Apa yang dipelajari di SMK Jurusan Tata Boga dan Peluang Kerjanya

Pages

Apa yang dipelajari di SMK Jurusan Tata Boga dan Peluang Kerjanya

Apa yang dipelajari di SMK Jurusan Tata Boga dan Peluang Kerjanya - Jika mendengar Jurusan Tata Boga, apa yang kamu pikirkan? Memasak dan membuat kue? Ternyata, cangkupan dari jurusan ini sangat luas, lho! Pekerjaan untuk SMK jurusan tata boga itu apa saja, ya? 

Apa yang dipelajari di SMK Jurusan Tata Boga,SMK Jurusan Tata Boga Kerja Apa

Lalu, jurusan tata boga bisa kuliah jurusan apa? Jika masih bingung, kamu yang ingin mengambil jurusan tata boga di SMK sebaiknya membaca artikel dibawah ini sampai habis, agar kamu tidak ketinggalan info penting yang sering ditanyakan oleh orang-orang mengenai SMK Jurusan Tata Boga.

SMK Jurusan Tata Boga

Kita kenalan dulu dengan jurusan tata boga, yuk. Apa itu jurusan tata boga? Jurusan tata boga adalah jurusan yang mempelajari tentang seni mengolah makanan dan minuman, mulai dari persiapan memasak, pengolahan dan pemrosesan, hingga cara-cara menghidangkan makanan di meja makan.

Dalam jurusan ini, kamu bisa mengambil 2 peminatan, yaitu patiseri dan jasa boga. Apa perbedaan dari kedua peminatan tersebut, dan mata pelajaran apa saja yang akan diajarkan di jurusan ini? Baca terus yuk!

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Tata Boga?

Setelah kenalan dengan jurusan tata boga, kita mengenal ada dua peminatan, yaitu patiseri dan jasa boga. SMK jurusan tata boga belajar apa saja? Jika kamu mengambil peminatan patiseri, kamu akan mendalami erbagai hal tentang cara membuat roti dan kue, serta teknik-teknik menghias kue.

Jadi, kue yang akan kamu hidangkan didepan klien atau konsumen tidak hanya enak dimakan namun juga indah untuk dilihat. Sedangkan peminatan jasa boga sendiri lebih luas cangkupannya, dan umumnya lebih condong ke main dish atau hidangan utama. Kamu akan belajar mengenai pengolahan makanan khas daerah Indonesia, makanan kontinental dan campuran keduanya atau fusion food.

SMK jurusan tata boga ngapain aja, sih? Apakah hanya masak saja? Tidak, ya, teman-teman. Meskipun siswa SMK tata boga menghabiskan waktunya lebih banyak praktek di laboratorium pengolahan makanan, tetapi siswa juga diwajibkan belajar mengenai ilmu teoritis, seperti bahasa, agama, dan pendidikan kewarganegaraan.

Mata pelajaran SMK jurusan tata boga juga mencangkup ilmu gizi dasar, sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, dan boga dasar. Sehingga, selain mahir dalam memasak, lulusan SMK jurusan tata boga diharapkan bisa bekerja secara profesional di lingkungan kerjanya.

Apakah SMK Tata Boga Harus Bisa Bahasa Inggris?

Nah, ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang. Apakah SMK tata boga harus bisa bahasa inggris? Kemampuan berbahasa inggris sangat dibutuhkan dalam bidang keilmuan apapun, termasuk juga tata boga.

Mengingat derasnya arus globalisasi saat ini, seluruh orang di seluruh dunia memerlukan bahasa yang sama untuk memudahkan komunikasi, yaitu bahasa inggris. Sebenarnya masih belum ada peraturan tertulis yang mengharuskan siswa jurusan tata boga pintar bahasa inggris.

Namun, jika kamu mahir dalam berbahasa inggris, kamu akan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sainganmu dalam mencari kerja. Umumnya perusahaan akan lebih memilih orang yang bisa berbahasa Inggris, sehingga perusahaan akan lebih memilih kamu daripada calon karyawan lain.

Jika kamu tidak menyukai bahasa inggris pun juga tidak apa-apa, kamu bisa meningkatkan skill kamu di bahasa yang lebih kamu sukai. Kemampuan berbahasa asing sangat penting dalam jurusan tata boga. Maka, persiapkan diri kamu dengan berbagai skill berbahasa asing, ya!

Apakah SMK Tata Boga Bisa Kuliah?

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi adalah hak dari setiap orang yang telah menyelesaikan SMA/SMK atau setara. Jadi, siswa SMK jurusan tata boga sangat bisa untuk melanjutkan kuliah! Lalu, jurusan tata boga kuliah jurusan apa, ya?

Beberapa jurusan dibawah adalah rekomedasi jurusan kuliah untuk kamu yang lulus dari SMK jurusan tata boga!

  • Jurusan Tata Boga
    Yang pertama tentunya jurusan tata boga. Kamu bisa mendalami semua mata pelajaran yang telah kamu dapatkan selama SMK. Kamu memiliki kesiapan yang lebih matang daripada mahasiswa lain karena sudah mempelajari ilmu tata boga dari SMK.

