Magang Guru SMK Produktif adalah: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Pages

Magang Guru SMK Produktif adalah: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Magang Guru SMK Produktif adalah: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya. Magang Guru Adalah?. Sebelum saya jelaskan berkaitan dengan Apa itu Magang Guru, Tujuan Magang Guru dan Manfaatnya Magang bagi Guru. Tidak ada salahnya saya share terlebih dahulu ke Anda mengenai Pengertian Magang menurut Undang-Undang.

Sebelumnya saya pun sudah pernah share tentang Apa itu Magang: Pengertian, Tujuan dan Manfaat Magang di Artikel ini Baca: https://magangdi.improduk.com/2020/01/apa-itu-magang-pengertian-tujuan-manfaat.html

Magang Guru SMK Produktif adalah Pengertian Tujuan dan Manfaatnya,



Jika kali ini saya akan share lebih khusus tentang Magang yang diperuntukan untuk Anda seorang Guru ataupun Pengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pengertian magang menurut Undang-Undang menyampaikan bahwa: magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. 

Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para pelajar SMK ataupun Mahasiswa yang akan masuk ke dalam dunia kerja. Dan tentunya agar mereka siap memiliki ketrampilan-ketrampilan yang dibutuhkan oleh Industri.

Magang guru dapat meningkatkan relevansi kompetensi keahlian guru produktif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia usaha dan dunia industri. 

Guru dapat melihat secara  nyata, tamatan seperti apa yang dicari, yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri itu nantinya. Tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seyogyanya adalah orang-orang yang kompeten, dan profesional di bidangnya. Mampu bersaing dengan calon-calon tenaga kerja tamatan sekolah lainnya. 

Soalnya, keberhasilan pendidikan kejuruan, diukur berdasarkan seberapa banyak lulusan dapat bekerja di dunia usaha dan dunia industri maupun berwirausaha mandiri. 

Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di dunia usaha dan industri sering berjalan lebih cepat daripada perkembangan Iptek yang ada di SMK itu sendiri. 


Magang Guru SMK Produktif adalah Pengertian Tujuan dan Manfaatnya,



Hal ini menyebabkan kompetensi keahlian yang diajarkan di SMK sering mengalami kesenjangan dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri sehingga lulusan SMK belum siap bekerja saat mereka lulus.

Untuk mengatasi GAP atau kesenjangan ini, SMK harus mengirimkan peserta didiknya melalui program PKL/Prakerin atau praktik kerja industri ini ke dalam dunia usaha ataupun dalam dunia industri. Yang sekarang lebih sering disebut dengan IDUKA. Hal ini dimaksud agar peserta didik itu memperoleh pengalaman-pengalaman kerja yang bisa disesuaikan dengan standar kerja dan kebutuhan Industri.

Dan ternyata dalam perkembangannya hal itu tidak hanya diperlakukan bagi mereka para siswa ataupun mahasiswa. Ternyata hal ini pun berlaku bagi Guru.

Bagi guru juga mempunyai kesempatan untuk bisa belajar secara langsung ke Dunia Industri. Sehingga mereka pun mengetahui secara detail dan prakteknya langsung dilapangan, Tidak hanya secara Teori saja seperti sekarang ini.

Sehingga kepada guru bidang studi keahlian di SMK, apa yang mereka ajarkan di kelas relevan dengan kompetensi yang diajarkan dalam dunia usaha dan industri yang ada. Ada Link and Match diantara keduanya. 


Karena pada kenyataannya, masih banyak guru SMK yang belum mempunyai Skill/Pengalaman magang di dunia usaha dan industri (IDUKA). Sehingga skill ataupun kompetensi yang diajarkan mereka di sekolah ada yang belum sesuai dengan kebutuhan kompetensi di dunia usaha dan industri itu sendiri atau belum Link and Match. Tentunya Magang Guru Produktif ini sangatlah Efektif dan banyak Manfaatnya bagi seorang Guru SMK.

Baca Juga:
  • Tempat Magang Guru SMK
  • Lowongan Magang Guru SMK
  • Magang Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Dengan adanya Magang di tempat Industri atau Usaha, guru dapat mengetahui kompetensi mana yang harus dipertajam dan lebih diasah kembali dalam pembelajaran di kelas. Tujuannya agar nantinya dapat melahirkan peserta didik, siswa-siswa yang mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan dalam Dunia Industri. Hal ini, Anda seorang Guru bisa memulainya dari langkah pertama, yaitu menganalisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari nantinya.

Magang Guru SMK Produktif adalah Pengertian Tujuan dan Manfaatnya,



Kemudian indikator-indikator apa saja yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai kompetensi dasar dan standar kompetensi tersebut. Langkah Berikutnya, guru dapat merancang persiapan mengajar, mengatur strategi serta metode-metode pembelajaran yang cocok dan sesuai untuk diberikan kepada siswa ataupun peserta didik.
 
Hal ini agar peserta didik nantinya mudah memahami seputar pembelajaran kompetensi yang diberikan bagi mereka. Aplikasinya nanti sesuai dengan Dunia Industri setelah mereka Lulus Nantinya. 

