Jurusan SMK Yang Cocok Untuk Menjadi Pengusaha

Pages

Jurusan SMK Yang Cocok Untuk Menjadi Pengusaha

Jurusan SMK Yang Cocok Untuk Menjadi Pengusaha - Apakah kamu ingin menjadi pengusaha sukses di masa depan? Jika kamu ingin bersekolah SMK terlebih dahulu sebelum membangun usahamu, kamu sedang membaca artikel yang tepat!

Seorang pengusaha sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mencoba meskipun telah dihadapkan berbagai kegagalan dalam bidang yang digelutinya, demi membuka peluang usaha. Nah, untuk menjadi seorang pengusaha, kamu tidak melulu harus menjual barang, lho. 

Jurusan SMK Yang Cocok Untuk Menjadi Pengusaha

Kamu bisa mencoba berbagai alternatif usaha setelah lulus dari jurusan-jurusan dibawah ini. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya!


Jurusan TKJ

Yang pertama adalah jurusan TKJ atau Teknik Jaringan dan Komputer. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa membuka usaha seperti jasa service komputer dan laptop. Dengan menerapkan mata pelajaran sistem komputer dan jaringan dasar, kamu diharapkan bisa mendiagnosa berbagai permasalahan yang terjadi pada komputer atau laptop tersebut, sehingga kamu bisa mencari penyelesaiannya.

Pemikiran pengusaha adalah menciptakan lapangan kerja baru, sehingga kamu bisa merekrut tenaga untuk jasa service, dan kamu bisa mengajari orang-orang tersebut cara memperbaiki komputer atau laptop klien.

Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) tentu saja memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang pengusaha. Setelah lulus dari jurusan BDP, kamu bisa membuka usaha sendiri dengan memanfaatkan pengetahuan seputar bisnis daring yang telah kamu pelajari selama SMK.

Apalagi dengan keadaan saat ini yang segalanya sudah serba online (daring), kamu akan lebih mudah dalam menjalankan usahamu, dan lebih cepat menjadi pengusaha muda sukses. 

Jurusan Multimedia

Jangan kira jurusan multimedia hanya bisa bekerja di perusahaan orang lain. Kamu sebagai lulusan SMK jurusan multimedia juga memiliki peluang untuk menjadi pengusaha sukses. Saat ini banyak sekali konten yang ada di internet.

Namun, hanya beberapa saja yang bisa menangkap perhatian pengguna dan bisa meningkatkan konversi penjualan. Rahasianya ada di pembuatan konten. Sebagai lulusan SMK jurusan multimedia, tentu kamu menguasai cara pembuatan infografik dan videografi yang baik dan menarik, bukan? Kamu bisa memanfaatkan skill-skill tersebut untuk content marketing.

Kamu bisa menjadi freelancer atau jasa pembuatan videografi dan infografi untuk orang atau perusahaan yang membutuhkan. Jadi, kamu tidak terikat dengan perusahaan dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Selain itu, kamu juga bisa membuka foto studio, mulai dari kecil-kecilan saja. Saat ini banyak orang yang mendokumentasikan momen-momen seperti kelulusan, ulang tahun, pertunangan dan pernikahan. Hal ini merupakan peluang besar bagi kamu untuk memulai usaha di bidang fotografi dan videografi, bukan?

Maka dari itu, pastikan kualitas pelayanan dan foto atau video yang kamu berikan pada klien bagus, agar usaha kamu jadi semakin berkembang.

Jurusan Tata Boga

Jurusan SMK yang cocok untuk menjadi pengusaha yang terakhir adalah jurusan tata boga. Yap, kamu bisa membuka usaha seperti katering dan toko kue. Tantangan yang akan kamu hadapi adalah banyaknya penjual makanan saat ini.

Maka, diperlukan kreativitas untuk mengatasi masalha tersebut. Jika kamu melihat makanan yang viral dan banyak pembelinya, adalah makanan yang murah dan enak, atau makanan dengan ciri khas tertentu yang tidak bisa dibeli di tempat lain. Agar kamu sukses menjadi pengusaha di bidang tata boga, kamu perlu melakukan inovasi yang bisa menarik perhatian konsumen. 


Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Setelah mengetahui jurusan apa yang cocok untuk menjadi pengusaha, kamu bisa membaca beberapa tips berikut agar kamu bisa menjadi pengusaha sukses lulusan SMK.