  • Jurusan Ilmu Gizi
    Rekomendasi selanjutnya adalah jurusan ilmu gizi. Karena kamu sudah mempelajari gizi dasar di SMK, tentunya kamu memiliki bekal untuk memperdalam keilmuan gizi, bukan? Kamu akan mempelajari ilmu bahan pangan, gizi kuliner, biokimia gizi, hingga pengembangan produk pangan.

  • Jurusan Baking and Pastry Art
    Jika kamu mengambil peminatan patiseri, kamu akan cocok jika mengambil kuliah jurusan baking and pastry art. Dalam jurusan ini  kamu akan lebih berfokus pada persiapan dan pengolahan, penggunaan berbagai alat patiseri dan dasar-dasar patiseri.

    Tujuannya adalah agar kamu mengerti dan memahami cara membuat roti dan kue dengan kualitas yang baik, rasa yang enak dan indah dilihat. 

  • Jurusan Manajemen Kuliner
    Nah, jika kamu dari jurusan tata boga namun tidak terlalu mahir memasak, kamu bisa mengambil jurusan manajemen kuliner. Kamu akan diajarkan pengelolaan restoran secara praktisnya, seperti operasional tata boga, supervisi tata boga, manajemen SDA, pemasaran dan franchise management. 

  • Jurusan Bisnis Kuliner
    Kalau kamu memiliki jiwa berbisnis dan membuka lapangan pekerjaan, kamu bisa melanjutkan ke kuliah jurusan bisnis kuliner. Kamu bisa membuka usaha seperti katering dan usaha makanan yang lain.

  • Jurusan Teknologi Pangan
    Masih ada hubungannya dengan makanan, jurusan teknologi pangan mempelajari tentang sifat fisik dan kimia bahan makanan serta mikrobiologinya. Harapannya, setelah kamu lulus dari jurusan teknologi pangan bisa mengembangkan dan menemukan inovasi makanan yang lebih tahan dan membawa banyak manfaat bagi umat manusia. 

SMK Jurusan Tata Boga Kerja Apa?

Lulusan SMK jurusan tata boga jadi apa, sih?
Jika kamu ingin langsung bekerja setelah lulus dari SMK, kamu bisa berkarir dengan beberapa pilihan pekerjaan berikut :

  • Koki
    Setelah lulus dari SMK Jurusan Tata Boga, kamu bisa menjadi seorang koki di sebuah hotel ataupun kapal pesiar. Biasanya, lulusan SMK hanya bisa menjadi asisten koki saja, namun jika kamu gigih dan pantang meyerah, kamu juga bisa menjadi kepala koki, lho!

  • Baker
    Baker atau pembuat kue juga bisa kamu jadikan pilihan dalam berkarir di masa depan. Sama seperti koki, kamu juga harus menjadi asisten koki terlebih dahulu untuk menjadi kepala baker.

  • Food blogger
    Dengan semakin berkembangnya zaman, kamu juga bisa memanfaatkan dunia digital sebagai ladang mencari uang. Sebagai food blogger, kamu akan membagikan berbagai review tentang makanan dan memberikan penilaian untuk orang yang penasaran terhadap makanan tersebut.

    Tidak hanya di blog saja, kamu juga bisa membagikan review tersebut di media sosial seperti facebook, instagram dan bahkan youtube. Penghasilan awal menjadi food blogger mungkin memang kecil, tapi lama kelamaan kamu akan mendapat penghasilan tetap dari adsense.

  • Wirausaha
    Kamu juga bisa membuka wirausaha seperti usaha katering atau toko kue, sehingga kamu lebih fleksibel dalam bekerja dan bisa membuka lapangan pekerjaan kepada orang lain.



Bagaimana, apakah kamu semakin tertarik untuk memasuki SMK jurusan tata boga? Oh iya, jika berbicara tentang SMK, pasti tidak lepas dari yang namanya PKL dan Prakerin, bukan? 

Jika kamu bingung mencari tempat PKL dan Prakerin, bergabunglah bersama IMPro Digital! IMPro Digital adalah pelaku usaha yang bergerak di bidang digital marketing. Seiring dengan berkembangnya teknologi, keahlian digital memang sangat diperlukan.

Disini, kamu bisa mengembangkan kemampuan kamu di dunia digital, khususnya pemasaran. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan magang kamu di tempat lain, ya!

Untuk informasi pendaftaran kamu bisa hubungi CP dibawah ini:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

http://kursusinternetmarketing.improduk.com


Tags : smk jurusan tata boga ngapain aja, smk jurusan tata boga kuliah jurusan apa, lulusan smk jurusan tata boga bisa kerja apa, smk jurusan tata boga belajar apa saja, mata pelajaran smk jurusan tata boga, pekerjaan untuk smk jurusan tata boga, pelajaran smk jurusan tata boga, jurusan tata boga, jurusan tata boga adalah, jurusan tata boga kerja apa, jurusan tata boga jadi apa, jurusan tata boga bisa kuliah jurusan apa, jurusan tata boga ngapain aja, apakah jurusan tata boga harus pintar bahasa inggris