Dengan adanya Magang guru ini nantinya dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru-guru produktif SMK untuk lebih aktual pada saat mengajar dan memberikan materi sesuai dengan prosedur kerja di dalam dunia usaha atau dunia industri. 

Bila guru melaksanakan magang, artinya guru bukan saja melihat prosedur kerja, namun juga ikut terlibat dalam mengerjakan tugas-tugas sebagaimana karyawan (pekerja) lainnya. Ini yang perlu dijadikan catatan dan perhatian.

Guru tidak lagi ‘mengira-ngira’ atau ‘menerka-nerka’ apa dan bagaimana kondisi sebenarnya untuk bisa mencapai kompetensi yang dibutuhkan para siswa-siswa SMK.

Tidak hanya itu saja, guru juga akan memiliki kemampuan mengatasi masalah jika saat pengerjaan tugas ada permasalahan. Yang dimana biasanya selama ini guru hanya menggali pengetahuan dan keterampilan hanya dari membaca buku atau literatur-literatur yang ada. Tapi, mereka tidak benar-benar paham dalam keadaaan yang sebenarnya.

Karena belum melihat dan melakukannya di lapangan, kadang-mereka ragu-ragu saat akan mentransfer ilmu kepada siswa ataupun peserta didiknya.

Dengan ikut terlibatnya guru dalam proses pengerjaan kompetensi yang diinginkan, membuat guru bertambah skill, kompetensi, wawasannya, percaya diri dan mudah dalam mengambil keputusan dalam proses kegiatan belajar. Mudah dalam penyampaian materi, terampil dalam menyelesaikan kompetensi dan yang perlu dicatat mereka sudah tidak perlu menerka-nerka lagi. Tidak perlu mengira-ngira lagi. Karena ini memang kondisi yang terjadi di kenyataannya dalam dunia industri. 

Tentunya dengan ini para siswaakan merasa senang dan mudah menyerap ilmu serta keterampilan dari guru yang sudah mempunyai pengetahuan,wawasan serta skill ketrampilan dengan kompetensi yang diajarkan.

Magang guru juga dapat menambah wawasan dan pengalaman guru-guru produktif SMK untuk merintis pengembangan dan perkembangannya teaching factory. Pelaksanaan teaching factory dapat meningkatkan kompetensi, skill serta jiwa kewirausahaan atau enterpreneurship siswa di sekolah.

Teaching factory adalah salah satu kegiatan pembelajara. Dimana disini siswa secara langsung akan melakukan kegiatan produksi, baik itu berupa suatu barang ataupun jasa. Barang atau jasa yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik sehingga layak jual dan diterima oleh konsumen atau pembeli. 

Teaching factory di SMK ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidangnya. Meningkatkan kualitas pembelajaran (learning by doing). Pembelajaran-pembelajaran dengan pendekatan ini, tentunya akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi siswa ataupun peserta didik.


Baca Juga:
  • Info Magang Guru
  • Tempat Magang Guru
  • Info Magang Guru SMK

Selain bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman peserta didik, barang dan jasa yang dihasilkan dari kegiatan teaching factory ini pun harus mampu diterima oleh masyarakat nantinya. 

Produk ataupun jasa yang dihasilkan atau sudah diproduksi ini harus memiliki kriteria yang layak jual sehingga dapat menghasilkan nilai tambah atau value added untuk sekolah. Manfaat yang yang didapatkan adalah hal ini bisa dipergunakan sebagai sumber pendapatan untuk membiayai kegiatan pembelajaran di sekolah. 

Dengan adanya teaching factory ini juga akan membuat sekolah lebih maju. Para Pengajar di SMK lebih punya Skill dan keterampilan agar dapat menyiapkan lulusannya sesuai dengan kompertensi yang dibutuhkan dan diperlukan oleh Dunia Industri saat ini.

Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kegiatan berfikir dan bertindak. Kompetensi juga merupakan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga dia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, afektif dan psikomotor dengan sebaik-baiknya. 


Magang Guru SMK Produktif adalah Pengertian Tujuan dan Manfaatnya,



Bagi Anda seorang guru yang telah melakukan magang di dunia usaha tentunya akan merasa bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang bisa dibenahi oleh seorang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk memberikan kompetensi pada para siswa ataupun peserta didik. 


Maka dari itu, Program Magang Guru ini sangatlah diperlukan dan WAJIB untuk Anda jika memang ingin menambah Skill dan Kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA ataupun Dunia Industri.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan Tempat, Info ataupun Lowongan Magang Guru SMK berbagai jurusan seperti TKJ, RPL, Multimedia, BDP ataupun Administrasi Perkantoran bisa hubungi kami segera.


Informasi Detailnya bisa Anda dapatkan disini.

Bp ANDRIAN FIRMANTO
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

Office:
Taman Bandara Regency Blok F4 - B, 
Upek Upek, Asrikaton, Kec. Pakis, 
Malang, Jawa Timur 65154