Apa itu Backlink, Fungsi, Jenis-Jenis dan Cara Mendapatkan Backlink

Pages

Apa itu Backlink, Fungsi, Jenis-Jenis dan Cara Mendapatkan Backlink

Apa itu Backlink, Fungsi, Jenis-Jenis dan Cara Mendapatkan Backlink. Bagi anda yang telah mengenal Search Engine Optimization, tentunya tidak asing lagi dengan salah satu metode optimasi off-page, yaitu backlink. Dalam artikel ini saya akan membahas lengkap seputar pengertian backlink hingga cara mendapatkan backlink secara gratis serta tools yang dapat digunakan. Jadi, simak terus artikel ini sehingga anda akan mendapat insight lengkap mengenai backlink! 

Pranala luar atau yang lebih familiar disebut dengan backlink adalah sebuah metode optimasi yang dilakukan secara off-page dalam Search Engine Optimization. Cara mendapatkan backlink adalah dengan menanamkan link milik situs anda kedalam situs orang lain. Mudahnya, backlink adalah ketika sebuah situs merekomendasikan situs anda dalam rangka membangun kredibilitas situs anda.

Contohnya, jika anda membuat sebuah artikel, kemudian seseorang mengambil beberapa materi dari artikel yang anda buat dan menuliskan sumber berupa backlink yang mengarah pada situs anda. Artinya situs anda telah dipercaya dan layak untuk dibaca publik, bukan? Begitu pula dengan cara kerja mesin telusur. Bot mesin telusur akan melihat seberapa banyak backlink yang mengarah kepada situs anda untuk menilai kualitas konten dalam situs anda. Semakin banyak backlink berkualitas maka akan semakin mempermudah situs anda untuk meraih peringkat dalam SERP halaman pertama. 

Apa itu Backlink, Fungsi backlink, Jenis-jenis Backlink, Cara mendapat backlink gratis berkualitas, backlink free tool

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi atau kegunaan backlink adalah sebuah penunjang untuk mendapatkan peringkat dalam SERP halaman pertama. Hal ini disebabkan karena selain kredibilitas situs anda akan meningkat, trafik dalam situs anda juga akan meningkat.

Berikut adalah jenis-jenis backlink berdasarkan asalnya dan sumber kode perintah oleh penulis.

  • Berdasarkan asal backlink
    Berdasarkan sumbernya, backlink dibagi menjadi 2, yaitu backlink berkualitas (good quality backlink) dan backlink toksik (toxic backlink)

    • Backlink berkualitas
      Pengertian dari backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang memiliki kredibilitas tinggi atau terpercaya, biasanya situs dengan otoritas yang tinggi. Selain itu, topik yang dibahas oleh situs tersebut harus berkaitan dan relevan dengan konten yang anda buat.  

    • Backlink toksik
      Jenis backlink yang toksik sebaiknya dihindari karena website anda berpotensi untuk terkena penalti atau bahkan terkena deindex atau dihilangkan oleh mesin telusur. Backlink yang toksik berasal dari spam komentar, atau backlink yang berasal dari situs yang kontennya sama sekali tidak relevan dengan topik yang dibahas. Atau, bisa juga backlink yang berasal dari situs yang tidak atau belum terindeks oleh mesin telusur.

      Hal ini mengindikasikan bahwa anda sedang melakukan manipulasi ranking atau mencurangi mesin telusur untuk mendapat peringkat di halaman pertama. Situs yang tidak terpercaya seperti situs judi juga tidak disarankan untuk menanamkan backlink kedalam website anda.

  • Berdasarkan Kode Sumber
    Berdasarkan kode sumbernya, backlink dibagi menjadi 2, yaitu backlink dofollow dan nofollow. Lalu, apa itu nofollow dan dofollow dalam backlink?

    • Dofollow
      Apa itu dofollow backlink? Seperti yang kita ketahui bahwa bot mesin telusur selalu melakukan perayapan atau yang umumnya disebut dengan crawling. Fungsi dari crawling sendiri adalah untuk menganalisis konten dari sebuah website, kemudian disimpan dalam perpustakan raksasa, atau Search Engine Database. Perintah dofollow dalam backlink memiliki arti untuk mengizinkan bot mesin untuk mengikuti dan menelusuri link tersebut.

      Artinya, ketika bot mesin pencari crawling di sebuah situs dan situs tersebut memberikan backlink kepada situs anda, maka bot juga akan menelusuri situs anda karena perintah dofollow. Backlink dofollow adalah backlink yang sangat bernilai karena dapat mempercepat proses pengindeksan, dapat meningkatkan kredibilitas situs, bahkan mendapatkan trafik.

