbeda dari yang seharusnya atau yang sudah diatur oleh perusahaan. Ingat, hari pertama adalah impresi awal perusahaan. Jangan sampai kalian dianggap lalai dengan peraturan hanya karena kalian tidak tahu aturan berpakaian yang tepat. Biasanya, industri kreatif ataupun startup membebaskan karyawan dan peserta magang untuk berpakaian, namun untuk perusahaan milik pemerintah, bank, dan perusahaan industri memiliki aturan berpakaian tersendiri.

  • Sapa Pembimbing Lapangan
    Hal lain yang terdengar sepele namun berdampak besar buat peserta magang adalah menyapa pembimbing lapangan. Apabila kalian adalah orang yang pemalu, usahakan untuk tetap menyapa pembimbing lapangan kalian. Hal ini bertujuan untuk mencairkan suasana, mengenal pembimbing lapangan dan mengasah skill komunikasi. Menyapa pembimbing lapangan dengan sopan santun merupakan salah satu bagian dari attitude yang baik. Tinggalkan first impression yang baik bagi pembimbing lapanganmu agar kegiatan magang kalian makin lancar di kemudian hari.

  • Proaktif
    Saat hari pertama, kemungkinan besar agenda yang dilakukan adalah pengenalan perusahaan, tapi tidak menutup kemungkinan bagi kalian untuk langsung diberi pekerjaan oleh instruktur. Nah, ketika diberikan tugas, pahami dulu tugas kalian dan kerjakan sesuai dengan instruksi. Ketika menemui kesulitan, tidak ada salahnya kalian tanyakan atau konsultasikan langsung dengan pembimbing lapangan agar pekerjaan kalian tidak melenceng jauh dari yang seharusnya. Setelah pekerjaan atau tugas yang diberikan selesai, jangan lupa tawarkan bantuan kepada rekan atau karyawan lain yang membutuhkan. Hal ini perlu dilakukan agar kalian bisa membangun jaringan pertemanan yang baik dengan lingkungan sekitar kalian.


Tips Sukses Magang

Setelah tahu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum magang di hari pertama, kalian bisa mencoba beberapa tips yang akan membuat kalian sukses selama magang. Pengertian sukses disini adalah kalian bisa menaikkan value kalian di mata perusahaan, utamanya instruktur atau pembimbing lapangan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat magang agar tujuan magang sukses kalian tercapai.

Berikut adalah tips agar harapan mengikuti magang kalian tercapai, diantaranya:

  • Kenali Minat Bakat dan Kemampuan
    Sebelum magang, kenali dulu minat bakat kalian dan kecocokan dengan perusahaan yang dituju. Mengenali minat dan bakat bisa membantu kalian menjadi lebih produktif dan makin bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan saat magang, sehingga kalian tidak akan gampang jenuh dan bosan saat magang. Selain minat dan bakat, kalian juga perlu memperhatikan requirements yang diperlukan untuk posisi magang tersebut, apakah kalian mampu memenuhinya atau tidak. Karena meskipun kalian berminat dan memiliki bakat di bidang magang tersebut tapi tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakan berbagai syarat lain maka kalian akan kesulitan kedepannya.

  • Kenali Perusahaan
    Mengenali perusahaan, terutama budaya kerja merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar peserta magang dapat sukses selama magang. Dengan mengenali identitas perusahaan, tujuan perusahaan dan utamanya budaya kerja kalian bisa beradaptasi dengan mudah. Hal ini disebabkan karena apabila kalian mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa yang ada di perusahaan, kalian menjadi mengerti bagaimana kalian harus bersikap dan bagaimana kalian menanggapi suatu situasi sosial dalam perusahaan. 

  • Jangan Malu untuk Bertanya
    Malu bertanya bertanya adalah kebiasaan buruk yang masih ada hingga saat ini. Program magang diselenggarakan dalam rangka proses pembelajaran, merupakan hal yang sangat wajar bagi peserta magang untuk bertanya kepada instruktur lapangan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan waktu dan etika dalam bertanya.

  • Bersikap Proaktif
    Bersikap proaktif menunjukkan keseriusan kalian dalam melaksanakan kegiatan magang. Kalian akan lebih dilirik oleh perusahaan jika kalian produktif, inovatif, dan solutif terhadap permasalahan yang muncul. Apakah anak magang bisa jadi karyawan? Tergantung kebijakan perusahaan masing-masing, ya. Tetapi, dengan bersikap proaktif dan selalu memberikan solusi terhadap permasalahan, kamu bisa banget dilirik oleh perusahaan untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

  • Perhatikan Attitude dan Etika
    Ketika kalian melaksanakan magang, perusahaan akan menilai bagaimana kalian bersikap dalam menghadapi sebuah situasi. Oleh karena itu, attitude dan etika magang perlu kalian terapkan sebaik mungkin dengan cara menghormati instruktur dan karyawan lain, bersikap sopan santun, ramah kepada rekan lain dan sebagainya.

