Apa itu Magang: Pengertian, Tujuan, Manfaat

Apa itu Magang: Pengertian, Tujuan, Manfaat


Pengertian Magang

Magang adalah bagian dari pelatihan kerja, biasanya magang dilakukan oleh siswa SMK kelas 3 (PKL)  atau mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan. Sementara disisi lain, pelatihan kerja biasanya diikuti oleh pekerja yang sudah menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan dalam rangka untuk mengembangkan produktifitas karyawan dan kompetensi kerjanya.

http://magangdi.improduk.com/


Tujuan Magang

Kegiatan magang umumnya diadakan oleh institusi seperti Universitas atau Perguruan Tinggi. Magang itu sendiri akan dilakukan oleh mahasiswa sesuai dengan latar belakang studi atau background masing-masing, semisal yang jurusan Marketing, Mutimedia, Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak dan jurusan-jurusan lainnya. Tujuannya jelas supaya nantinya mahasiswa lebih siap disaat diminta terjun langsung ke lapangan.

Tentunya untuk menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang kompeten di bidangnya, tentu tidak hanya diperlukan teori saja namun juga diperlukan juga praktik secara langsung di lapangan. Salah satunya disaat praktek di lapangan ya ditempat magang yang akan dijalani atau diikuti ini.

Sebelum saya jelaskan dari tujuan magang, tidak ada salahnya saya coba bagikan istilah-istilah lain selain magang. Yang biasanya, ini pun disamaratakan oleh kebanyakan orang seperti PKL, PSG, PRAKERIN, OJT maupun istilah-istilah lain yang mungkin disamakan dengan Magang.

Apakah itu berbeda atatu tidak, saya tidak akan membahas di kesempatan kali ini. Anda bisa lakukan search di Google atau sumber-sumber lain berkaitan penyebutan-penyebutan selain magang. Okey. Kita lanjut ya.

Seperti yang saya sampaikan diatas, berikut ini adalah uraian tujuan-tujuan magang yang akan dilakukan oleh mahasiswa, Diantaranya adalah:

Menambah wawasan mahasiswa

Yang ini jelas. Menambah wawasan, karena kegiatan pembelajaran di dalam kelas atau ruangan tentunya tidak akan maksimal apabila mahasiswa tidak mengembangkannya atau diimbangi dengan praktik kerja lapangan. Kalau Anda sudah pernah mendapatkan banyak teori saat kuliah, maka Anda perlu juga mencoba hal-hal baru, Contohnya mengikuti kegiatan ekstra kulikuler untuk menambah wawasan, ataupun hal-hal lainnya.

Dan ini pun yang sering kami lakukan terhadap siswa ataupun mahasiswa di Kelas Magang IMProduk Digital. Melakukan “sesuatu hal yang baru” untuk menambah wawasan dan pengalaman baru.

BACA JUGA :

Membina hubungan baik antara pihak kampus dengan perusahaan penyedia kelas magang

Jika berbicara tentan kegiatan magang, kegiatan magang tidak hanya akan memberikan dampak positif untuk para siswa ataupun mahasiswa saja. Namun mahasiswa pun bisa mendapatkan pengalaman sekaligus sertifikat sebagai bukti sudah mengikuti proses magang dan memenuhi kualifikasi yang ditentukan sesuai dengan standart yang telah ditentukan.

Begitupun sebaliknya, pihak yang memberikan kesempatan magang pun mendapatkan keuntungan karena membantu pekerjaan-pekerjaan rutinitas yang setiap harinya dilakukan, yang mungkin terkadang sulit diatasi oleh penyedia kesempatan magang. Mungkin dengan adanya inovasi yang dimiliki para mahasiswa magang dapat membantu memberikan solusi atas permasalahan mereka.

Kegiatan magang ini pun mempunyai tujuan agar membuat siswa ataupunmahasiswa terlatih dalam menghadapi sekaligus mengatasi masalah yang mungkin terjadi atau muncul saat mereka berhadapan langsung di dunia kerja nantinya.

Meningkatkan Kualitas Mahasiswa
Adanya permasalahan-permasalahan nyata yang ditemui mahasiswa saat mereka berada di lokasi magang itu menjadi salah satu cara agar kualitas mahasiswa bisa meningkat.

Dengan begitu, mahasiswa akan terlatih untuk mengatasi masalah secara kontekstual. Dan tidak hanya itu saja, solusi pada masalah itupun dapat langsung diperoleh sekaligus dengan mengaplikasikan ilmu dan teori yang sudah didapatkan.

BACA JUGA :

Manfaat Magang

Memaksimalkan potensi mahasiswa

Kegiatan mahasiswa tidak hanya terbatas di dalam kelas ataupun ruangan saja. Teori yang tidak didukung dengan praktek, tentunya tidak akn membuat mahasiswa siap ketika mereka terjun langsung didalam dunia kerja ataupun nyata.

Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti berbagai macam kegiatan-kegiatan pengembangan di luar kelas supaya Anda jadi lebih berkembang dibandingkan kondisi sebelumnya.

Potensi mahasiswa dapat dimaksimalkan dengan adanya program magang. Karena apa? Karena secara tidak langsung mahasiswa akan terlatih untuk bisa bekerja.

Jika mahasiswa telah mempelajari berbagai teori ataupun ilmu ketika mereka berada di bangku kuliah, maka ilmu itu dapat langsung diterapkan atau diimplementasikan saat mereka terjun di lapangan.

Membangun Hubungan yang baik dengan instansi penyelenggara

Adanya program magang ini, tidak hanya mempunyai manfaat dalam perkembangan kemampuan mahasiwa, namun pihak instansinya pun dapat memberikan peluang mahasiswa magang untuk mendapatkan keuntungan.

Selain dapat mendapatkan mahasiswa yang kompeten, tentunya pihak dunia industri sebagai pemberi kesempatan magang juga dapat terbantu. Selain itu, manfaat magang untuk fakultas berupa jalinan kerja sama dengan pihak terkait atau pelaku usana pun juga bisa dicapai.

Mahasiswa bisa langsung mendapatkan pekerjaan

Kegiatan magang bisa menjadi salah satu batu loncatan bagi mahasiswa yang tertarik untuk menekuni sebuah pekerjaan, tapi masih dibingungkan dengan mekanisme dan seluk beluk dalam dunia kerja. Lewat magang, sebenarnya mahasiswa bisa melatih dirinya untuk bisa bekerja maksimal, apalagi kalau lokasi tempat kerja sudah linier dengan jurusannya.

Tak ada salahnya untuk totalitas dalam menjalani aktivitas selama berada di lokasi magang yang telah diberikan oleh dunia industri. Umumnya, instansi yang memberikan peluang magang akan mempertimbangkan mahasiswa magang sebagai karyawan tetap jika memang selama proses magang memberikan kontribusi positif terhadap pemberi kesempatan magang.

Peluang perekrutan lewat kegiatan magang itu tidak boleh disia-siakan. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda sebagai mahasiswa perlu mencari tahu detail pekerjaan, masalah yang kerap dihadapi, serta bagaimana cara mengatasinya sehingga permasalahan tersebut diketemukan sebuah solusinya. Semakin awal Anda sebagai mahasiswa mengetahui detail masalahnya, maka mahasiswa bisa belajar untuk menyelesaikan masalah itu lebih awal pula.

Mahasiswa dapat memperoleh penghasilan tambahan

Salah satu hal yang membuat para mahasiswa tertarik magang adalah adanya “uang jajan” tambahan yang bisa diperoleh.

Walaupun tidak semua pemberi peluang magang menawarkan gaji, upah ataupun insentif. Tapi adanya penghasilan yang akan diperoleh dari magang tentunya dapat menjadi pertimbangan-pertimbangan sebelum memilih lokasi tempat magang.

Janganlah Anda membayangkan bahwa penghasilan yang Anda peroleh nantinya dari magang akan sama besarnya dengan penghasilan karyawan tetap yang sudah bekerja disana. Tentunya tidak. Mungkin Anda hanya mendapatkan penghasilan seperempat atau bahkan setengah dari pendapatan para karyawan tetap yang ada disana.

Tapi jangan berkecil hati karena ilmu yang Anda peroleh nantinya. Khususnya disaat berada di tempat magang akan sangat berkontribusi pada masa depan para mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar berdasarkan pengalaman yang mereka peroleh.

Dan Anda sebagai mahasiswa di progam magang, juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti adanya pengalaman kerja langsung di suatu lembaga, instansi ataupun dunia industri.

http://magangdi.improduk.com/

Manfaat PKL SMK
Tempat Magang Prakerin Mahasiswa Dan SMK Informatika Multimedia RPL SEO Di Malang, Tempat Magang di Malang, Tempat Prakerin di Malang, Tempat PKL di Malang, Tempat PSG di Malang
Melatih siswa SMK untuk merasakan pengalaman terjun langsung di dunia kerja.

Hal itu dikarenakan kurikulum yang diterapkan pada siswa SMK memang berbeda dari kurikulum yang diperoleh siswa SMA pada umunya. Oleh karena itu, siswa SMK yang jurusannya telah ditentukan, sejak awal perlu disiapkan untuk bisa terjun langsung di dalam dunia kerja.

Membina hubungan antara pihak sekolah dengan instansi tempat magang

Bentuk kerja sama antara pihak sekolah dengan tempat magang SMK amatlah penting untuk dibangun. Diharapkan juga sesudah seorang siswa SMK lulus, siswa itu mampu beradaptasi dengan dunia kerja, sehingga mereka nantinya tidak akan merasa tertekan ketika terjun langsung dalam dunia kerja..

Demikian artikel yang bisa kami berikan. Jika dirasa bermanfaat, Anda boleh membagikannya.