    • Nofollow
      Berkebalikan dengan dofollow, backlink dengan perintah nofollow adalah tidak mengizinkan bot mesin telusur untuk mengikuti atau tidak memeriksa situs terkait. Jadi, ketika bot mesin pencari melakukan crawling di situs yang memberikan backlink nofollow kepada situs anda, bot tidak akan memeriksa atau crawling dalam situs anda.

      Mungkin terdengar tidak baik, namun backlink nofollow memiliki beberapa manfaat bagi situs anda. Website anda akan terlihat lebih natural oleh bot mesin pencari, karena terlalu banyak backlink dofollow juga dapat menimbulkan indikasi spam. Backlink nofollow biasanya didapat dari beberapa media sosial, komentar blog, dan forum diskusi lainnya.

Cara Mendapat Backlink Gratis Berkualitas

Nah, setelah memahami jenis-jenis backlink, tentunya akan timbul pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas, namun tetap hemat biaya? Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas :

  • Konten Menarik dan Berguna
    Hal pertama untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan gratis tanpa membayar sepeserpun adalah dengan membuat konten yang menarik, informatif, dan banyak dicari oleh orang. Tentunya, untuk membuat konten semacam ini diperlukan riset pengguna mesin telusur serta pembuatan artikel yang dapat mengundang rasa penasaran dari audiens. 

  • Bangun Network
    Relasi atau networking tentunya berperan penting dalam mendapatkan backlink. Hal ini dikarenakan relasi dapat meningkatkan awareness atau pengetahuan orang lain terhadap situs anda. Semakin banyak orang yang mengetahui situs anda, semakin besar potensi situs anda mendapatkan backlink. Selain itu, anda juga bisa membangun relasi dengan influencer atau orang dengan followers yang banyak dan melakukan kolaborasi untuk meningkatkan trafik dalam situs anda.

  • Guest Post
    Untuk mendapatkan backlink, anda dapat menulis guest post, atau menjadi penulis kontributor dalam website lain, kemudian memberikan referensi sumber atau backlink kepada situs anda sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian topik atau niche antara website lain dengan situs anda, sehingga tidak menimbulka toxic backlink.

Backlink Free Tool

Tool berikut dapat digunakan secara gratis untuk memberikan backlink terhadap situs anda dan akan meningkatkan penilaian bot mesin pencari terhadap website anda. Berikut saya rekomendasikan beberapa tool gratis yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink :

  • Dofollow
    Anda dapat menggunakan perintah dofollow ketika menggunakan beberapa tools gratis dibawah ini :

    • Crunchbase
    • About.me
    • Reddit
    • Producthunt
    • Google My Business

  • Nofollow
    Sedangkan anda akan mendapat backlink nofollow jika anda menggunakan beberapa tools gratis berikut :

    • Linkedin
    • Medium
    • Steemit
    • Youtube
    • Facebook
    • Twitter
    • Slideshare
    • Quora
    • Scribd


Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa backlink merupakan salah satu metode dalam upaya optimasi SEO off page untuk mendapatkan peringkat SERP di halaman pertama. Backlink memiliki jenis good quality backlink dan toxic backlink berdasarkan asal atau sumber backlink. Sedangkan menurut kode perintah, backlink memiliki jenis dofollow dan nofollow yang keduanya harus seimbang agar tidak menimbulkan indikasi spam oleh mesin telusur.

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow adalah dofollow berarti mengizinkan mesin pencari untuk menelusuri asal dari backlink tersebut, sementara backlink nofollow tidak mengizinkan bot mesin pencari untuk mengunjungi situs backlink.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa dalam memanfaatkan SEO off page juga perlu optimasi SEO on page. Keduanya harus dijalankan beriringan untuk mendapat peringkat dalam SERP halaman pertama. Optimasi SEO on page memiliki unsur utama, yaitu konten berupa artikel SEO friendly. Bagi anda yang ingin berkonsultasi seputar backlink dan utamanya Jasa artikel SEO friendly, bisa hubungi:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933
http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Contributor: An’nur Fairy Shal Salbilla | IMPro Digital

Tags : Apa itu Backlink, Fungsi backlink, Jenis-jenis Backlink, Cara mendapat backlink gratis berkualitas, backlink free tool, backlink adalah, backlink dofollow, backlink dofollow adalah, backlink nofollow, fungsi backlink, kegunaan backlink, cara mendapatkan backlink gratis, pengertian backlink, perbedaan backlink dofollow dan nofollow, apa itu nofollow dan dofollow? Jasa artikel SEO friendly, Search Engine Optimization, SEO off page