Kesalahan Anak Magang

Kesalahan anak magang? memangnya apa yang tidak boleh dilakukan saat magang, ya? Buat kalian yang sedang magang atau akan magang, berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika melaksanakan Progam Magang:

  • Bersikap Pasif
    Yang dimaksud magang adalah belajar dengan mempraktekan langsung di lapangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi magang adalah untuk belajar. Apabila kalian bersikap pasif dan hanya mengikuti perintah tanpa berdiskusi, kalian tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Jadi, usahakan untuk selalu aktif dalam berdiskusi dengan rekan lain atau instruktur lapangan. Jika ada pertanyaan yang sifatnya krusial, segera tanyakan. Jika ada hal yang tidak kalian mengerti, segera tanyakan. Sehingga, kalian bisa mengambil banyak ilmu setelah kegiatan magang dilaksanakan.

  • Tidak Bisa Beradaptasi
    Mengikuti program magang artinya kalian masuk di dunia kerja yang berbeda dengan dunia pendidikan. Artinya, kalian masuk kedalam lingkungan baru dengan budaya yang baru juga. Jika kalian tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru maka kalian akan kesulitan untuk belajar, sehingga harapan yang diinginkan setelah magang tidak dapat tercapai.

  • Tidak Meminta Umpan Balik (feedback)
    Peserta magang biasanya malu untuk meminta feedback dari instruktur lapangan. Padahal feedback atau umpan balik sangat penting untuk mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan. Evaluasi kegiatan magang sangat penting karena peserta magang bisa menggali lebih dalam penyelesaian permasalahan dan alternatifnya.

  • Bolos dan Tidak on-time
    Sering membolos dan tidak tepat waktu merupakan kesalahan terbesar peserta magang. Perusahaan mana pun pasti tidak menyukai peserta magang yang tidak menghargai waktu. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu masuk tepat waktu, atau 15 menit sebelum kegiatan dimulai.

  • Pilih-pilih Pekerjaan
    Kesalahan lain yang masih terjadi selama magang adalah pilih-pilih kerjaan, bahkan menolak pekerjaan. Biasanya pekerjaan yang ditolak merupakan pekerjaan yang remeh seperti fotocopy dan sejenisnya. Namun, perlu kalian sadari bahwa keahlian kalian masih berada jauh dibawah karyawan atau pembimbing lapangan kalian. Ketika kalian diberi pekerjaan yang sepele, kerjakan sebaik mungkin agar kalian dapat membangun kepercayaan pembimbing lapangan kalian untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih besar.

Tips Mencari Tempat Magang

Nah, setelah mengetahui tips dan trik sukses magang serta kesalahan yang harus dihindari, kita masuk ke bagian terakhir yaitu mencari tempat magang. Sebaiknya, kalian jangan asal mencari tempat magang, ya. Melainkan melihat beberapa aspek seperti berikut :

  • Lokasi yang Sesuai
    Lokasi magang merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh para pencari tempat magang, seperti jarak tempuh dan akses jalan. Sebaiknya, carilah tempat magang yang masih dapat dijangkau dan mudah akses transportasinya, pertimbangkan juga waktu tempuh agar kamu bisa selalu datang tepat waktu. Jangan lupa untuk cek website magang dari perusahaan yang resmi agar kalian tidak terkena penipuan, ya!

  • Skill dan Pengetahuan yang akan Didapat
    Sebelum apply kegiatan magang di sebuah perusahaan, sebaiknya lihat terlebih dulu deskripsi pekerjaannya dan perkirakan skill apa yang akan kalian dapat. Magang di sebuah perusahaan ternama akan percuma jika pekerjaan yang kalian lakukan tidak sesuai dengan target skill yang ingin kalian dapatkan.

  • Jangka Waktu Magang
    Mungkin bagi teman-teman ada yang masih bingung, magang semester berapa? Atau apakah bisa magang semester 4? Atau bahkan, bisakah magang fresh graduate? Umumnya, magang dilaksanakan oleh mahasiswa semester akhir. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, pasti banyak kegiatan yang perlu dilakukan, sehingga jangka waktu magang harus dipertimbangkan dan dikomunikasikan dahulu dengan perusahaan penyelenggara kegiatan magang. Bagi teman-teman fresh graduate, pasti memiliki waktu yang lebih longgar sehingga aspek yang dilihat bukan lagi waktu, tapi outcome yang akan didapat. 

  • Lingkungan Kerja
    Last but not least, lingkungan kerja bisa menentukan performa kamu saat magang. Misalnya saja, bandingkan kamu magang di tempat yang penuh dengan orang toxic dan di tempat yang suportif serta friendly dengan output skill yang sama. Pasti kamu akan memilih tempat magang dengan orang-orang yang friendly, kan? Oleh karena itu, penting untuk melihat profil perusahaan dan tanya-tanya dengan teman atau kakak tingkat yang pernah magang di perusahaan tersebut.


Nah, outcome magang magang bisa banget didapat secara maksimal apabila kalian memiliki lingkungan magang yang edukatif, asyik dan suportif.

Buat kalian yang lagi cari info magang untuk mahasiswa atau umum, internship, PKL SMK, Prakerin dan sejenisnya, bisa banget bergabung dengan keluarga besar kami. Banyak sekali alumni jebolan keluarga IMPro Digital yang puas dengan kegiatan magang. Selain menambah wawasan, magang di IMPro Digital juga asyik dengan coach yang profesional.

Jadi, tunggu apa lagi?
Keseruan magang sudah menunggu, yuk segera gabung!
Untuk info lebih lanjut bisa hubungi disini:


IMPro Digital 
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

https://magangdi.improduk.com


Contributor: An’nur Fairy Shal Salbilla | IMPro Digital