  • Inovatif dan Kreatif
    Tips pertama agar menjadi orang sukses, kamu harus bisa menemukan solusi dari permasalahan terkini. Apapun bidang usaha kamu, asalkan kamu bisa memikirkan cara kreatif dan mudah diterapkan untuk menyelesaikan masalah, kamu akan menemukan kesuksesan kamu.

    Di dunia yang sudah serba digital dan tanpa batas seperti ini, persaingan semakin sukar karena persaingan tidak hanya dengan orang-orang sekitar tapi juga dengan orang seluruh dunia. Pemikiran sukses ditandai oleh pemikiran yang kreatif dan inovatif, tentunya dengan ide yang fresh dan berbeda dengan yang lain.

  • Percaya Diri
    Tips pengusaha muda kedua adalah percaya diri. Pola pikir yang kreatif dan inovatif juga harus didukung dengan percaya diri yang tinggi. Percuma saja kamu memiliki ide yang cemerlang namun kamu malu untuk menyampaikan kepada orang-orang disekitarmu.

    Jika kamu memang benar-benar ingin menjadi pengusaha yang sukses maka latihlah kepercayaan diri kamu mulai sekarang. Ide-ide tersebut juga perlu untuk kamu eksekusi, jika kamu malu untuk mengeksekusi ide tersebut maka kata-kata pengusaha muda sukses hanyalah mimpi semata.

  • Pantang Menyerah
    Sudah barang pasti seseorang ketika melakukan suatu usaha menemui kegagalan. Jika kamu ingin sukses, kamu tidak boleh menyerah ketika menemui kegagalan. Kamu harus bisa belajar dari masalah yang kamu temui dan menerapkan pembelajaran itu di kesempatan berikutnya. Istilah kerennya, come back stronger.

    Bisa kamu perhatikan bahwa setiap pengusaha muda sukses pasti menemui kegagalan disetiap perjalanan usahanya, tetapi mereka tidak menyerah dan selalu kembali dengan ide yang lebih cemerlang.

  • Memperluas Networking
    Poin-poin diatas tidak akan ada artinya jika kamu tidak memiliki networking atau jaringan pertemanan yang luas. Sebagai makhluk sosial, kamu membutuhkan orang lain dalam hal apapun, termasuk juga dalam berusaha.

    Misal, kamu memiliki skill, ide dan tenaga tetapi tidak memiliki modal untuk membuka usaha. Tentunya kamu membutuhkan orang lain yang bisa mendanai pembukaan usaha kamu, bukan? Oleh karena itu, memperluas networking merupakan salah satu poin penting yang dibutuhkan oleh seorang lulusan SMK untuk menjadi pengusaha sukses.

Kesimpulan

Kamu bisa menjadi seorang pengusaha sukses dengan jurusan-jurusan SMK seperti Jurusan TKJ, Jurusan Bisnis Daring Dan Pemasaran, Jurusan Multimedia, dan Jurusan Tata Boga. Sebenarnya, pada jurusan apapun kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses dalam usahanya jika kamu menerapkan tips seperti memiliki pemikiran yang inovatif dan kreatif, selalu percaya diri, pantang menyerah dalam menghadapi masalah, dan selalu memperluas jaringan pertemanan.

Jika berbicara tentang SMK, pasti selalu ada kaitannya dengan PKL dan Prakerin. Nah, jika kamu bingung mencari tempat PKL atau Prakerin untuk SMK jurusan TKJ, BDP, Multimedia dan RPL, kamu bisa banget untuk bergabung dengan IMPro Digital.

IMPro Digital adalah pelaku usaha yang bergerak di bidang digital marketing, yang saat ini sedang membuka lowongan PKL! Disini, kamu bisa belajar di tempat yang nyaman dengan pembimbing lapangan yang berpengalaman. Jangan salah, kamu juga bisa dapat uang, lho, dengan PKL atau Prakerin disini! Jadi, jangan sia-siakan kesempatan PKL dan Prakerin kamu di tempat lain, ya!

Untuk informasi pendaftaran kamu bisa hubungi CP dibawah ini:

IMPro Digital
Telp/WA: 0852-5756-6933
Telp/WA: 0852-5756-6933

http://kursusinternetmarketing.improduk.com